Penyebab dan Cara Mengatasi Kolibri Ninja (Konin) Macet Bunyi

Diposting pada

mengatasi konin macet bunyi

Pada umumnya semua jenis burung memiliki kemampuan untuk berkicau secara alamiah, seiring bertambahnya usia, begitu juga untuk burung konin (kolibri ninja).

Namun dalam beberapa kasus yang sering dikeluhkan oleh para pemula yang memelihara konin, dimana burung kolibri yang ia rawat belum mau rajin berbunyi walaupun usianya sudah dewasa.

Bahkan ada juga yang mengeluhkan, bahwa burung konin yang tadinya gacor, tiba-tiba macet bunyi atau malas berkicau.

Untuk mengatasi kasus-kasus seperti diatas, hal pertama yang harus kita ketahui adalah apa yang menyebabkan kolibri tersebut macet bunyi, yang tujuanya agar kita dapat lebih mudah untuk mengatasinya.

Penyebab kolibri ninja macet bunyi

Menurut pengamatan saya ada beberapa hal yang bisa saja menyebabkan burung kolibri tidak mau berbunyi diantaranya;

1. Jenis kelamin kolibri

Jenis kelamin burung kolibri juga sangat menentukan kolibri mau berkicau atau tidak, karena khusus untuk burung kolibri yang diyakini mampu berkicau dengan baik adalah kolibri yang berjenis kelamin jantan.

Apalagi untuk membedakan kolibri jantan dan betina saat usianya masih muda (trotol) terbilang sangat sulit, jadi jika anda ingin membeli konin yang dapat dipastikan jantan, anda harus membeli konin yang dewasa atau sudah keluar bulu warna hitam.

2. Kolibri sedang sakit (kurang sehat)

Penyebab yang kedua adalah konin sedang sakit yang mungkin tidak anda sadari, karena burung yang sedang menahan rasa sakit sudah dapat dipastikan tidak mau atau malas berbunyi.

Konin yang kurang sehat biasanya ditandai dengan tidak aktif bergerak, mata selalu terpejam, sering mengembungkan sayapnya, serta nafsu makanya berkurang.

3. Kolibri mental drop (stress)

Penyebab lain konin macet bunyi adalah burung stress, seperti burung kalah mental dengan burung lain saat ditest atau mengikuti kontes, perubahan cuaca yang tidak menentu, atau bisa juga adanya perawatan yang kurang tepat.

Kolibri yang sedang mengalami gangguan mental/stress, juga dapat menjadikanya malas untuk berkicau, biasanya burung terlihat gelisah atau lebih cenderung gampang kaget atau terkejut.

4. Kolibri molting (ganti bulu)

Memang dalam kasus ini tidak semua kolibri mengalami macet, ada sebagian konin yang tetap gacor walaupun sedang ganti bulu, namun ada juga yang tidak mau bunyi dikarenakan menahan rasa sakit saat tumbuh bulu baru.

Apabila konin sedang ngurak, sebaiknya segera ambil tindakan yang tepat, karena dalam masa ini jika salah dalam pola perawatan bisa berakibat fatal untuk performa kedepannya.

5. Kolibri masih giras

Kolibri yang baru didapat biasanya perlu proses adaptasi dengan lingkungan barunya agar berani mengeluarkan suara kicauannya, apalagi untuk kolibri hasil tangkapan liar, tentu akan gelabakan saat dipelihara dalam sangkar.

Jadi anda jangan berharap kolibri mau bunyi jika kondisinya masih giras, yang perlu anda lakukan adalah mencari Cara untuk menjinakan kolibri tersebut terlebih dahulu agar burung merasa nyaman, sehingga mau berbunyi.

6. Kolibri over birahi (OB)

Kolibri yang birahinya sedang over juga dapat membuatnya malas bunyi, justru yang terjadi biasanya burung akan bertingkah laku aneh, penyebab utama kolibri over birahi adalah kebanyakan dalam pemberian EF (ekstra fooding).

Cara mengatasi konin macet bunyi

mengatasi konin macet bunyi

Setelah kita mengetahui factor-factor yang menyebabkan kolibri tidak mau berbunyi, maka langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk mengatasinya yaitu seperti:

1. Melakukan perawatan yang tepat

Untuk perawatan konin yang baik sebenarnya sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya yaitu: Cara merawat kolibri ninja yang tepat, yang intinya adalah memberikan pakan yang cocok, selalu menjaga kebersihan kandang, memberikan pakan tambahan (EF), dan lainnya.

2. Mencari setingan yang pas

Dalam merawat konin, jika anda sudah mendapatkan setingan yang tepat, misalnya seperti: Makanan yang cocok, porsi EF yang tepat, durasi penjemuran, atau yang lainya dan sudah menjadikan kolibri tersebut gacor, maka sebaiknya jangan merubah-rubah setingan.

Misalnya; Jangan sering mengggonta-ganti nektar, karena konin merupakan burung yang sangat sensitif sekali terhadap perubahan pakan yang terlalu sering, dan sebaiknya kembalikan pada setingan yang semula agar konin kembali gacor.

3. Melatih mentalnya

Untuk merawat kolibri yang macet karena mentalnya drop, sebaiknya jangan terlalu sering memperlihatkan dengan konin yang lainnya, hal ini bertujuan untuk menjaga agar mental fighternya kembali lagi.

Selain itu anda juga harus menambah porsi ekstra foodingnya, terutama kroto agar birahinya naik dan kolibri kembali gacor, baca juga Cara mengajari kolibri makan kroto.

4. Memberikan terapi

Cara mengatasi konin macet yang lainya adalah dengan melakukan terapi, caranya yaitu memperdengarkan suara yang berisik seperti suara musik, suara air gemricik, atau bisa juga menggantung konin di dekat air yang mengalir, seperti didekat aquarium atau didalam kamar mandi.

Terapi ini bertujuan untuk merangsang burung agar cepat bunyi, dan juga dipercaya bisa menghilangkan stres pada konin.

5. Mengecast dengan kolibri betina

Sedangkan untuk mengatasi konin macet karena overbirahi adalah dengan mengecast mengunakan kolibri betina, caranya yaitu satukan konin tersebut dengan konin betina selama 3-4 hari, biarkan kolibri bersama untuk melepaskan birahi.

Jika sudah 3-4 hari, anda bisa memisahkannya lagi, dengan demikian biasanya birahinya akan kembali normal dan konin bisa langsung kembali gacor lagi.

Kesimpulan: “Untuk merawat kolibri ninja yang macet bunyi sebenarnya tidak sulit, lakukan cara-cara diatas, dengan sedikit ketelatenan serta kesabaran dan saya yakin dalam waktu 1-2 minggu konin akan kembali gacor.

Itulah sedikit pengetahuan saya tentang penyebab dan cara mengatasi kolibri ninja macet bunyi, semoga bermanfaat TERIMA KASIH.

(Visited 1.051 times, 37 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *