7 Tips Jitu Merawat Kolibri Ninja Bakalan (Trotol) Liar Agar Cepat Bunyi dan Gacor

Diposting pada
tips merawat kolibri ninja

Ada beberapa jenis kolibri yang populer dikalangan kicau mania, yaitu seperti: kolibri wulung, kolibri sepah raja, kolibri kelapa, dan kolibri ninja.

Namun dari beberapa jenis burung kolibri tersebut, yang paling banyak kita jumpai dikalangan kicau mania adalah kolibri ninja, bahkan kolibri ninja atau yang sering disebut “konin” sudah mempunyai kelas tersendiri dalam ajang kontes (lomba).

Alasanya adalah karena kolibri ninja selain memiliki warna yang menarik, tetapi juga memiliki suara yang bervariasi, serta gaya tarian yang unik yaitu tarian ngobra layaknya Burung Kacer.

Kemungkinan alasan tersebutlah yang membuat burung konin yang kecil dan mungil ini mendapatkan tempat yang special dihati para pecinta burung kicau di Indonesia.

Bagi anda pemula yang berminat untuk memelihara burung kolibri ninja, baik itu untuk hiburan dirumah ataupun untuk burung kontes (lomba), berikut ini akan saya bagikan trik jitu merawat kolibri dari bakalan liar agar cepat bunyi dan gacor.

Tips merawat kolibri ninja bakalan dari alam liar

Merawat burung kolibri ninja sebenarnya hampir sama dengan merawat burung kicau lainnya, yaitu hanya dibutuhkan sedikit kesabaran serta ketelatenan seperti berikut:

1. Memilih konin

Hal pertama yang harus anda perhatikan jika ingin memelihara burung konin, baik itu dari alam liar ataupun dari membeli adalah anda harus memilih konin yang jantan, karena kolibri jantanlah yang mempunyai karakter suara yang keras dan ngotot.

Selain itu anda juga harus memilih konin yang memiliki warna bulu yang cerah, gerakannya lincah, gesit dan energik (sehat), sebab hanya burung yang sehat yang mampu berkicau secara maksimal.

2. Memilih kandang

Hal kedua yang harus anda perhatikan adalah pemilihan kandang, pemilihan kandang yang tepat juga merupakan factor terpenting dan memiliki pengaruh besar guna terciptanya mental serta karakter konin yang bagus.

Usahakan untuk menggunakan kandang yang nyaman yaitu tidak kebesaran dan tidak kekecilan, yang terpenting burung kolibri tersebut masih bisa bebas terbang naik turun, sebab konin adalah termasuk burung yang agresif.

Dan jangan terlalu banyak memberi tangkringan yang dapat mengganggu aktifitas terbangnya, serta ukuran tangkringannya juga harus pas dan nyaman untuk bertengger.

3. Pemberian pakan

Pakan utama burung kolibri saat dialam bebas adalah madu dan serangga kecil, akan tetapi saat konin kita pelihara pakannya bisa anda ganti dengan menggunakan cairan yang manis-manis seperti; susu kental manis, air gula, sirup, dan yang lainnya.

Lebih baik lagi jika pakan tersebut anda berikan secara bersamaan dengan wadah yang berbeda atau secara bergantian agar kolibri tidak bosan serta dapat memilih makanan mana yang paling disukainya.

4. Pemberian EF

Selain memberikan pakan utama, anda juga harus memberikan pakan tambahan atau extra fooding (EF) seperti kroto atau ulat kandang.

Pakan tambahan untuk kolibri wajib anda berikan, yang tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya serta meningkatkan stamina, agar burung rajin bunyi atau gacor.

5. Perawatan harian

Perawatan harian untuk burung konin sama dengan perawatan burung kicau lainnya yaitu diembunkan setiap pagi, dimandikan dan dijemur setiap hari.

Untuk memandikan burung kolibri cukup mudah yaitu anda cukup menyediakan cepuk berisi air bersih yang agak besar, dan biarkan kolibri mandi sendiri dicepuk tersebut.

Setelah burung kolibri mandi dan berjemur, kemudian angin-anginkan ditempat yang teduh agar kolibri belajar bunyi.

6. Pemasteran

Untuk menambah variasi suaranya anda dapat memastering dengan suara burung lain, waktu yang tepat untuk melakukan pemasteran adalah pada saat burung istirahat yaitu sekitar jam 3 sore atau pada malam hari.

Caranya yaitu dengan full kerodong kemudian perdengarkan suara burung lain, bisa menggunakan suara burung secara langsung atau bisa juga menggunakan suara dari hp atau mp3.

7. Memancingnya

Seperti yang kita ketahui konin adalah termasuk salah satu jenis burung figter atau petarung, jadi untuk membuatnya agar cepat berbunyi, anda dapat memancingnya, karena dengan melatih atau memancingnya kita berharap kolibri tertarik untuk berbunyi.

Menurut pengalaman saya pribadi, memancingnya adalah merupakan jurus paling jitu dalam memelihara konin agar cepat bunyi.

Caranya cukup mudah yaitu: dekatkan konin yang belum rajin bunyi dengan konin yang sudah gacor, dengan demikian biasanya konin akan saling bersahutan atau berusaha menunjukkan kemampuannya, guna untuk mempertahankan daerah teritorinya.

Tapi bagaimana jika kita hanya mempunyai satu konin saja?!.
Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan kaca cermin, caranya adalah taruhlah kaca cermin kecil di dalam sangkar dekat dengan tangkringannya.

Dengan begitu konin akan mengira bahwa bayangannya sendiri adalah burung lain, kemudian konin tersebut akan berusaha memamerkan kemampuannya didepan kaca cermin tersebut.

Warning:
“Yang perlu anda ingat, saat anda menaruh kaca cermin dalam sangkar, usahakan jangan terlalu lama, karena jika kelamaan konin tersebut akan terus berbunyi, dan yang kita takutkan konin akan kelelahan dan menjadi drop atau mati.


Itulah sedikit tips dalam merawat kolibri ninja bakalan (trotol) agar cepat bunyi dan gacor yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan, TERIMA KASIH.

(Visited 2.166 times, 16 visits today)

2 thoughts on “7 Tips Jitu Merawat Kolibri Ninja Bakalan (Trotol) Liar Agar Cepat Bunyi dan Gacor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *