Manfaat Mempunyai Hewan Peliharaan Dirumah

Diposting pada

manfaat hewan peliharaan


Hewan juga termasuk makluk hidup yang telah mengajarkan kita tentang banyak hal, seperti kasih sayang, kesabaran, disiplin dan lainnya, percaya atau tidak, bahwa memiliki hewan peliharaan dirumah ternyata memberikan banyak manfaat positif yang mungkin tidak anda sadari.

Manfaat tersebut dapat memberikan dampak secara langsung ataupun dampak jangka panjang bagi kehidupan kita, adapun manfaatnya adalah seperti berikut:

Manfaat memelihara hewan dirumah

Berikut ini adalah beberapa manfaat memiliki hewan peliharaan dirumah, dan semoga bisa membuat kita semakin menyayanginya.

1. Menghilangkan rasa jenuh atau stress

Sudah sama-sama kita ketahui bahwa memelihara hewan kesayangan dapat mengobati rasa jenuh atau mengurangi stress akibat aktifitas yang padat.

Yaitu dengan cara sekedar melihat tingkah lakunya yang lucu, mendengarkan suaranya yang merdu, ataupun bermain bersama, dan ternyata mampu meringankan beban yang ada dipikiran kita.

2. Menanamkan rasa kasih sayang

Mungkin ada sebagian orang yang berpikir tidak perlu memelihara hewan dirumah, dengan alasan takut tertular penyakit, atau karena bau, karena jorok dll.

Namun bila dilihat dari sisi positifnya, ternyata memiliki hewan peliharaan dapat membantu membangun rasa empati pada diri kita, yaitu dengan mengenal lebih dekat, tentang sifat, karakter, sehingga kita makin menyayanginya.

3. Mengajarkan rasa tanggung jawab

Jika dari awal kita sudah memutuskan untuk memelihara hewan, itu sama halnya dengan kita sudah berkomitmen untuk bertanggung jawab, meningkatkan kedisiplinan, serta kesabaran kita.

Karena memelihara hewan tidak hanya sekedar mengurus dengan cara memberi makan dan minum saja, akan tetapi kita juga harus rela membagikan waktu untuk merawat, bermain bersama, serta membawa kedokter saat dia sakit.

4. Menjadikan pribadi yang menyenangkan

Sering kita melihat orang yang memiliki hobi salah satunya adalah pecinta hewan, mereka terlihat lebih rileks, seperti tidak ada beban.

Contohnya adalah saat orang tersebut sedang merawat hewan peliharaan, memandikannya, kemudian memandanginya atau bermain bersama, mereka terlihat santai dan ceria, berbeda dengan orang tidak memiliki hobi, mereka biasanya hanya duduk dengan pandangan kosong.

5. Lebih mudah berinteraksi

Memiliki hewan peliharaan juga dapat membuat kita lebih terbuka dengan orang lain, terutama dengan orang yang menggemari hewan yang sama.

Misalnya dengan berbagi ilmu, pengalaman, ataupun hanya sekedar bercerita tentang hewan kesayangan baik itu secara langsung ataupun melalui media social.

Kesimpulan
“Berdasarkan beberapa manfaat tersebut diatas dapat kita simpulkan bahwa pentingnya memiliki hoby, seperti memelihara hewan, bertujuan agar membawa perubahan pada diri kita dengan mendapatkan energy positif, agar hidup lebih bermanfaat dan bahagia.

Cara atau hobi tersebut juga sangat bagus untuk kita ajarkan kepada anak-anak kita, agar memilki rasa tanggung jawab, saling menyayangi, serta untuk belajar sabar dan disiplin.

Adapun beberapa hewan yang aman untuk dipelihara dirumah bisa anda baca disini:

Itulah sedikit pembahasan tentang manfaat mempunyai hewan peliharaan yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat TERIMA KASIH.

(Visited 81 times, 4 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *