4 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Diberikan Pada Burung Kolibri

Diposting pada
makanan untuk burung kolibri


Kolibri adalah burung kecil mungil dan memiliki suara yang sangat cantik, tentu akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri apabila kita bisa merawat kolibri sampai rajin berbunyi.

Namun untuk membuat kolibri rajin bunyi tentu tidak gampang, sebab ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yaitu seperti perawatan yang tepat serta pemberian pakan yang cocok.

Untuk membuat kolibri agar cepat bunyi, anda bisa baca artikel saya sebelumnya yaitu: Cara tepat merawat kolibri ninja agar cepat bunyi, sedangkan untuk pakan yang cocok untuk kolibri, mari kita bahas bersama!.

Jenis makanan yang cocok untuk burung kolibri

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui bahwa makanan utama burung kolibri saat di alam bebas adalah madu/nektar yang dihasilkan oleh bunga.

Akan tetapi saat kolibri kita pelihara biasanya dapat kita ganti dengan cairan yang manis-manis yaitu seperti: madu, susu, sirup, atau yang lainya, dan yuk kita bahas satu-persatu.

1. Madu

Madu merupakan salah satu pakan yang paling disukai burung kolibri, manfaat madu untuk kolibri adalah untuk membuat kolibri lebih fighter, serta untuk menghangatkan tubuhnya agar kolibri lebih rajin bunyi.

Akan tetapi madu juga tidak bagus jika diberikan secara terus menerus tanpa makanan tambahan yang lainnya, karena madu yang sifatnya panas, bisa mengakibatkan kebotakan dikepalanya, serta dapat membuat kolibri menjadi lebih galak dan mudah emosi.

2. Susu

Susu kental manis juga bagus diberikan pada burung kolibri, karena susu kental manis dipercaya bisa menjadikan burung kolibri lebih terlihat segar dan bulunya jadi mengkilap.

Namun apabila susu kental manis diberikan secara terus menerus tanpa tambahan makanan lain, dampakknya adalah burung kolibri akan menjadi kegemukan sehingga malas berbunyi.

3. Air gula dan sirup (nectar buatan)

Nectar buatan biasanya dibuat dari air gula atau sirup, air gula atau sirup juga sangat cocok diberikan pada kolibri, karena air gula merupakan sumber energy yang bisa membuat burung kolibri menjadi lebih gesit, lincah, dan sehat.

Namun jika air gula/sirup diberikan secara terus menerus tanpa tambahan makanan lainnya, lama kelamaan burung kolibri akan menjadi kurus atau nyilet dan apabila dibiarkan bisa mengakibatkan kematian.

4. Kroto

Kroto adalah makanan yang kaya akan kandungan proteinnya, kroto memang bukan merupakan pakan utama burung kolibri, akan tetapi kroto sangat bagus untuk diberikan pada kolibri.

Karena kroto memiliki banyak sekali manfaat untuk burung kicau, termasuk untuk burung kolibri diantaranya adalah untuk meningkatkan staminanya, sehingga membuat kolibri rajin bunyi dan gacor.

Saran

Saya sarankan untuk memberikan kroto setiap hari pada kolibri, yaitu sebagai pakan tambahan yang tujuannya adalah untuk menjadikan burung kolibri agar tetap sehat serta rajin bunyi (nyerecet).

Karena yang saya ketahui kroto tidak memiliki efek samping, justru biasanya jika pemberian kroto dihentikan, maka kolibri akan menjadi lemas dan malas bunyi.

Selain makanan tersebut diatas, sebenarnya masih banyak jenis makanan lain yang bisa diberikan pada burung kolibri, yang terpenting adalah berbentuk cair dan rasanya manis.

Perlu anda ingat!, usahakan pakan anda berikan secara bergantian, tujuannya agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi serta tidak mudah bosan.

Itulah sedikit pembahasan yang saya ketahui tentang beberapa jenis makanan yang cocok diberikan pada kolibri, semoga bermanfaat dan semoga kolibri kesayangan anda menjadi moncer, TERIMA KASIH.

(Visited 180 times, 7 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *