Cara Merawat Burung Puyuh Untuk Lomba Agar Tetap Fit dan Gacor

Diposting pada
merawat puyuh untuk lomba


Baru-baru ini di kalangan kicau mania telah dihebohkan, dengan adanya pemberitaan tentang Burung puyuh yang dilombakan, dan berita tersebut diposting oleh seseorang melalui media social.

Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya lomba burung puyuh sudah ada sejak lama dibeberapa daerah seperti di sumenep-madura, di mataram-lombok, dan dibeberapa daerah lainnya, namun belum lama ini kembali viral di social media.

Dengan ramainya pemberitaan tentang puyuh yang digantang atau dilombakan, membuat banyak orang yang mempertanyakan bagaimana cara merawat burung puyuh aduan agar tetap fit dan suaranya tetap terjaga (stabil).

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk merawat burung puyuh untuk lomba agar tetap fit dan gacor.

Cara merawat burung puyuh untuk lomba

Cara merawat puyuh untuk lomba tentu berbeda dengan merawat Puyuh pedaging atau Puyuh petelur, karena untuk merawat puyuh aduan harus kita fokuskan pada suaranya yaitu seperti berikut:

1. Memilih puyuh untuk lomba

Apabila anda ingin memilih puyuh untuk dilombakan, usahakan untuk memilih puyuh lokal, sebab puyuh lokal memiliki ukuran tubuh yang kecil dan lebih kuat jika dibandingkan dengan puyuh jumbo yang gampang lemas.

Anda juga bisa memilih burung puyuh jantan, karena Puyuh yang jantan dikenal memiliki suara tembakan yang keras dan kasar, selain itu pilihlah puyuh yang agresif dan suka mendongakan kepalanya, sebab tipe puyuh seperti ini cenderung lebih rajin berbunyi.

2. Penjemuran

Jika sudah mendapatkan puyuh yang sesuai kriteria, perawatan selanjutnya adalah puyuh harus rutin dimandikan dan dijemur pada pagi hari, karena udara pagi hari sangat bagus untuk kesehatan tubuh puyuh itu sendiri.

3. Terapi kandang umbaran

Cara merawat puyuh untuk lomba yang selanjutnya adalah anda harus rajin melepaskan puyuh pada kandang umbaran, caranya dengan menyiapkan tanah berpasir (debu), sebab puyuh lebih suka mandi debu yang tujuannya untuk menghilangkan stress serta melatih pernapasan.

4. Makanan puyuh lomba

Makanan untuk puyuh aduan yang bisa anda berikan adalah berupa biji-bijian, seperti canary seed atau millet, atau bisa juga anda berikan voer untuk burung kicau, jika memberikan voer untuk burung usahakan menggunakan voer yang memiliki kualitas terbaik.

Cara memberikan pakan puyuh untuk lomba adalah 3 kali sehari yaitu: pagi, siang, dan sore hari, untuk porsinya yaitu sekitar 20 gram per hari.

Jika makanan tidak habis harus anda ambil atau keluarkan, yang tujuannya adalah agar nafsu makannya tetap ada, puyuh tidak kegemukan serta pola makannya menjadi teratur.

5. Pemberian Extra fooding (EF)

Selain makanan seperti diatas, puyuh aduan juga harus anda berikan pakan tambahan atau extra fooding (EF), EF yang baik untuk burung puyuh aduan adalah ulat kandang, ulat hongkong dan kroto.

Tujuan pemberian EF atau protein hewani pada puyuh aduan adalah untuk menambah stamina puyuh agar tetap terjaga dan fit saat dilombakan.

Itulah sedikit pengetahuan yang bisa saya sampaikan mengenai cara merawat burung puyuh untuk lomba, intinya untuk merawat burung untuk lomba adalah diperlukan ketelatenan dan kesabaran agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, semoga bermanfaat TERIMA KASIH.

(Visited 718 times, 2 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *