Rahasia Merawat dan Memelihara Anak Bebek (DOD) Agar Cepat Besar

Diposting pada

memelihara bebek agar cepat besar

Dalam menekuni usaha ternak bebek, ada beberapa hal yang harus diutamakan atau diprioritaskan, salah satunya adalah memelihara anak bebek (DOD) agar cepat besar.

DOD adalah merupakan modal utama dalam ternak bebek, jadi kita harus merawatnya dengan baik, agar pertumbuhannya cepat, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal, atau sesuai dengan harapan.

Cara memelihara bebek agar cepat besar

Perawatan DOD atau itik bebek yang baru menetas tentu sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan merawat bebek remaja atau bebek dewasa.

Selain dari pemilihan bibit yang unggul, berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus diperhatikan dalam memelihara atau merawat anak bebek agar cepat besar.

Baca juga artikel terkait:

1. Merawat anak bebek baru menetas

Itik yang baru menetas atau baru datang, butuh perawatan yang ekstra karena masih rentan terhadap penyakit dan kematian.

Untuk merawatnya adalah dengan mengistirahatkan sejenak DOD yang baru datang agar menyesuaikan diri, kemudian berikan air gula merah, sedangkan untuk manfaat gula merah bisa anda baca artikel tentang Manfaat gula merah untuk unggas yang sudah saya tulis sebelumnya.

2. Menyediakan kandang khusus DOD

Itik atau bebek yang masih anakan harus dipelihara pada kandang khusus DOD, untuk kandangnya bisa dibuat seperti boks, yang semua dindingnya tertutup rapat, sedangkan lantainya bisa menggunakan kawat strimin dan atasnya biarkan terbuka.

Kandang model tersebut bertujuan untuk melindungi DOD dari hembusan angin, agar tidak kedinginan dan tidak gampang terserang penyakit, serta memudahkan dalam pengawasan.

3. Memberikan pakan untuk DOD

Usahakan untuk memberikan pakan pada anak bebek harus dengan pakan yang berkualitas serta memiliki nutrisi yang lengkap, atau yang sesuai dengan kebutuhan serta umur anak bebek itu sendiri, agar pertumbuhannya bisa maksimal.

Jangan lupa sediakan tempat pakan atau minum lebih dari satu agar anak bebek tidak berkumpul untuk berebut makanan.

Sedangkan untuk makanannya bisa anda tambahkan sedikit air yang tujuannya supaya makanan tidak berserakan, serta memudahkan anak bebek untuk memakannya karena paruhnya yang sedikit melebar.

4. Memberikan penghangat tambahan

Jika anda perhatikan DOD bergerombol atau berdesak-desakan, itu berarti anak bebek kedingingan, maka anda harus memberikan penghangat tambahan, bisa dengan menggunakan lampu bolham.

Namun apabila anak bebek terlalu menjauh dari lampu, bisa jadi karena suhunya terlalu panas, maka anda harus menjauhkan lampunya sampai anak bebek terlihat nyaman, pemberian penghangat tambahan juga dapat memicu laju pertumbuhan DOD.

5. Memberikan vaksin dan vitamin

Perlunya memberikan vaksin serta vitamin pada anak bebek adalah untuk meningkatkan system kekebalan tubuh DOD dari serangan penyakit serta dapat merangsang pertumbuhannya.

Itulah beberapa tahapan untuk merawat anak bebek agar cepat besar yang patut anda coba dalam usaha ternak bebek, semoga artikel ini bermanfaat TERIMA KASIH.

(Visited 516 times, 15 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *