Cara Mengajari Kolibri Makan Kroto Paling Mudah dan Cepat

mengajari kolibri makan kroto

Cara merawat kolibri terbilang gampang-gampang susah, sebab ada yang beberapa kali mencoba memelihara burung yang mungil ini, akan tetapi selalu “gagal”, gagal disini artinya kolibri tidak mau bunyi, atau bahkan ada yang sampai mati.

Kemungkinan dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang Cara merawat kolibri yang benar atau mungkin tidak mengetahui Makanan yang cocok untuk kolibri.

Sebab kenyataanya banyak sekali yang masih beranggapan bahwa kolibri akan tetap hidup jika diberikan makanan yang manis-manis saja, padahal anggapan tersebut tidak benar.

Memang kolibri bisa bertahan hidup dengan hanya diberi makan cairan manis saja, tetapi biasanya kolibri tidak rajin bunyi (gacor) dan masa hidupnya juga tidak akan lama.

Sebab kandungan nutrisi pada nectar buatan berbeda dengan nectar yang dihasilkan oleh bunga yang menjadi makanan utama kolibri saat dialam bebas.

Contoh efek samping makanan manis untuk kolibri

  • Air susu bisa menyebabkan suara burung kolibri menjadi serak/parau,
  • Air Madu asli bisa menjadikan bulu burung kolibri mudah rusak/rontok,
  • Air gula dapat mengakibatkan tubuh burung kolibri menjadi kurus/nyilet.

Jadi menurut saya, agar kolibri umurnya panjang, rajin bunyi dan tetap sehat, maka perlu diberikan pakan tambahan (EF) yaitu seperti kroto.

Karena yang kita tahu kroto memiliki manfaat yang sangat baik sekali untuk kolibri, yaitu untuk menambah stamina serta memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan kolibri, dan yang pasti aman atau tanpa efek samping.

Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua kolibri mau makan kroto.

Untuk masalah tersebut sobat budidayaternak tidak perlu khawatir, karena saya akan membagikan tips melatih kolibri makan kroto yang paling mudah, yang sudah pernah saya praktekkan sendiri dan terbukti berhasil.

Memang setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda, tetapi saya yakin para pengunjung disini tahu mana cara yang paling mudah (efektif), dan jika anda masih belum percaya silahkan simak baik-baik lalu praktekkan dan saya yakin cara ini paling cepat.

Cara mengajari kolibri makan kroto

Baca juga: Cara menjinakan burung kolibri.

Untuk mengantisipasi efek samping seperti yang saya bahas diatas tadi adalah dengan memberikan kroto, sebab menurut pengalaman dari beberapa kolibri mania mengatakan bahwa:

Dengan hanya memberikan makanan manis seperti air gula, tidak akan menyebabkan burung kolibri menjadi kurus, asalkan juga diberi kroto, dan hasilnya burung kolibri tetap sehat dan rajin berkicau atau gacor.

Adapun cara yang paling mudah untuk mengajari kolibri makan kroto adalah sebagai berikut:

Bahan yang harus disiapkan :

  • Telur kroto yang bersih tanpa semut,
  • Cairan manis seperti Air gula / air susu / madu / nectar, (pilih salah satu saja cairan manis yang paling disukai kolibri anda)

Cara melatih kolibri makan kroto

mengajari kolibri makan kroto

  1. Siapkan cairan manis sedikit saja kira kira 1-2 ml, (Kira-kira habis untuk 1/2 hari),
  2. Masukan kroto sampai menutupi air manis yang sudah disiapkan sebelumnya,
  3. Aduk air manisan dan kroto tersebut sampai kroto basah oleh cairan manis,
  4. Berikan pada burung kolibri yang belum mau makan kroto,
  5. Biarkan kolibri menghabiskan air manisan sampai kering, karena biasanya setelah air manisan kering, burung kolibri akan memakan kroto yang dicampur cairan manis tadi,
  6. Apabila air manisan dan kroto habis dalam setengah hari, bisa anda tambah lagi sama dengan cara diatas.

Catatan penting

“Untuk hari berikutnya jumlah kroto dan air manisan bisa ditambah porsinya sampai anda benar-benar yakin bahwa burung kolibri tersebut sudah mau makan kroto.

Saya sarankan untuk memberikan juga kroto murni pada tempat terpisah, agar jika semua makanan yang dicampur air manisan habis, maka kolibri akan memakan juga kroto murni tersebut.

Sedangkan waktu yang paling tepat untuk mengajari burung kolibri makan kroto adalah pada pagi hari setelah dikeluarkan dari rumah untuk dijemur atau di angin-anginkan.

Lakukan cara tersebut sampai burung kolibri benar-benar lahap makan kroto yang tidak dicampur dengan air manisan.

Berbagi pengalaman pribadi

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, dengan cara tersebut diatas, hanya membutuhkan waktu kurang dari seminggu, dalam mengajari kolibri yang saya pelihara, dan sudah mau makan kroto tanpa campuran makanan manis.

1. Hari pertama

Saya mencampur kroto dengan air gula, tetapi tidak disentuh sama sekali oleh kolibri tersebut, sebab saya sediakan juga air susu kental manis, dan burung kolibri tersebut lebih memilih makan air susu kental manis dari pada air gula yang saya campur kroto.

2. Hari kedua

Saya coba lagi pada hari kedua dengan hanya memberikan air susu yang saya campur dengan kroto, sambil terus saya perhatikan, dan ternyata burung kolibri hanya menghabiskan air susunya saja sampai terlihat krotonya kering.

Namun tetap saya biarkan dan akhirnya yang terjadi burung kolibri mau makan kroto, karena mungkin tidak ada makanan lainya dan saya yakin kroto tersebut juga manis dikarenakan bekas tercampur dengan air susu.

3. Hari ketiga

Pada hari ketiga masih tetap saya berikan campuran air susu kental manis dan kroto dengan porsi saya kurangi, tetapi saya sediakan juga kroto murni pada tempat terpisah.

Dan tampaknya kroto yang murni juga mulai berkurang, kemungkinan karena campuran air susu dan krotonya sudah habis, sehingga mau makan kroto yang tanpa campuran.

Untuk hari berikutnya masih terus saya lakukan cara tersebut diatas sampai saya yakin burung kolibri yang saya pelihara mau makan kroto murni dan hasilnya tidak sampai satu minggu kolibri tersebut sudah mau makan kroto tanpa campuran air manis.

“Perlu diingat untuk pakan harian kolibri anda harus tetap menyediakan cairan manis, karena cairan manis merupakan makanan utama burung kolibri, sedangkan kroto hanya sebagai pakan tambahan (EF).

Itulah pengalaman saya dalam mengajari burung kolibri makan kroto, dan apabila anda juga memiliki kolibri yang belum doyan makan kroto.

Tidak ada salahnya seandainya mau mencoba cara ini, dan jika sudah berhasil silahkan tulis komentar anda pada kolom yang tersedia, semoga bermanfaat TERIMA KASIH.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *