WOW Ajaib: Manfaat Daun Kemangi Dapat Menurunkan Birahi Lovebird, Begini Cara Memberikannya

Diposting pada

manfaat daun kemangi


Lovebird adalah burung paruh bengkok yang masih sangat populer dikalangan kicau mania sampai saat ini, bahkan kepopulerannya sudah mampu mengalahkan burung jenis lain seperti kenari, kacer, dan lainnya.

Lovebird juga sering berperilaku aneh atau unik, dan keunikannya sering terjadi saat lovebird sedang birahi, yaitu seperti gesek-gesek tangkringan (gestang), sering membentangkan sayapnya seperti pesawat, suka menggigit jeruji, dan banyak lagi lainnya.

Itulah masalah yang sering membuat pusing para lovebird mania, yaitu apabila lovebird birahi dan berperilaku aneh saat sedang dilombakan, sehingga tidak mau ngekek.

Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena disini saya akan membagikan rahasia yang ampuh untuk menurunkan birahi pada lovebird yaitu:

Memberikan daun kemangi untuk menurunkan birahi lovebird

Baca juga artikel terkait:

Sering sekali birahi lovebird naik tanpa alasan yang jelas, dan itu yang membuat para lovebird mania kesulitan untuk menemukan setingan yang pas, serta menjadikan setingan untuk burung paruh bengkok ini tidak baku.

Misalnya hari ini dengan setingan tertentu lovebird bisa main bagus, Namun ketika dicoba pada hari-hari berikutnya lovebird terkadang tampil kurang maksimal, atau bahkan lebih bagus lagi.

Jadi apabila anda mendapati lovebird kesayangan mulai berperilaku aneh, maka anda harus segera melakukan penanganan dengan menurunkan birahinya agar kembali stabil.

Menurunkan birahi lovebird memang terbilang sulit, jadi butuh ketelatenan serta kesabaran yang lebih, dan jika anda sudah pernah mencoba berbagai cara untuk menurunkan birahi lovebird dan hasilnya kurang maksimal, maka sebaiknya coba cara yang satu ini, yaitu memberikan daun kemangi.

Manfaat daun kemangi untuk lovebird

  • Mengobati luka atau pembengkakan

Mungkin sebagian dari kita belum banyak yang mengetahui bahwa daun kemangi bisa digunakan untuk mengobati luka atau anti peradangan, caranya yaitu ambil beberapa daun kemangi, kemudian tumbuk sampai halus dan balutkan pada bagian yang luka, saya yakin besoknya luka sudah kering dan sembuh.

  • Menurunkan birahi lovebird dengan cepat

Manfaat daun kemangi yang lainnya adalah dipercaya mampu mengobati masuk angin, serta dapat menurunkan birahi pada lovebird dengan cepat, dan ini sudah banyak dibuktikan oleh para LB mania.

Cara memberikan daun kemangi pada lovebird

Daun kemangi yang sering kita jumpai dan biasanya digunakan sebagai lalapan, Ternyata juga diyakini sangat efektif dan mampu menurunkan birahi lovebird, akan tetapi pemberianya harus dilakukan dengan benar, seperti berikut:

1. Diberikan langsung sebagai pengganti EF

Cara yang pertama adalah memberikannya secara langsung beberapa tangkai daun kemangi yang masih segar, yaitu digantung sebagai pengganti kangkung atau jagung muda, dan jangan lupa dicuci terlebih dahulu.

Namun biasanya lovebird tidak mau langsung memakannya, sehingga anda harus membuatnya lapar terlebih dahulu, atau setelah lovebird dimandikan dan dijemur, dengan cara mengeluarkan tempat makan dan minumnya, agar lovebird kelaparan dan mau memakan daun kemangi tersebut.

2. Mencampur dengan air minum

Bisa juga anda berikan dengan cara yang kedua yaitu mengambil beberapa lembar daun kemangi kemudian ditumbuk lalu diperas untuk diambil airnya, lalu campurkan dengan air minumnya, atau daun kemangi direbus dan air rebusannya diberikan sebagai pengganti air minum.

Karena air rebusan daun kemangi baunya sangat menyengat jadi untuk memberikannya, anda tidak usah memberikan air minum yang biasa, tujuannya agar lovebird terpaksa meminum air rebusan daun kemangi saat merasa haus.

3. Mencampur dengan makanan

Cara yang ketiga ini yang menurut saya paling efektif untuk memberikan daun kemangi pada lovebird, yaitu dengan cara merendam makanannya dengan air rebusan daun kemangi, lalu makanan tersebut dijemur sampai kering.

Kemudian barulah makanan yang sudah direndam dengan air rebusan daun kemangi diberikan pada lovebird yang birahi, dan jangan berikan makanan yang lain, agar lovebird terpaksa memakannya apabila sudah lapar.

¬†Catatan: “Cara tersebut diatas harus anda lakukan sampai birahi lovebird turun pada titik yang ideal, dan apabila birahi lovebird sudah terlihat pas, maka pemberian daun kemangi harus segera anda hentikan, karena jika tidak efeknya akan membuat lovebird down.

Dan pada saat memberikan daun kemangi jangan lupa untuk pemberian EF seperti kangkung dan jagung muda harus anda kurangi, karena EF tersebut dapat memicu meledaknya birahi lovebird.

Setelah birahi lovebird stabil, Anda sudah bisa membawanya untuk lomba, namun harus tetap diperhatikan kinerjanya saat lomba, apabila kurang maksimal, anda bisa menambahkan sedikit EFnya.

Itulah pembahasan tentang manfaat daun kemangi yang ampuh untuk menurunkan birahi lovebird dan cara memberikannya, semoga artikel ini bermanfaat dan membuat lovebird anda semakin ekekekek….. TERIMA KASIH.

(Visited 678 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *