Manfaat Terapi Mandi Pasir Untuk Kacer Dan Cara Penggunaannya

Diposting pada

mandi pasir untuk kacer

Istilah mandi pasir atau yang sering disebut dengan “kipu”, sering kita jumpai dilakukan oleh ayam kampung, namun ternyata tidak hanya unggas saja yang suka mandi pasir, karena hampir semua jenis burung juga suka mandi pasir (kipu), terutama burung kacer.

Lalu apa tujuan terapi mandi pasir pada kacer?,
Yuk kita bahas sama-sama.

Manfaat mandi pasir untuk kacer

Untuk para kacer mania mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah mandi pasir, karena terapi mandi pasir sudah banyak dipraktekkan para kicau mania dan dipercaya memiliki banyak manfaat seperti:

1. Mengatasi stress pada kacer

Para kacer mania sering menggunakan terapi mandi pasir untuk mengatasi kacer yang sedang mengalami stress, karena kacer akan kipu layaknya bermain-main dengan debu atau pasir seperti yang sering dilakukan saat dialam liar, dengan begitu stress yang dialaminya sedikit demi sedikit akan berkurang, dan bahkan akan hilang.

2. Mengatasi kacer mbagong

Mandi pasir juga diyakini mampu Mengatasi kacer mbagong, menurut pengamatan saya, kacer mbagong yang dikarenakan kalah mental saat ditrek, dan mentalnya menjadi drop, maka dengan dilakukannya terapi mandi pasir akan dapat membuatnya kembali fresh, dan melupakan kekalahan yang sebelumnya.

3. Menghilangkan kutu

Kalau yang satu ini entah logikanya dimana, tetapi banyak kacer mania yang yakin dan percaya bahwa dengan seringnya memandikan kacer mengggunakan pasir dapat membuat kutu tidak betah tinggal ditubuh kacer tersebut.

4. Memperpanjang usia kacer

Ternyata mandi pasir juga bisa membuat usia burung kacer bertambah panjang, karena debu atau pasir banyak mengandung zat-zat mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuhnya, jadi jangan heran ketika anda melihat kacer mematuk atau memakan pasir saat dimandikan.

Maka dari itu usahakan selalu mengganti pasir yang baru saat memandikannya agar ketersediaan zat mineral selalu tercukupi.

Selain itu mandi pasir juga bisa membuatnya senang dan nyaman, sehingga pikirannya selalu segar (fresh) dan bisa membuatnya awet muda, akan tetapi tidak untuk manusia lho ya! Hehehe,,, jangan coba-cobaaa…

Setelah kita mengetahui manfaat mandi pasir untuk kacer, sekarang tiba saatnya untuk membahas cara memandikan burung kacer dengan pasir.

Cara penggunaan mandi pasir untuk kacer

Cara melakukan terapi mandi pasir sebenarnya cukup mudah, hanya saja apabila kacer belum terbiasa maka dibutuhkan sedikit kesabaran dan langkah-langkahnya adalah seperti:

1. Siapkan debu atau pasir

Jika menggunakan pasir, usahakan menggunakan pasir yang halus atau kalau bisa diayak terlebih dulu dengan ayakan yang halus.

Karena yang kita tahu bahwa pasir memiliki tekstur yang kasar dan tajam, sehingga kita takutkan pasir akan melukai kulit atau anggota tubuh lainnya, jadi saya rekomendasikan sebaiknya menggunakan debu dari tanah saja agar lebih aman.

2. Masukkan pasir dalam keramba

Apabila debu sudah tersedia, untuk langkah selanjutnya yaitu masukkan debu kedalam keramba yang biasa digunakan untuk mandi kacer, jangan lupa juga saat memandikannya harus pada tempat yang tenang, nyaman, aman, yaitu terhindar dari hewan predator seperti: kucing, anjing, tikus dan hewan lainnya.

3. Masukkan kacer dalam keramba

Setelah proses persiapan selesai, untuk langkah selanjutnya yaitu memasukkan kacer yang akan diterapi kedalam keramba tersebut, saya harap kacer terus dipantau sampai proses terapinya selesai.

Perlu anda ketahui bila kacer belum terbiasa mandi pasir, maka biasanya burung kacer akan malu-malu, jadi anda dituntut harus sabar sebab dibutuhkan waktu agak lama.

Itulah langkah-langkah terapi mandi pasir untuk kacer yang bisa anda coba praktekkan, dan jangan lupa segera masukkan kembali kacer kedalam kandang harian jika kacer sudah tidak mau kipu lagi.

Demikianlah sedikit pengetahuan saya tentang manfaat terapi mandi pasir untuk kacer serta cara penggunaannya, semoga bermanfaat dan membuat gacoan anda semakin josss, TERIMA KASIH.

(Visited 180 times, 2 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *