Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Cacingan Pada Ayam Serta Cara Mengatasinya

Diposting pada
penyakit cacingan pada ayam


Penyakit cacingan pada ayam adalah penyakit yang disebabkan oleh parasite (parasite internal), yang bisa menyerang pada semua jenis ternak, misalnya Ternak ayam potong, Ternak ayam kampung, dan juga Ternak ayam petelur.


Penyakit parasite internal (cacingan) termasuk salah satu jenis penyakit yang sangat meresahkan para peternak, karena dapat menghambat pertumbuhan serta produktifitas, sehingga menyebabkan kerugian.


Cara penularan penyakit cacingan pada ayam


Penyakit cacingan bisa menyerang segala jenis hewan ternak, baik itu ternak unggas ataupun ternak hewan lainnya, yang cara penularannya adalah sebagai berikut:

1. Kebersihan kandang yang kurang terjaga


Kandang yang lembab dan kotor adalah tempat favorite bagi segala penyakit baik itu virus atau bakteri, dan tak menampik kemungkinan juga cacing.

Sebab jika ada ayam yang terserang cacingan, lalu telur cacing keluar bersama kotoran ayam, dan apabila kandang jarang dibersihkan, kemungkinan telur cacing dapat termakan oleh ayam yang sehat dan kemudian telur cacing menetas dan berkembang biak dalam tubuh ayam.

2. Melalui makanan


Penularan cacing melalui makanan ini sangat rawan terjadi pada peternak yang menggunakan pakan oplosan apabila pakan tidak dimasak atau di sterilisasi terlebih dahulu, yaitu seperti dedak atau jagung.


Karena biasanya dari situ ada bibit-bibit penyakit termasuk cacing yang apabila diberikan pada ayam, kemudian bibit-bibit cacing tersebut bersarang diusus dan berkembangbiak.

3. Ayam makan kecoa


Kecoa liar biasanya dalam tubuhnya terdapat banyak sekali bibit-bibit cacing yang apabila dimakan oleh ayam, maka besar kemungkinan ayam dapat terserang cacingan, jadi sebaiknya jaga kebersihan kandang agar terhindar dari kecoa.

4. Ayam makan bangkai


Bangkai juga merupakan salah satu tempat favorite penyakit termasuk cacing yang apabila dimakan oleh ayam, dapat menyebabkan cacingan, apalagi jika bangkai tersebut adalah bangkai yang memang terjangkit penyakit cacingan.

Mengenali gejala ayam yang terserang cacingan


Gejala-gejala yang sering terlihat pada ayam yang terserang cacingan adalah seperti berikut:

a.) Pertumbuhannya lambat


Penyakit cacingan pada umumnya menyerang ayam remaja sampai ayam dewasa yang sering ditandai seperti ayam terlihat kurus, karena biasanya nutrisi makanan yang dimakan ayam akan diserap oleh cacing, sehingga pertumbuhan ayam menjadi terhambat.

b.) Produksi menurun


Jika yang terserang cacingan adalah ayam petelur, maka biasanya produksi telur akan menurun drastis, karena ayam kekurangan nutrisi untuk produksi telur.

c.) Kualitas telur jelek


Masih untuk ayam petelur yang terserang cacingan, sudah dapat dipastikan akan menghasilkan kualitas telur yang tidak bagus, yaitu seperti: telurnya kecil, cangkangnya tipis dan tidak keras, serta warnanya berubah.

d.)Ayam mengalami kematian


Apabila penyakit cacingan pada ayam kita biarkan, maka lama-kelamaan ayam akan menjadi kurus dan mati, walaupun sebenarnya tingkat kematian pada ayam yang dikarenakan cacingan sangat kecil, namun hal itu bisa saja terjadi.

Cara mencegah penyakit cacingan pada ayam


Pencegahan untuk segala penyakit adalah salah satu tindakan yang sangat dianjurkan bagi para peternak, agar dapat mengurangi kemungkinan adanya ancaman-ancaman dari berbagai Penyakit yang sering menyerang ternak.


Dan untuk mencegah penyakit cacingan pada ayam adalah dengan melakukan perawatan yang intensif, seperti memberi pakan yang berkualitas, memberikan vaksin dan vitamin, memperhatikan jumlah populasinya, serta menjaga kebersihan kandang secara teratur.

Cara mengobati penyakit cacingan pada ayam


Ada dua cara untuk mengobati cacingan pada ayam yaitu dengan menggunakan obat buatan pabrik atau mengobati dengan cara tradisional.


Untuk mengobati ayam cacingan dengan obat buatan pabrik tentu lebih mudah, karena anda tinggal membeli obat cacing untuk ayam dipoultry shop, dan memberikannya.


Untuk obatnya biasanya tergantung daerah tempat tinggal anda atau selera anda, bahkan banyak juga yang menggunakan obat cacing untuk manusia dan terbukti sembuh, yang terpenting dosisnya harus disesuaikan.

Cara mengobati ayam cacingan dengan obat tradisisonal


Banyak sekali obat tradisional untuk ayam cacingan yang bisa anda gunakan, dan yang pasti harganya relative murah, contohnya:

1. Bawang putih


Bawang putih merupakan bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah untuk mengobati ayam cacingan dan manfaat lainnya bisa anda baca pada artikel yang sebelumnya, yaitu Manfaat bawang putih untuk ayam.


Cara memberikan bawang putih sebagai obat cacing cukup mudah, yaitu haluskan bawang putih kemudian berikan pada ayam dipagi hari sebelum ayam diberi makan, dan berikan sampai ayam benar-benar terbebas dari cacing.

2. Buah pinang


Buah pinang juga dikenal sangat ampuh membasmi cacing pada ayam bahkan pada manusia sekalipun, yang perlu anda perhatikan adalah takarannya, jangan terlalu banyak memberikannya, karena jika kebanyakan bisa berbahaya.


Cara memberikannya cukup mudah, yaitu pilih buah pinang yang masih muda, ambil buah saja, lalu tumbuk sampai halus, kemudian berikan pada ayam saat pagi hari sebelum ayam diberi makan, tunggu sekitar 10-15 menit, biasanya cacing akan keluar bersama kotoran.

3. Air Tembakau


Selain bawang putih dan buah pinang, ternyata air tembakau juga diyakini mampu membasmi cacing yang bersarang pada tubuh ayam.


Caranya adalah siapkan tembakau murni, kemudian rendam dengan air panas, dan tunggu beberapa saat sampai airnya dingin, lalu minumkan pada ayam yang cacingan saat pagi hari sebelum ayam diberi makan, dan tunggu sekitar 30 menit sampai cacing keluar bersama kotoran.

4. Daun Pepaya


Manfaat daun papaya selain untuk meningkatkan nafsu makan adalah ternyata bisa juga untuk membasmi cacing pada ayam.


Caranya yaitu cari daun pepaya secukupnya, lalu rajang atau potong-potong dengan pisau, kemudian berikan pada ayam, cara memberikannya bisa anda campur dengan pakan.


“Daun pepaya juga bisa anda berikan setiap hari, karena daun papaya dikenal mengandung zat antibiotik yang sangat baik untuk menjaga system kekebalan tubuh ayam.


Saya akhiri sampai disini dulu pembahasan tentang penyakit cacingan pada ayam, sebenarnya masih banyak yang perlu dibahas tentang penyakit ini.

Kemungkinan akan saya bahas pada pertemuan berikutnya, jangan lupa like Fanspage FB Budidayaternak.id untuk mendapat informasi terbaru dari kami, TERIMA KASIH.

(Visited 1.532 times, 4 visits today)

One thought on “Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Cacingan Pada Ayam Serta Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *