WOW Dahsyat: Manfaat Pemberian Bawang Putih dan Bawang Merah Untuk Ayam

Diposting pada

manfaat bawang putih dan bawang merah


Bawang putih ataupun bawang merah yang biasanya kita kenal sebagai bumbu dapur, ternyata ditangan para peternak ayam, khususnya peternak ayam Bangkok (ayam aduan) dan peternak ayam kampung justru dimanfaatkan sebagai obat alami.

Entah dari mana awal mulanya, soalnya yang saya ketahui hanya dari mulut kemulut dan sekarang ini sudah banyak dipraktekkan oleh para peternak pemula ataupun para senior dan dianggap sebagai warisan turun temurun.

Menurut beberapa sumber, zat yang terkandung didalam bawang merah dan bawang putih mempunyai fungsi yang luar bisa.

Adapun jumlah zat yang terkandung dalam 100 gram bawang putih adalah sebagai berikut:

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Kandungan dalam setiap 100 g bawang putih

  • Selenium: 14, 2 mg
  • Mangan: 1,672 mg
  • Seng; 1,16 mg (12 %)
  • Sodium; 17 mg (1 %)
  • Kalium; 401 mg (9 %)
  • Fosfor; 153 mg (22 %)
  • Magnesium; 25 mg (7 %)
  • Zat besi; 1,7 mg (14 %)
  • Kalsium; 181 mg (18 %)
  • Vitamin C; 31,2 mg (52 %)
  • Folat (B9 Vit); 3 mg (1 %)
  • Vitamin B6; 1, 235 (mg %)
  • Asam pantotenat (B5); 0, 596 mg (12 %)
  • Niacin (vit B3); 0, 7 mg (5 %)
  • Riboflavin (vit. B2); 0, 11 mg (7 %)
  • Thiamnine (Vit. B1); 0,2 mg (15 %)
  • Beta-karoten; 5 mg
  • Protein; 6,39
  • Lemak; 0,5 Diet
  • Serat; 2,1
  • Gula; 1,00
  • Karbohidrat; 33, 06

Berdasarkan kandungan yang ada pada bawang putih tersebut, ada beberapa manfaat yang bisa digunakan untuk mengobati ataupun merawat ayam bangkok:

Manfaat bawang putih untuk ayam

Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang putih yang mungkin belum anda ketahui.

1. Melancarkan peredaran darah

Oleh para peternak ayam Bangkok, bawang putih dipercaya mampu melancarkan peredaran darah atau membuka pembuluh darah yang tersumbat, dan diberikan dengan tujuan agar kesehatan ayam dapat terjaga dengan baik.

Cara memberikannya adalah dengan menumbuk bawang putih secukupnya sampai halus, kemudian diberikan dengan cara melolohkan perlahan-lahan, dan dapat diberikan 1-2 minggu sekali.

2. Mengobati manikan pada ayam

Bawang putih juga dipercaya mengandung zat anti radang, yang fungsinya adalah untuk mengobati ayam yang mengalami radang pada tenggorokannya atau yang biasa disebut dengan manikan.

Cara pengobatanya sama dengan cara yang pertama, yaitu dengan menumbuk bawang putih secukupnya sampai halus, lalu diberikan dengan melolohkan perlahan-lahan.

3. Meredakan nyeri otot pada ayam

Manfaat bawang putih yang lainnya adalah dapat meredakan nyeri otot pada ayam, biasanya diberikan pada ayam yang habis bertarung atau setelah latihan fisik.

Cara memberikannya adalah cukup dengan mengompreskan air bawang putih ke bagian-bagian yang terasa nyeri seperti kaki, sayap ataupun leher.

4. Menyembuhkan korep pada ayam

Bawang putih juga diyakini memiliki kandungan zat anti bakteri yang mampu mengobati penyakit korep, penyakit korep itu sendiri biasanya disebabkan oleh jamur, bakteri ataupun infeksi.

Cara mengobatinya adalah dengan menumbuk bawang putih sampai halus, kemudian tempelkan pada daerah yang terserang korep, ulangi pemberiannya setiap 2 hari sekali.

Bisa juga dengan mencampurkan hasil tumbukan bawang putih dengan minyak sayur, dan diamkan untuk beberapa hari, kemudian oleskan minyak tersebut 3 kali sehari.

5. Mengobati ngorok pada ayam

Ngorok Adalah penyakit yang disebabkan adanya bakteri yang menempel dan menyerang pada tenggorokan ayam, zat anti bakteri yang terkandung didalam bawang putih juga diyakini dapat menghilangkan ngorok pada ayam.

Caranya yaitu dengan memberikan bawang putih kira-kira ukuran 1cm dan dapat diberikan setiap 2 kali sehari.

Itulah beberapa manfaat bawang putih yang akan anda dapatkan jika diberikan pada ayam ataupun anak ayam, selain bawang putih, ternyata bawang merah juga memiliki khasiat yang tidak kalah hebatnya.

Manfaat bawang merah untuk ayam

Sama-sama kita ketahui bahwa bawang putih dan bawang merah adalah sesuatu yang tak dapat dipisahkan, begitu juga keduanya juga memiliki banyak manfaat seperti berikut:

1. Sebagai sumber energy

Setiap 100 gram bawang merah ternyata memiliki kandungan energy sekitar 166 kj atau setara dengan 40 kcal, sehingga sangat cocok untuk diberikan pada ayam Bangkok yang akan diturunkan ke arena, tujuannya untuk meningkatkan energy dan stamina ayam.

2. Membantu melancarkan Pencernaan

Manfaat bawang merah yang lainnya adalah dapat membantu melancarkan pencernaan, apabila ayam terlihat pucat, lesu, yang disertai dengan berak kapur, sebaiknya segera berikan bawang merah, agar gangguan pencernaan dapat segera teratasi.

3. Mengobati luka pada ayam

Jika ada ayam peliharaan anda yang terluka, sebaiknya segera ambil bawang merah dan potong kecil-kecil, lalu rebus dengan air secukupnya, kemudian bersihkan dan kompres bagian yang terluka dengan air bekas rebusan tersebut, cara ini sudah banyak dipraktekkan oleh para bobotoh.

4. Mengobati ngorok pada ayam

Manfaat bawang merah yang satu ini sama dengan manfaat bawang putih. yaitu untuk mengobati ngorok pada ayam, kandungan minyak dalam bawang merah dipercaya sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab ngorok pada ayam.

5. Mengobati ayam cacingan

Jika ayam anda mengalami cacingan yang ditandai dengan nafsu makan berkurang, ayam terlihat lemah, lesu, solusinya adalah segera berikan bawang merah, karena bawang merah dapat membantu mengeluarkan kotoran serta cacing pada ayam.

6. Mengobati ayam bubulan

Anak ayam ataupun ayam dewasa yang terkena bubul, harus segera diobati dengan menggunakan bawang merah, caranya yaitu potong bawang merah menjadi dua, kemudian oleskan cairannya pada kaki ayam yang bubulan secara rutin setiap hari.

Itulah beberapa fungsi, kegunaan, khasiat serta manfaat bawang putih dan bawang merah untuk ayam bangkok, yang bisa saya sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat, cara tersebut diatas juga dapat diaplikasikan pada ternak ayam kampung, TERIMA KASIH.

(Visited 10.397 times, 114 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *