Manfaat dan Efek Samping Pemberian Telur Puyuh Untuk Kenari

manfaat telur puyuh untuk kenari
Seperti yang kita ketahui bahwa telur puyuh merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh manusia.

Meskipun telur puyuh memiliki ukuran yang kecil (mungil) yaitu beratnya hanya sekitar 10-12 gram, sedangkan untuk telur ayam beratnya sekitar 50-70 gram, jadi telur puyuh 5 kali lebih kecil dari telur ayam.

Namun faktanya ternyata kandungan nutrisi yang terdapat pada telur puyuh justru 3-4 kali lipat lebih tinggi dari pada kandungan gizi pada telur ayam.

Selain itu tahukah anda bahwa selain telur puyuh sangat bagus untuk tubuh manusia, ternyata kandungan protein telur puyuh juga memiliki banyak manfaat untuk burung kenari.

Manfaat telur puyuh untuk kenari

Nutrisi yang terkandung pada telur puyuh memiliki beberapa manfaat yang sangat baik jika diberikan pada burung kenari, adapun manfaat adalah seperti berikut:

1. Menambah stamina kenari

Telur puyuh rebus memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga dipercaya mampu meningkatkan stamina burung kenari yang kurang fit, yaitu seperti pada burung kenari sehabis ganti bulu (pasca molting).

Karena biasanya kenari sehabis mabung akan kehabisan tenaga untuk menahan rasa sakitnya, jadi pemberian telur puyuh rebus sangat dianjurkan guna mengembalikan staminanya.

2. Menaikan birahi kenari

Manfaat telur puyuh yang lainya adalah untuk menaikan birahi atau daya seksualitas kenari, yang umumnya diberikan pada saat Menjodohkan burung kenari agar cepat birahi, lebih cocok lagi apabila diberikan pada kenari pejantan agar birahinya naik dan segera mengawini kenari betina.

3. Mempercepat pertumbuhan anak kenari

Kandungan lemak yang tinggi pada telur puyuh juga sangat baik untuk membantu mempercepat pertumbuhan anakan kenari, yang cara pemberiannya adalah diberikan pada sang induk agar dilolohkan pada anak-anaknya.

4. Mengurangi gangguan pencernaan

Karena telur puyuh memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh lambung, sehingga sangat cocok untuk diberikan pada burung kenari yang mengalami gangguan pencernaan, dengan begitu sedikit demi sedikit gangguan pada system pencernaan akan mulai berkurang.

5. Membuat kenari rajin bunyi

Selain beberapa manfaat diatas, ternyata telur puyuh juga dipercaya mampu membuat burung kenari rajin berkicau atau bisa juga untuk Mengatasi kenari macet bunyi.

Jadi pemberian telur puyuh rebus pada kenari sangat dianjurkan, baik itu untuk kenari yang diternak ataupun untuk kenari yang dijadikan sebagai klangenan (kenari lomba).

Cara memberikan telur puyuh pada kenari

Banyaknya manfaat telur puyuh juga memberi dampak positif bagi masyarakat, yaitu membuka peluang usaha Ternak puyuh petelur, sehingga saat ini telur puyuh sangat mudah untuk kita dapatkan, sedangkan cara memberikan telur puyuh pada kenari adalah:

  • Ambil satu butir telur puyuh, kemudian rebus hingga matang,
  • Jika telur puyuh sudah dingin, telur bisa dibelah menjadi dua bagian tanpa harus dikupas kulitnya atau bisa juga telur yang masih bulat dikupas sebagian kulitnya,
  • Lalu berikan pada kenari dengan cara digantung dalam sangkar.

Sebaiknya telur puyuh anda berikan pada saat-saat tertentu seperti saat proses penjodohan, saat kenari selesai mabung, atau untuk perawatan harian yaitu sebagai ektra fooding (EF) yang pemberianya cukup tiga kali dalam satu minggu.

Efek samping pemberian telur puyuh pada kenari

Pemberian telur puyuh pada burung kenari selain dapat memberikan dampak positif, ternyata juga bisa memberikan dampak negative yaitu mengakibatkan burung kenari menjadi over birahi (OB), atau bisa saja membuat kenari menjadi kegemukan.

Jadi yang perlu anda perhatikan dalam memberikan telur puyuh pada burung kenari adalah jangan terlalu berlebihan atau kebanyakan, sehingga tidak membuat kenari over birahi atau kegemukan.

Itulah beberapa manfaat dan efek samping telur puyuh untuk kenari yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat TERIMA KASIH.

(Visited 30 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *