Penyebab Serta Cara Mengatasi Kacer Mencret Atau Kotorannya Bercampur Air

Diposting pada

penyebab serta cara mengatasi kacer mencret


Mencret adalah merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik itu manusia atau hewan peliharaan, dan pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang penyakit mencret atau berak kapur pada burung kacer.

Apabila anda menjumpai keanehan atau kelainanan terjadi pada kacer kesayangan yaitu seperti kotorannya bercampur air atau lebih sering disebut mencret, maka anda harus secepatnya melakukan penanganan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

Untuk para kacer mania yang melihat kacer kesayangannya mengalami mencret, mungkin akan menganggap hal tersebut adalah merupakan hal yang biasa, namun untuk para pemula pasti akan kebingungan, dan untuk mengetahui penyebabnya simak berikut ini:

Penyebab kacer mencret atau fasesnya encer

Ada beberapa factor yang bisa menyebabkan burung kacer mencret yaitu seperti berikut:

Baca juga artikel terkait:

1. Kacer mengalami dehidrasi

Penyebab dehidrasi pada umumnya adalah karena kondisi cuaca yang terlalu panas, dan untuk membuat suhu tubuhnya agar tetap stabil yaitu dengan memperbanyak minum, sehingga dapat mengakibatkan kotorannya bercampur air (mencret).

2. Kacer mengalami gangguan pencernaan (Diare)

Gangguan pada system pencernaan yang disebabkan oleh bakteri atau virus juga bisa menyebabkan kacer mencret, contohnya adalah jika burung kacer mengalami diare atau cacingan yang membuat system pencernaannya tidak dapat bekerja dengan sempurna, sehingga membuat kotorannya encer.

3. Perawatan yang kurang tepat

Apabila anda merawat kacer tidak dengan cara yang benar, juga bisa membuat kacer mencret, yaitu seperti waktu penjemuran tidak tepat, pemberian EF tidak teratur, serta kebersihan kandang yang kurang terjaga.

4. Tidak cocok dengan pakan/voernya

Kemungkinan ini juga bisa saja terjadi karena poor atau pakan yang anda berikan memiliki kandungan nutrisi yang tidak lengkap sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan gizinya dan membuatnya mencret.

Itulah beberapa kemungkinan yang saya amati selama ini, yang bisa menyebabkan kacer mencret, dan mungkin saja masih ada penyebab lainnya yang belum saya ketahui.

Kesimpulan: “Dari beberapa penyebab diatas dapat kita simpulkan bahwa kondisi kacer mencret bukan masalah gangguan kesehatan yang serius, dan hanya menunjukkan bahwa kacer dalam keadaan tidak fit, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan, yang terpenting segera dilakukan penanganan.

Tips untuk mengatasi kacer mencret

Sebenarnya tindakan pencegahan dapat anda lakukan lebih awal sebelum burung kacer kesayangan terserang mencret, yaitu dengan melakukan perawatan yang benar.

Namun jika kacer sudah terlanjur mencret, segera lakukan penanganan, dan cara mengatasinya pun cukup sederhana, yaitu ambil langkah-langkah seperti berikut:

1. Memisahkan atau menjauhkan dari burung yang lain

Jika kacer mencret disebabkan oleh bakteri atau virus, maka anda harus segera memisahkan atau menjauhkan kacer yang mencret dari burung yang sejenis ataupun burung yang lainnya, yang tujuannya adalah agar penyakit tersebut tidak menular.

2. Membersihkan kandang serta sarana lainnya

Langkah yang kedua adalah dengan segera membersihkan kandang atau tempat makan dan minumnya dengan sabun, agar bakteri atau virus yang menempel mati, serta tidak membiarkan kandang dalam kondisi lembab, karena kandang yang bersih akan membuat kacer lebih nyaman.

3. Hentikan pemberian doping

Pemberian doping yang berlebihan pada kacer juga dapat mengganggu system pencernaannya, jadi untuk sementara waktu hentikan pemberian doping sampai pencernaannya kembali normal.

4. Kurangi penjemuran

Untuk mengatasi kacer yang mencret karena dehidrasi, juga bisa dilakukan dengan cara mengurangi penjemuran, atau cukup di angin-anginkan ditempat yang teduh.

5. Berikan pakan/voer yang berkualitas

Apabila terlihat kacer mencret karena tidak cocok dengan voer yang anda berikan, maka anda harus segera menggantinya dengan voer yang memiliki kualitas lebih bagus, supaya kebutuhan nutrisinya tercukupi dan membuat kondisinya segera kembali pulih.

6. Perbanyak pemberian Exta Food (EF)

Extra fooding seperti kroto, jangkrik atau ulat hongkong, mempunyai banyak sekali manfaat yang dapat memulihkan staminanya, sehingga sangat cocok jika anda berikan pada kacer yang sedang mengalami gangguan pencernaan atau mencret.

7. Berikan obat anti mencret

Apabila langkah-langkah tersebut diatas sudah anda lakukan, dan belum terlihat hasilnya, maka ada baiknya jika anda berikan obat anti mencret yang bisa anda beli dipetshop terdekat, agar kacer segera pulih dan kembali moncer.

Itulah sedikit pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi kacer mencret, yang bisa saya sampaikan, silahkan anda coba dan tidak butuh waktu lama untuk mengatasi kacer mencret dan kembali normal, semoga bermanfaat TERIMA KASIH.

(Visited 84 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *