5 Penyebab Ayam Lumpuh Secara Tiba-tiba dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

penyebab ayam lumpuh


Ayam lumpuh adalah ayam yang lemah, tidak bertenaga atau tidak bisa berjalan lagi, dan lumpuh bisa saja terjadi pada semua makhluk hidup, termasuk pada ayam.

Penyakit lumpuh pada ayam biasanya tidak menular, karena hanya mengalami gangguan atau cidera pada anggota tubuhnya saja, sedangkan untuk penyebab ayam lumpuh itu sendiri juga bermacam macam diantaranya:

Baca juga: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Penyebab ayam lumpuh mendadak

Banyak factor yang bisa menyebabkan ayam lumpuh, dan para peternak wajib mengetahuinya, agar bisa mengantisipasinya lebih awal, sehingga tidak terjadi pada ayam ternak kita misalnya:

1. Kualitas bibit yang buruk

Kualitas bibit (DOC) yang tidak unggul bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya kelumpuhan pada ayam, biasanya disebabkan oleh factor keturunan atau dari indukan yang kualitasnya kurang bagus.

Solusinya adalah jika hendak membeli bibit sebaiknya membeli dari penyedia bibit yang sudah terpercaya, walaupun harganya agak sedikit lebih mahal yang terpenting adalah memiliki kualitas yang terjamin.

2. Karena benturan

Ada kemungkinan yang membuat ayam tiba-tiba lumpuh karena terjadinya benturan, sedangkan penyebab benturan itu seperti:

  • Benturan saat proses pengiriman (packing)

Mungkin tanpa disadari selama proses pendistribusian bibit ayam, terjadi benturan-benturan kecil, memang efek benturan tersebut tidak terlihat, karena bibit tampak sehat saat tiba ditempat.

Akan tetapi cidera yang dialami lama-kelamaan bisa mengakibatkan lumpuh jika dalam perawatannya kurang intensif, pentingnya perawatan yang intensif pada ayam yang masih anakan adalah untuk mencegah atau meminimalisir hal-hal yang demikian.

  • Benturan dengan benda keras

Benturan juga bisa terjadi pada ayam remaja atau ayam dewasa, apalagi untuk jenis ayam kampung atau ayam Bangkok yang memang karakteristiknya suka bertarung.

Seperti misalnya saat ayam bertarung atau ayam sedang kejar-kejaran dan kaki terbentur dengan benda disekitarnya, sehingga membuat ayam cidera dan tiba-tiba tidak bisa berjalan lagi atau lumpuh.

3. Kondisi cuaca ekstrim

Cuaca buruk seperti pada musim hujan, suhu udara yang dingin disertai dengan hujan yang turun terus menerus, sehingga membuat ayam tidak bisa keluar kandang dan tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Akibatnya akan membuat otot-otot ayam menjadi kaku (kram) karena peredaran darahnya tidak lancar.

Solusinya adalah apabila musim hujan tiba sebaiknya ditambah penghangat buatan, agar suhu kandang menjadi hangat, ayam tetap aktif bergerak, sehingga peredaran darah lancar dan ayam tetap sehat.

4. Ruang gerak terbatas

Kandang yang sempit atau ruang gerak yang terbatas juga merupakan salah satu penyebab ayam menjadi lumpuh, hal tersebut sering terjadi pada ternak ayam petelur yang menggunakan kandang model baterai.

Apalagi jika saat memasukkan ayam pada kandang baterai usianya masih terlalu muda, dikarenakan kondisi ototnya yang masih lemah, sehingga bisa mengakibatkan kram pada otot atau lumpuh, jadi sebaiknya jangan terburu-buru memasukkan ayam dalam kandang baterai apabila usianya masih muda.

5. Ayam kekurangan kalsium

Satu lagi penyebab ayam lumpuh yang juga sering terjadi, yaitu karena ayam kekurangan nutrisi seperti kalsium dan fosfor pada pakan.

Adapun fungsi dari kalsium dan fosfor itu adalah untuk pembentukan tulang, sehingga apabila kebutuhan kalsium dan fosfor tidak tercukupi, maka akan menyebabkan tulang ayam menjadi rapuh dan keropos.

Ini umumnya terjadi pada ternak ayam potong yang terbilang pertumbuhannya sangat cepat dan tentu berat badan akan terus bertambah.

Namun jika tidak dibarengi dengan adanya tulang yang kuat, membuat ayam rentan mengalami kelumpuhan karena tidak kuat menopang berat badannya.

Maka penting untuk memberikan pakan yang berkualitas serta mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi sehingga ayam tetap sehat.

Cara mencegah penyakit lumpuh pada ayam

penyebab ayam lumpuh

Memang penyakit lumpuh tidak menular, namun jika tidak ada tindakan atau pencegahan, kemungkinan ternak kita akan menjadi rugi atau bahkan gulung tikar, karena akibat dari ayam terkena lumpuh yang bisa saja terjadi.

Ada pepatah yang mengatakan “Lebih baik mencegah dari pada mengobati, dan itu memang benar!., karena jika ayam sudah lumpuh, percuma kita obati.

Sebab ayam yang pernah lumpuh, pertumbuhan serta produksinya tidak akan maksimal, dan hanya akan menambah biaya pakan saja, kecuali untuk ternak ayam kampung atau ayam Bangkok yang memang harga jualnya masih tinggi.

“Dapat kita ambil kesimpulan dari pernyataan tersebut diatas, yaitu langkah yang terbaik adalah dengan melakukan pencegahan, dan pencegahan bisa kita mulai sejak usia dini atau dari anak ayam baru menetas, tujuannya agar ayam tidak mengalami lumpuh.

Caranya yaitu dengan merawat secara intensif, memberikan pakan yang berkualitas, menjaga kebersihan kandang, memberikan vaksin dan vitamin, mendapatkan sinar matahari secara langsung, serta sirkulasi udara dalam kandang teratur.

Cara mengobati ayam lumpuh agar bisa berjalan

Apabila kita mendapati ayam ternak mengalami lumpuh, kita harus segera menanganinya dengan cara memberikan perawatan khusus serta obat-obatan seperti:

1. Memberikan bawang putih atau bawang merah

Bawang putih atau bawang merah adalah obat tradisional yang dipercaya mampu melancarkan peredaran darah, serta dapat mengobati luka dan nyeri otot pada ayam, untuk cara memberikannya, bisa anda baca artikel yang sebelumnya yaitu: Manfaat bawang putih dan bawang merah untuk ayam.

2. Memberikan gula merah

Gula merah juga dipercaya mampu meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh pada ayam, sehingga sangat cocok diberikan pada ayam yang lumpuh agar energynya bertambah saat masa pemulihan, dan cara memberikannya baca artikel ini: Manfaat memberikan gula merah pada ayam.

3. Memberikan jahe

Jahe juga memiliki kandungan zat-zat yang mampu mengobati peradangan dan pembengkakan, jadi perlu juga diberikan pada ayam yang lumpuh secara tiba-tiba, untuk cara memberikannya, baca artikel berikut yaitu: Manfaat jahe untuk ayam.

4. Mengolesi minyak kayu putih

Selain memberikan obat-obatan tradisional, ayam yang lumpuh juga bisa diobati dengan mengolesi minyak kayu putih atau sejenisnya pada bagian yang kram (kaku) sambil di urut perlahan, karena minyak kayu putih juga sangat bagus untuk meringankan nyeri otot atau keseleo.

5. Melatih menggerakkan kakinya

Mengobati ayam lumpuh juga bisa dilakukan dengan cara terapi, atau melatihnya dengan mengerak-gerakkan kakinya secara perlahan-lahan agar otot yang kaku menjadi lemas, dan terapi ini harus rutin dilakukan setiap hari yaitu pagi dan sore, sampai ayam benar-benar bisa berjalan.

Catatan: “Pengobatan untuk ayam yang lumpuh memang tidak bisa sembuh secara langsung, jadi perlu waktu serta butuh kesabaran.

Dan beberapa cara tersebut diatas tidak harus dilakukan semua secara bersamaan, cukup pilih beberapa cara yang anda rasa cocok dan sesuai, sampai ayam benar-benar sembuh dan bisa berjalan lagi.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab ayam lumpuh dan cara mengobatinya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan serta menjadi solusi buat anda yang sedang mengalaminya, TERIMA KASIH.

(Visited 5.049 times, 131 visits today)

2 thoughts on “5 Penyebab Ayam Lumpuh Secara Tiba-tiba dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *