Makanan Untuk Ternak Ulat Hongkong Agar Cepat Besar dan Panen

Diposting pada

makanan ulat hongkong

Karena banyaknya pertanyaan yang masuk yaitu tentang makanan ulat hongkong yang baru menetas, makanan ulat hongkong dewasa, serta makanan kumbang atau kepik dari ulat hongkong, sehingga membuat saya harus membeberkan rahasia makanan ulat hongkong agar cepat besar dan panen.

Memang pakan adalah merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya sebuah usaha peternakan, termasuk usaha ternak ulat hongkong, baca juga cara ternak ulat hongkong agar sukses.

Ulat hongkong sebenarnya mau memakan apa saja yang anda berikan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, voer/pellet, bahkan ampas tahu dan yang lainnya, tetapi semua itu tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan.

Lalu sebenarnya apa sih makanan ulat hongkong yang baik, agar cepat besar dan bisa cepat panen?.

Ini dia rahasianya,,,,. berdasarkan pengalaman pribadi saya selama menekuni usaha ternak ulat hongkong, makanan yang bagus untuk ulat hongkong adalah voer/pellet BR 1.

Voer ini biasanya diberikan untuk pakan anak ayam dan berbentuk butiran, sedangkan untuk minumnya saya memberikan labu jepang, ada juga yang menyebutnya labu siam.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Cara memberikan pakan ulat hongkong

Cara memberikan makan ulat hongkong sebenarnya sangat mudah, yaitu hanya dengan menaburkan voer/pellet kedalam kotak/bok tempat ulat hongkong, sedangkan untuk takaran tidak ada pedoman yang pasti, saya hanya menggunakan filling kira-kira habis dimakan sekitar 1-2 hari.

Tambahkan juga labu jepang atau labu siam yang sudah dipotong kecil-kecil, ukurannya sekitar 1-2 cm untuk minumnya, sedangkan untuk memberikan pakan selanjutnya harus menunggu pakan yang diberikan sebelumnya sampai benar-benar habis, kemudian dibersihkan dan diberikan pakan yang baru lagi.

Keuntungan memberikan pakan voer BR 1 untuk ternak ulat hongkong

Keuntungan atau kelebihan yang saya dapatkan selama menggunakan pakan voer BR 1 pada ternak ulat hongkong diantaranya sebagai berikut:

1. Pakan lebih mudah didapat

Karena voer BR 1 mudah kita dapatkan yaitu dipetshop atau ditempat penjual pakan ternak pasti ada dijual, sehingga tidak menghabiskan waktu untuk mencarinya.

2. Tidak mudah basi

Karena voer BR 1 ini bentuknya butiran dan kering sehingga tidak mudah basi jika dibandingkan dengan menggunakan ampas tahu.

3. Tidak mudah berjamur

Hampir sama alasannya dengan nomer 2 yaitu karena teksturnya kering sehingga tidak mudah tumbuh jamur.

4. Kandungan nutrisinya lengkap

Keuntungan lainnya adalah karena voer BR 1 adalah buatan pabrik, jadi jelas kandungan nutrisinya sudah teruji dan terjamin kelengkapannya.

5. Ulat hongkong cepat tumbuh besar

Ini juga karena nutrisi atau vitamin dari pakan tersebut lengkap, sehingga ulat hongkong cepat besar dan bisa lebih cepat dipanen.

Itulah beberapa keuntungan yang saya rasakan selama menggunakan pakan voer BR 1 untuk ternak ulat hongkong, dan kemungkinan masih ada keuntungan lainnya yang belum saya ketahui.

“Saya menggunakan voer BR 1 untuk semua usia ulat hongkong, mulai dari ulat hongkong yang baru menetas, ulat hongkong dewasa, sampai ulat hongkong yang sudah berubah menjadi kumbang/kepik, jadi tidak perlu diganti.

Kalkulasi ternak ulat hongkong menggunakan pakan voer BR 1

Kalkulasi atau perhitungan ini berpatokan pada usaha yang saya geluti dan usaha ini sudah berjalan sekitar 2 tahun.

  • Saya memiliki sekitar 750 bok/kotak ulat hongkong,
  • Dalam satu minggu saya bisa panen dan menjual sekitar 23-25 kg ulat hongkong,
  • Harga jual ulat hongkong didaerah saya sekitar 100 ribu/kg,
  • Jadi dalam satu minggu saya mendapat pemasukan sekitar 2.300.000,
  • Dipotong biaya pakan yaitu untuk pembelian voer/pellet BR 1 dan labu siam sekitar 700 ribu,
  • Jadi pendapatan kotor dalam 1 minggu adalah 2.300.000 – 700.000 = 1.600.000.

Kalkulasi diatas sudah pasti berbeda-beda dengan daerah anda tergantung harga pakan dan harga jual ulat hongkong didaerah anda masing-masing.

Usaha ini saya jalankan sebagai usaha sampingan dan istri saya yang membantu mengelolanya, jadi saya tidak membayar pegawai dan hasilnya lumayanlah bisa untuk menambah pemasukan.

Bagi pemula atau buat yang ingin mencobanya silahkan dicoba dan bandingkan hasilnya dengan pemberian pakan yang selama ini anda gunakan, semoga hasilnya memuaskan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang makanan ulat hongkong agar cepat besar dan panen yang bisa saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat, TERIMA KASIH.

(Visited 628 times, 26 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *