Kacer Mbagong Saat Diadu: Penyebab dan Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasinya

Diposting pada

mengatasi kacer mbagong


Mbagong adalah sebuah istilah yang biasa digunakan oleh para kacer mania untuk menyebut perilaku unik pada burung kacer yang mengembungkan badannya atau seperti kuda laut.

Mbagong sebenarnya adalah merupakan sifat alami dari burung kacer, dan ada sebagian kacer mania yang menyebutnya dengan istilah mbalon, mbedesi, atau mungkin masih ada istilah lainnya.

Perilaku mbagong pada burung kacer itu sebenarnya bukan merupakan masalah yang perlu dikhawatirkan karena mbagong bukanlah penyakit dan tidak berbahaya.

Namun yang menjadi masalah adalah apabila kacer mabong pada saat ditrek atau saat dilombakan, sebab jika kacer mbagong saat dilombakan maka akan berakibat fatal pada penilaian juri.

Yaitu biasanya akan ditandai dengan bendera hitam atau di diskualifikasi, maka dari itu sifat mbagong harus dihilangkan apalagi untuk kacer lomba.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Tanda-tanda kacer mbagong

Mbagong sebenarnya adalah tingkah laku unik yang hanya ada pada burung kacer, dan ciri-ciri dapat dilihat dengan mata telanjang yaitu seperti:

  • Bulunya mengembung seperti balon,
  • Bentuknya seperti kuda laut,
  • Biasanya dibarengi dengan jalan atau loncat-loncat kecil,
  • Serta mengeluarkan suara yang aneh.

Penyebab kacer mbagong saat lomba

Walaupun perilaku mbagong pada kacer merupakan sifat alami, tetapi yang pasti ada factor yang menyebabkannya yaitu seperti:

1. Kondisi kacer kurang fit

Kacer yang kondisinya sedang sakit atau kurang fit, juga bisa menyebabkan mbagong, apalagi saat diadu, mungkin karena merasa kondisi badannya belum siap sehingga kacer mengembungkan sayapnya.

2. Mendapatkan lawan yang lebih tangguh

Kacer mbagong juga bisa terjadi pada saat bertemu dengan lawan yang memiliki mental lebih bagus, usianya lebih tua, atau suara tembakannya lebih kencang, sehingga membuat mentalnya down dan kemudian mbagong.

3. Menaikkan birahinya dengan paksa

Memaksa untuk menaikkan birahi pada kacer juga bisa menjadi pemicu kacer mbalon/mbagong, sebab kacer yang belum waktunya untuk birahi namun dipaksa harus birahi, sehingga bisa membuatnya over birahi, dan salah satunya adalah mbagong.

4. Perawatan kurang bagus

Penyebab kacer mbagong yang lainnya adalah manajemen perawatan yang tidak konsisten, yaitu seperti waktu memandikan, penjemuran, serta kebersihan kandang ataupun tempat makan dan minum yang tidak terjaga dengan baik.

Sehingga membuat kuman dan bakteri mudah berkembang biak yang bisa menggangu kesehatannya dan juga bisa menyebabkan kacer mbagong.

5. Mental kacer masih lemah

Mental burung kacer yang kurang bagus, biasanya terjadi pada kacer yang masih muda, atau kacer yang jarang bertemu dengan lawannya, sehingga saat ditrek dan bertemu dengan lawan yang lebih mapan, maka dapat membuatnya mbagong.

Baca juga artikel terkait:

Cara mengatasi kacer mbagong saat diadu

Setelah kita membahas beberapa faktor atau penyebab burung kacer mbagong, yang sering dialami oleh para kacer mania, sekarang kita lanjutkan membahas tentang cara mengatasi agar kacer tidak mbagong saat lomba, yaitu seperti berikut:

1. Pengaturan pemberian EF

Apabila anda mendapati burung kacer kesayangan sering mbagong saat ditrek, anda bisa mencoba setting ulang pemberian ekstra fooding (EF), yaitu dengan cara mengurangi pemberian kroto ataupun jangkrik.

Misalnya pagi berikan 3-5 ekor jangkrik, dan sore cukup anda berikan 2 ekor saja, sedangkan untuk pemberian kroto yaitu mulai H-3 atau tiga hari sebelum dilombakan, cara ini tujuannya agar birahi kacer kembali stabil.

2. Perawatan yang bagus

Perawatan yang konsisten juga diperlukan untuk mencegah agar kacer tidak mbagong, caranya yaitu selalu menjaga kebersihan kandang, serta mencuci tempat makan dan minumnya setiap hari, agar kuman dan bakteri tidak berkembang biak dengan cepat.

Selain itu anda harus rutin memandikan kacer setiap pagi dan sore, serta menjemurnya dibawah terik matahari, agar kondisi kacer tetap sehat dan stabil.

3. Terapi mandi malam

mengatasi kacer mbagong

Memandikan kacer pada malam hari juga menjadi salah satu alternative dan dipercaya mampu menghilangkan perilaku mbagong pada kacer.

Tetapi harus dilakukan secara rutin, sampai kacer mengalami perubahan yaitu tidak mbalon lagi, namun mandi malam juga harus memperhatikan kondisi cuaca, jika cuacanya dingin, kacer tidak usah dimandikan, karena dikhawatirkan malah akan membuatnya sakit.

4. Terapi mandi pasir

Mandi pasir atau dalam istilah jawa yaitu “kipu”, biasanya sering dilakukan kacer saat dialam bebas, sehingga metode ini juga dipercaya mampu menghilangkan perilaku mbagong pada kacer.

Caranya yaitu anda harus menyediakan tanah yang halus dan taruh dikeramba yang biasa digunakan untuk mandi, kemudian masukkan kacer, dan biarkan kacer mandi pasir disitu.

5. Terapi kandang umbaran

Memanfaatkan kandang umbaran untuk terapi mengatasi kacer mbagong saat lomba, caranya yaitu lepaskan kacer kedalam kandang umbaran selama satu hari penuh, jangan lupa sediakan makan minumnya dan ulang setiap hari sampai kondisinya kembali normal.

Bahkan ada juga kacer mania yang memasukkan kacer betina secara bersamaan, tujuannya untuk menyalurkan birahi kacer jantan, atau memasukkan burung kecil jenis lain, yaitu sebagai bahan unthulan, tujuannya adalah untuk mengembalikan sifat fighter burung kacer tersebut.

6. Terapi kerodong

Masih ada cara lain yang juga dipercaya mampu menghilangkan perilaku mbagong pada kacer yaitu terapi kerodong (karantina).

Caranya adalah menjauhkan burung kacer dari burung sejenis atau burung lain yang gacor, dengan menggunakan full kerodong, namun prosesnya harus berlangsung lama sampai kondisi kacer benar-benar stabil.

Kesimpulan: “Mengatasi kacer mbagong saat diadu memang tidak bisa dilakukan secara cepat atau instan, jadi butuh waktu serta kesabaran ekstra.

Yang terpenting adalah anda harus memahami karakternya, serta melakukan perawatan dengan baik, jika cara tersebut sudah anda lakukan, saya yakin kacer akan segera kembali normal.

Demikian uraian tentang cara mengatasi kacer mbagong saat lomba yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menjadi solusi permasalahan yang anda alami, sampai bertemu pada pembahasan lainnya TERIMA KASIH.

(Visited 403 times, 3 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *