Penyebab Kanibalisme Pada Ayam Kampung dan Cara Mengantisipasinya

Diposting pada

penyebab ayam kanibal

Dalam usaha ternak ayam terkadang kita di buat pusing karena adanya kelakuan ayam yang usil, yaitu ayam suka berkelahi atau saling mematuk yang lebih dikenal dengan nama “KANIBAL”.

Sifat kanibal yang terjadi pada ayam jika tidak segera ditangani atau kita cegah tentu akan mengakibatkan kerugian, karena ayam banyak yang cidera atau bahkan mati.

Jadi sebagai peternak ayam, anda dituntut untuk segera mengatasi atau meminimalisir adanya sifat kanibalisme tersebut.

Namun sebelum kita melangkah lebih jauh untuk mengatasi kanibalisme pada ayam, alangkah baiknya jika kita mengetahui factor penyebab yang membuat ayam menjadi kanibal.

Kenapa demikian?,,,,
Karena agar memudahkan buat anda untuk mengantisipasi ataupun mengatasinya.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Factor utama penyebab ayam menjadi kanibal

Ada beberapa penyebab yang dapat memicu ayam menjadi kanibal, dan pada umumnya adalah karena sifat alami serta kesalahan manajemen pemeliharaan, seperti berikut ini:

1. Sifat alami (Factor genetik)

Sifat kanibal bisa saja terjadi hampir pada semua jenis ayam, baik itu pada ayam kampung, ayam Bangkok, ataupun ayam ras (petelur/pedaging), yang merupakan sifat alami, atau factor genetik alami dari ayam itu sendiri, seperti suka mematuk dan berkelahi.

2. Ayam stress

Pemicu lain yang menjadikan ayam menjadi kanibal adalah ayam mengalami stress, ayam yang stress bisa saja menyerang dan mematuk kawannya sendiri.

Sedangkan untuk penyebab ayam stress itu sendiri banyak sekali diantaranya adalah: perubahan cuaca yang ekstrim, suhu kandang yang terlalu panas, perubahan ransum secara tiba-tiba, dan banyak lagi lainnya.

Atau untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel yang sudah saya bahas sebelumnya yaitu: Penyebab dan ciri-ciri ayam stress serta cara mengatasinya.

3. Kandungan nutrisi pakan tidak tercukupi

Ayam yang kekurangan batu-batuan (grit), kekurangan mineral (NaCI dan Kalsium) serta kandungan nutrisi lainnya juga dapat memicu timbulnya sifat kanibalisme.

Misalnya: pada ayam petelur, terkadang ayam suka mematuk telurnya sendiri guna untuk menambah kekurangan kalsium, atau pada ayam boiler yang suka mematuk bulu, pial, atau jari-jari kaki ayam lainnya.

4. Manajemen pakan kurang tepat

Kurangnya ketersediaan pakan, pemberian pakan tidak teratur, tempat pakan kekecilan, tempat pakan jumlahnya sedikit, dan tidak sesuai dengan jumlah ayam yang dipelihara.

Semua hal tersebut juga dapat menyebabkan sifat kanibalisme itu muncul karena ayam akan berebut untuk makan ataupun minum, yaitu dengan saling mematuk.

5. Umur atau besar ayam tidak seragam

Keseragaman umur dan besarnya ayam juga harus anda perhatikan, agar sifat kanibalisme dapat diminimalisir, karena kebanyakan ayam yang lebih besar atau dewasa akan menyerang ayam yang lebih kecil atau yang masih muda.

6. Penyakit parasit

Penyakit parasit yang dapat memicu terjadinya kanibalisme adalah penyakit parasit luar yaitu seperti: kutu, caplak, tungau, dan pinjal, karena ayam akan mematuk-matuk tubuhnya yang terasa gatal, bahkan bisa sampai luka dan berdarah.

7. Warna yang mencolok

Warna yang mencolok juga dapat merangsang ayam untuk menyerang atau mematuknya, dan warna yang paling disukai ayam adalah warna merah atau kuning, biasanya terdapat pada jengger ayam, jari-jari ayam, atau anggota tubuh lain.

8. Penerangan yang berlebih

Pemberian lampu penerangan tambahan yang berlebihan juga dapat menyebabkan ayam kanibal, apalagi saat malam hari.

Yang seharusnya waktunya ayam beristirahat, tetapi karena kondisi kandang yang terang, sehingga membuat ayam tetap beraktifitas dan bisa-bisa menyerang ayam lainnya.

Itulah beberapa factor yang dapat memicu timbulnya sifat kanibal pada ayam yang perlu anda ketahui.

Setelah kita membahas penyebab kanibal pada ayam, selanjutnya kita akan membahas cara meminimalisir atau mencegah agar kemungkinan kanibalisme tidak terjadi pada ayam yang anda pelihara.

Cara mencegah kanibal pada ayam kampung

penyebab ayam kanibal

Cara yang akan saya bahas dibawah ini bisa anda coba lakukan, dan gunanya adalah pencegahan, untuk meminimalisir agar sifat kanibal tidak terjadi pada ayam yang anda pelihara.

1. Selalu memantau perkembangannya

Sifat kanibal alami biasanya terjadi pada anak ayam usia 24-47 hari, yaitu anak ayam suka berkelahi atau kejar-kejaran, serta saling mematuk, jadi pada usia tersebut kita harus selalu memperhatikan perkembangannya.

Segera pisahkan jika ada ayam yang suka mematuk (terlalu fighter), dan ayam yang sering dipatok (terlalu lemah) agar tidak memancing ayam lain ikut-ikutan menyerang.

2. Perhatikan kepadatan ayam dalam kandang

Jumlah ayam dalam suatu kandang yang terlalu padat, dapat mengakibatkan suhu kandang meningkat, sehingga ayam akan saling berebut/bertarung untuk mendapatkan tempat yang nyaman.

Jadi sebaiknya kepadatan tebar ayam dalam kandang harus anda kurangi, agar menyisakan banyak ruang gerak, sehingga ayam dapat dengan mudah melepas suhu panas pada tubuhnya, tanpa saling berkelahi.

3. Usahakan suhu kandang tetap stabil

Kondisi suhu kandang yang terlalu panas atau terlalu lembab dapat menyebabkan ayam stress, hal ini juga dapat memicu timbulnya kanibalisme pada ayam.

Cara mengantisipasinya adalah dengan membuka semua penutup kandang agar sirkulasi udara lancar, dan jika cuaca terlalu panas anda bisa juga menyemprot kandang, litter, ataupun ayamnya dengan air, supaya suhunya menurun.

4. Jauhkan lokasi dari kebisingan

Kegaduhan disekitar kandang serta suara bising yang terus-menerus juga bisa mengakibatkan ayam stress dan menjadi kanibal, jadi penempatan lokasi kandang juga harus anda perhatikan dan sebaiknya buatlah kandang jauh dari sumber kebisingan.

5. Umur serta ukuran ayam harus seragam

Keseragaman umur pada ayam juga sering memicu sifat kanibal, karena biasanya ayam yang lebih dewasa akan mematuk ayam yang masih muda, baik itu untuk berebut makanan ataupun berebut tempat yang nyaman.

Jadi dalam satu kandang harus diisi dengan ayam yang umur serta besar kecilnya seragam agar kemungkinan ayam menjadi kanibal dapat diminimalisir.

6. Manajemen pakan yang tepat

Untuk menghindari agar ayam tidak berkelahi karena berebut makanan, anda harus menyesuaikan tempat pakan dengan umur serta jumlah populasi ayam dalam satu kandang, usahakan semua mempunyai akses untuk mendapatkan makanan, dan berikan secara merata serta waktunya teratur.

7. Selalu menjaga kebersihan kandang

Agar virus serta penyakit seperti kutu, tungau, pinjal atau penyakit lainya tidak mudah berkembang biak, anda harus melakukan sanitasi kandang dengan membersihkan area sekitar kandang, serta tempat pakan dan minumnya.

Yaitu rutin menyemprot kandang dengan Antiseptic, serta membunuh kembang biaknya kutu, caplak, pinjal, atau tungau dengan obat anti kutu.

8. Dengan memotong paruh (Debeaking)

Debeaking (potong paruh) yaitu memotong sedikit paruh ayam agar tidak melukai ketika dipakai untuk mematuk ayam lain.

Pemotongan paruh dapat anda lakukan pada DOC atau anak ayam yang baru berumur dibawah 1 minggu, yang tujuannya adalah jika anak ayam yang dipotong paruhnya mengalami stress, masih banyak waktu untuk melakukan pemulihan.

9. Jangan beri penerangan saat ayam istirahat

Pada malam hari sebaiknya jangan beri lampu penerangan yang berlebihan pada kandang, biarkan ayam menggunakan waktunya untuk beristirahat, karena jika kondisi kandang terang saat malam hari, ayam akan tetap beraktifitas (hiper aktif), dan membuatnya menjadi kanibal.

“Ada juga peternak ayam yang berusaha mencegah sifat kanibal dengan cara mengalihkan perhatiannya, yaitu dengan memberikan makanan tambahan.

Misalnya: dengan memberikan padi yang disebar ditanah, memberikan ubi atau sayuran hijau, memberikan jagung yang masih ada tangkai dan lainnya, yang tidak lain tujuannya adalah agar ayam sibuk mematuk-matuk makanan tersebut.

Itulah beberapa cara untuk mencegah agar ayam tidak kanibal, yang sering dilakukan oleh para peternak ayam.

Sedangkan untuk menangani ayam yang kanibal atau korban kanibal adalah sebagai berikut:

Cara menangani ayam kanibal atau korban kanibal

  • Segera pisahkan ayam yang terluka agar tidak bertambah parah atau bahkan mati karena menjadi bulan-bulanan.
  • Pisahkan juga ayam yang terlalu figter agar tidak ada korban kanibal lagi lainnya.
  • Segera obati ayam yang terluka dan jangan lupa berikan vitamin agar ayam tidak stress.
  • Taruh ditempat terpisah sampai lukanya benar-benar sembuh dan kering.
  • Selalu pantau kondisi ayam dalam kandang agar jika terjadi kanibalisme dapat segera anda tangani.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab kanibal pada ayam kampung dan cara mengantisipasinya, yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menjadikan solusi buat anda dan bermanfaat. TERIMA KASIH.

(Visited 2.989 times, 31 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *