Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Ayam Kampung dan Cara mengatasinya

Diposting pada

penyakit yang sering menyerang ayam kampung


Ayam kampung adalah ayam yang dikenal memiliki system kekebalan tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan jenis ayam lainnya, sehingga tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrim serta tahan terhadap penyakit.

Namun bukan berarti ayam kampung tidak bisa sakit, faktanya dilapangan para peternak ayam kampung banyak juga yang mengeluhkan bahwa ayam ternak mereka terkena penyakit.

Lalu penyakit apa saja sih yang sering menyerang ayam kampung?, mari kita bahas bersama!.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Penyakit yang sering menyerang ayam kampung

Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali penyakit yang sering menyerang ayam, baik itu yang disebabkan oleh bakteri dan virus ataupun disebabkan oleh factor lainnya, misalnya seperti berikut:

1. Penyakit Tetelo (ND)

Penyakit ND/Tetelo adalah termasuk salah satu penyakit yang sering menyerang ayam kampung dan disebabkan oleh virus yang mematikan, sehingga dari kebanyakan ayam yang terkena Nd/Tetelo akan berujung pada kematian.

Tanda-tanda ayam yang terkena tetelo/ND adalah:

  • Jalannya sempoyongan (kadang mundur),
  • Tidak memiliki nafsu makan,
  • Bulunya terlihat kusam,
  • Biasanya disertai pilek dan mulut berlendir.

Cara mencegah penyakit tetelo (ND)

  • Memberikan vaksin secara teratur,
  • Kebersihan kandang selalu dijaga,
  • Memberikan pakan yang memiliki kandungan gizi yang lengkap,
  • Jika ada ayam terkena Tetelo/ND harus dibakar atau dikubur.

Karena belum ada obat untuk penyakit tersebut, jadi sebaiknya lakukan pencegahan dari dini untuk mengantisipasinya.

2. Ayam berak kapur

Berak kapur pada ayam juga disebabkan oleh virus, dan akan berbahaya jika tidak segera anda lakukan penanganan yang benar.

Tanda-tanda ayam mengalami berak kapur:

  • Fasesnya berwarna hijau atau keputihan,
  • Ayam terlihat lesu,
  • Nafsu makan berkurang,
  • Kotoran menempel pada bulu dekat anus,
  • Ayam bergerombol dibawah lampu penghangat.

Cara alami untuk mengobati ayam berak kapur adalah memberikan air rebusan daun pepaya, temu ireng atau temu lawak, yang tujuannya agar system pencernaanya kembali normal.

3. Tembolok ayam keras

Ayam kampung juga sering mengalami temboloknya atau tempat untuk menyimpan makanannya keras, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh makanan yang terlalu keras, sehingga tidak dapat dicerna.

Cara mencegahnya adalah jangan terlalu sering memberikan makanan yang terlalu keras, agar system pencernaannya tidak terganggu.

Cara mengatasinya adalah dengan memberikan air rebusan daun pepaya, karena air rebusan daun pepaya dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan pada ayam.

4. Ayam lumpuh

Ada beberapa penyebab ayam lumpuh salah satunya adalah kondisi kandang yang lembab dan ayam tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Cara alami menangani ayam lumpuh, misalnya memberikan minyak kayu putih atau sejenisnya pada bagian yang bengkak sambil diurut, atau untuk lebih lengkapnya bisa anda baca pada artikel: Penyebab ayam lumpuh dan cara mengatasinya.

5. Ayam kanibal

Ayam kanibal juga dapat mengakibatkan kematian sehingga patut kita waspadai, adapun penyebab ayam menjadi kanibal adalah kurangnya pakan atau pemberiannya yang tidak teratur, bisa juga karena populasi kandang yang terlalu padat, dan yang lainnya.

Cara mengatasi ayam kanibal adalah dengan memberikan makan serta air minum yang cukup, mengurangi kepadatan ayam dalam kandang, segera memisahkan ayam yang terluka dan cara mengobatinya yang lengkap baca artikel Penyebab kanibalisme pada ayam dan cara mengatasinya.

Catatan: “Sebenarnya masih banyak lagi jenis penyakit yang sering menyerang ayam kampung, tetapi untuk sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dan lain waktu akan saya bahas lagi.

Pada intinya untuk mencegah penyakit pada ternak ayam kampung adalah dengan melakukan perawatan yang intensif, yaitu seperti: selalu menjaga kebersihan kandang, memberikan pakan yang berkualitas, membuat sirkulasi udara lancar, segera memisahkan ayam yang sakit dan melakukan penanganan.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang penyakit yang sering menyerang ayam kampung yang bisa saya sampaikan, dan semoga bermanfaat TERIMA KASIH.

(Visited 2.034 times, 3 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *