Cara Paling Mudah Membedakan Kelabang Jantan dan Kelabang Betina

Diposting pada

membedakan kelabang jantan dan betina


Kelabang atau lipan yang dalam bahasa latin disebut Centipede adalah hewan Arthropoda yang tergolong dari kelas Chilopoda dan Upafilum Myriapoda.

Kelabang adalah hewan Metamerik yang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya, kelabang adalah termasuk hewan berbisa, dan juga termasuk hewan yang aktif dimalam hari (Nocturnal).

Kelabang juga memiliki segmen-segmen yang panjang sehingga menyerupai kaki seribu, yang membedakan antara kelabang dengan kaki seribu adalah jumlah kakinya, pada umumnya kelabang hanya memiliki satu pasang kaki pada setiap segmen tubuhnya, sedangkan kaki seribu memiliki dua pasang kaki.

Cara membedakan kelabang jantan dan betina

Pentingnya mengetahui jenis kelamin kelabang jantan atau betina bagi para pecinta lipan adalah: Untuk memudahkan jika sewaktu-waktu ingin memperbanyak atau membudidayakannya.

Karena mengembangbiakkan kelabang tentu membutuhkan kelabang jantan dan kelabang betina, agar anda tidak salah pilih saat menyatukan dalam satu wadah, misalnya: betina semua atau malah sebaliknya.

Jadi pada kesempatan ini admin akan membagikan tips untuk mengetahui jenis kelamin kelabang yang paling mudah yaitu seperti berikut, tapi jangan lupa baca dulu Cara ternak kelabang pada artikel yang sudah saya bagikan sebelumnya:

1. Taruh lipan dalam toples

Langkah pertama adalah persiapkan toples kosong beserta tutupnya, kemudian ambil kelabang dan masukkan dalam toples tersebut.

Catatan: “Jika anda memiliki kelabang lebih dari satu, usahakan dalam proses ini cukup isi satu toples satu kelabang, agar kelabang tidak berantem atau saling menyerang.

Langkah selanjutnya adalah tutup rapat-rapat toples hingga oksigen tidak dapat masuk kedalam toples tersebut, dan tunggu beberapa saat sampai kelabang tidak bergerak lagi atau pingsan karena kekurangan oksigen.

2. Proses memeriksa kelamin kelabang

Apabila kelabang sudah tidak bergerak lagi segera buka toples, ambil dan keluarkan kemudian cara untuk mengetahui kelaminnya adalah dengan cara menekan tubuh kelabang dengan jari bergerak menuju ekornya.

Biasanya akan keluar cairan putih berkerut dari ujung ekornya, jika tampak memiliki dua duri kecil (pemintal), dapat dipastikan itu adalah jantan, namun jika mulus berarti itu adalah betina.

Catatan: “Pada proses ini biasanya kelabang akan bangun dalam waktu kurang dari lima menit, jadi sebaiknya gunakan kamera untuk mengambil gambar, sebab butuh waktu lumayan lama serta kejelian untuk mengamati dan menganalisis alat kelamin kelabang tersebut.

Jika anda sudah menemukan kelabang jantan dan betina, maka langkah selanjutnya adalah menyatukan dalam satu wadah agar berkembangbiak.

Itulah sedikit ilmu tentang cara membedakan kelabang jantan dan kelabang betina yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat TERIMA KASIH.

(Visited 237 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *