Penyebab dan Cara Paling Tepat Mengatasi Kenari Macet Bunyi atau Malas bunyi

Diposting pada

mengatasi kenari macet bunyi


Burung kenari adalah burung yang memiliki warna yang cantik dan menarik serta suara kicauannya yang merdu dan khas, itulah alasan kenapa kenari tetap menjadi hewan peliharaan yang diidolakan oleh para kicau mania, khususnya kenari mania.

Selain itu burung kenari yang sudah gacor, juga akan selalu bernyanyi tidak mengenal waktu, baik itu siang ataupun malam, sehingga sangat cocok untuk dijadikan hiburan, bahkan ada yang memanfaatkannya sebagai burung masteran.

Akan tetapi ada beberapa kasus yang sering dikeluhkan para kenari mania, yaitu kenari yang tadinya moncer tiba-tiba malas berbunyi, bahkan ada yang sampai macet atau tidak berbunyi sama sekali.

Perlu anda ketahui kenapa burung kenari tidak mau berkicau lagi, berikut ini adalah beberapa penyebab yang memicu kenari macet bunyi.

Penyebab kenari macet atau malas bunyi

Baca juga;

Untuk mengatasi kenari macet, tentu hal yang pertama harus kita ketahui adalah penyebabnya, tujuanya supaya kita bisa langsung melakukan penanganan, tanpa harus membuang banyak waktu.

1. Perawatan yang salah

Sistem perawatan yang kurang tepat adalah merupakan salah satu factor penyebab kenari macet, walaupun merawat burung kenari terbilang mudah, namun tetap harus dilakukan secara tepat dan intensif, agar kenari tetap rajin bunyi dan gacor.

2. Kenari sedang sakit atau kurang fit

Burung kenari yang sedang sakit atau dalam keadaan tidak fit, tentu dapat membuatnya malas berbunyi, karena menahan rasa sakit yang dialaminya.

Adapun sakit yang bisa membuat kenari macet bunyi yaitu seperti kakinya digit nyamuk, sakit sehabis mabung atau molting, sedang mengalami gangguan pencernaan, dan lainnya.

3. Kenari terserang kutu

Penyebab kenari macet lainnya adalah kenari kutuan atau banyak kutu di badannya, sehingga kenari merasa terganggu oleh gigitan kutu kupret tersebut, yang akhirnya dapat membuat kenari malas bunyi.

4. Factor lingkungan

Lingkungan yang tidak nyaman bisa membuat kenari stres  dan menjadi salah satu pemicu kenari macet, misalnya seperti tempat yang terlalu panas, bising, berdebu, serta kondisi lainnya yang membuatnya merasa terganggu.

Itulah beberapa penyebab kenari malas bunyi yang sering di alami oleh para kicau mania, dan apabila anda sudah mengetahui penyebab kenari yang anda pelihara macet, Berikut ini adalah cara untuk mengatasinya:

Cara yang tepat mengatasi kenari macet bunyi

Factor penyebab paling tinggi kenari macet bunyi adalah kenari selesai mabung, kemungkinan karena kenari terlalu lama menahan rasa sakit pada saat mabung atau ganti bulu sehingga tenaganya terkuras dan mengakibatkan macet, adapun cara untuk mengatasinya adalah:

1. Memberi pakan berkualitas

Cara mengatasinya kenari macet yang pertama adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas, selain itu anda juga harus memberikan pakan tambahan/EF, seperti sayuran hijau, buah-buahan, telur rebus, kroto, atau yang lainnya, dan bisa anda berikan secara bergantian.

Tujuannya adalah untuk memulihkan tenaganya yang terkuras paska molting, dan membuatnya kembali berbunyi.

2. Penjemuran ditingkatkan

Maksud dari penjemuran ditingkatkan adalah apabila biasanya anda hanya menjemur kenari sekitar satu jam pada pagi hari, untuk mengatasi kenari macet, waktu penjemuran bisa anda tambah menjadi sekitar 2-3 jam dipagi hari.

Dimaksudkan supaya kenari mendapatkan vitamin D lebih banyak, karena sinar matahari saat pagi dipercaya mengandung vitamin D, yang khasiatnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

3. Memberikan multivitamin

Apabila diperlukan anda juga bisa memberikan multivitamin untuk kenari macet, vitamin ini bisa anda dapatkan dipetshop terdekat, tujuannya adalah agar stamina kenari paska mabung lebih cepat pulih, sehingga kenari cepat kembali berbunyi.

Catatan: “Namun apabila kenari macet bunyi disebabkan oleh factor lainnya seperti karena gangguan pencernaan, karena terserang kutu, karena factor lingkungan yang tidak nyaman atau stres.

Penanganan pertama yang harus anda lakukan adalah dengan cara mengatasi atau mengobati gangguan-gangguan tersebut lebih dulu, seperti memberikan obat anti mencret, menggunakan obat anti kutu, atau memberikan obat anti stres.

Barulah kemudian menuju langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan perawatan seperti yang sudah kita bahas diatas, seperti memberi pakan berkualitas, menambah porsi penjemuran, serta memberikan multivitamin.

Dari pembahasan tersebut diatas bisa kita simpulkan, bahwa jika kita mendapati kenari kesayangan macet bunyi, kita tidak perlu panik, karena cukup dengan sedikit kesabaran yaitu melakukan perawatan yang lebih baik lagi, dan saya yakin gacoan anda akan kembali moncer.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang penyebab kenari macet dan cara mengatasinya yang bisa saya sampaikan, dan untuk mendapatkan informasi-informasi menarik dan terupdate dari saya, silahkan like Fanspage FB BudidayaTernak.Id, semoga bermanfaat TERIMA KASIH.

(Visited 145 times, 6 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *