Cara Menambah Koloni Semut Rangrang Paling Mudah dan Efektif

Diposting pada

menambah koloni semut rangrang

Setiap orang yang menekuni Usaha budidaya kroto tentunya berharap semut yang ditangkar cepat berkembang atau bertambah koloninya, namun sayangnya masih banyak yang belum paham cara menambah koloni semut rangrang.

Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan informasi tentang bagaimana cara melipatgandakan koloni semut rangrang yang terbukti berhasil, mari kita simak.

Tips Menambah Koloni Semut Rangrang

Cara berikut ini sudah diuji oleh para pelaku usaha budidaya kroto, tetapi tetap membutuhkan proses yang cukup lama dan bertahap untuk melakukan trik ini.

Saran dari saya, sebaiknya usaha untuk menambah koloni semut rangrang harus anda lakukan sejak awal beternak, maka dari itu sebelum memulai beternak kroto, sebaiknya perhatikan beberapa aspek pendukungnya.

Beberapa aspek usaha ternak kroto yang harus diperhatikan

  • Media untuk ternak kroto harus bisa mengadopsi minimal 75% dari keadaan sarang semut di alam bebas,
  • Bibit yang diternak haruslah bibit unggul,
  • Perawatan harus dilakukan dengan tepat bertujuan untuk memicu perkembangan semut rangrang,
  • Area ternak harus terjaga kestabilannya mulai dari suhu, udara, cahaya dan sebagainya.

Setelah 4 aspek diatas sudah terpenuhi, selanjutnya Anda bisa menerapkan trik menambah koloni semut rangrang berikut ini:

1. Penambahan toples

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah menambah toples kosong, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati, untuk penambahan toples bisa anda lakukan dengan memindahkan toples yang sudah lama atau sudah dipenuhi kroto pada rak diatasnya.

Kemudian letakkan toples kosong ditempat bekas toples yang dipindahkan tadi, agar semut rangrang segera mengisi toples yang kosong, karena jika toples yang kosong ditaruh pada rak bagian atas maka semut akan berpindah keatas semua.

Tetapi Jangan tergesa-gesa saat menambahkan toples kosong, sebaiknya tunggu semua toples yang tersedia penuh, karena berdasarkan pengalaman pembudidaya kroto, terlalu cepat menambahkan toples kosong bisa membuat semut tidak produktif, sebab semut akan sibuk berpindah dari satu toples ke toples lainnya.

2. Sesuaikan jumlah toples

Jika anda ingin melipatgandakan koloni semut rangrang secara cepat, anda juga harus menyesuaikan jumlah toples dengan ukuran rak, sesuaikan rak dengan jumlah koloni yang anda miliki, jangan berlebihan.

Misalnya: kapasitas rak yang anda miliki hanya mampu menampung kapasitas maksimal 200 toples, tetapi anda memaksa dengan meletakkan 300 toples, maka semut rangrang bisa berdesak-desakan, dan perkembang biakannya akan menjadi terhambat.

Begitupun sebaliknya, jika anda hanya mampu membeli bibit 200 toples, maka jangan membuat rak dengan kapasitas 500 toples, karena area yang luas akan membuat semut rangrang lebih bergerak bebas dan menjadikannya tidak produktif.

3. Perhatikan jarak toples

menambah koloni semut rangrang

Jarak antar toples dalam budidaya kroto juga memiliki pengaruh besar dalam perkembangbiakan kroto, maka usahakan jarak antar toples jangan terlalu dekat.

Karena jarak yang terlalu rapat bisa mengakibatkan perkelahian antar semut, area yang terlalu sempit juga akan memperlambat proses berkembangbiaknya, jarak yang ideal antar toples yakni sekitar 2,5 jengkal.

4. Kondisikan tempat rak

Dalam usaha budidaya kroto, sebaiknya membuat rak pada tempat yang aman nyaman dan bebas dari aktifitas manusia, karena yang kita ketahui semut rangrang merupakan hewan yang sensitive terhadap gangguan manusia.

Apabila mereka merasa terganggu, semut rangrang bisa dengan cepat meninggalkan sarangnya atau mencari sarang baru, bahkan Semut bisa saling menyerang atau bertengkar dengan kawannya sendiri karena mereka mengira adanya bahaya yang mengancam, sehingga proses perkembangannya juga terganggu.

5. Biarkan telur semut menetas

Tidak buru-buru memanen telur semut yang tujuannya agar telur menetas, juga dapat menambah jumlah koloni baru, tetapi cara ini terbilang cukup lambat, karena harus menunggu sekitar 30 hari sampai telur menetas, sementara waktu bertelur antar semut tidak bersamaan, jadi Anda perlu sabar menunggu untuk mendapat tambahan koloni yang baru.

6. Mengambil semut dari alam

Menambah koloni semut rangrang juga bisa dilakukan dengan cara mengambil bibit semut dari alam, caranya yaitu setelah semut diambil, semut harus dikarantina selama kurang lebih 2 hari, sebelum diletakkan dalam rak budidaya tujuanya agar semut tidak saling bertengkar.

Cara ini saya rasa paling efektif dan tanpa harus mengeluarkan biaya, namun anda harus berhati-hati saat menambahkan koloni baru kedalam rak budidaya.

Lakukan sedikit demi sedikit sambil terus dipantau untuk memastikan semut tidak saling bertengkar, dan jika semut ada yang bertengkar anda bisa menyemprotnya dengan air dingin atau air gula.

7. Membeli dari penjual bibit

Cara ini juga yang paling mudah, cepat, dan efektif, hanya saja anda juga harus merogoh kocek lagi hehehe,,, untuk cara ini anda tinggal meletakkan toples yang sudah berisi bibit semut rangrang kedalam rak budidaya, dan dalam hitungan detik anda sudah dapat koloni semut rangrang yang anda inginkan.

Demikian cara menambahkan koloni semut rangrang dalam rak budidaya yang bisa anda coba agar cepat berkembang biak, semoga bermanfaat, TERIMA KASIH.

(Visited 1.792 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *