Makanan Yang Baik dan Favorit Untuk Kelinci Kesayangan

Diposting pada
makanan favorit untuk kelinci

 

Untuk para pecinta kelinci (rabbit lovers), ternyata masih banyak yang bingung dan menanyakan tentang makanan apa yang baik untuk kelinci kesayangannya, karena memang yang diketahui masyarakat pada umumnya, makanan favorit kelinci adalah wortel atau sayuran segar serta rumput hijau.

Memang benar kelinci sangat menyukai wortel dan sayuran hijau, namun tahukah anda bahwa wortel atau sayuran itu sebenarnya hanya dijadikan sebagai makanan tambahan atau sekedar untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya saja.

Lalu apa makanan yang baik untuk kelinci, berikut penjelasannya:

Makanan Favorit untuk kelinci

Baca juga:

Selain dengan menjaga kebersihannya, untuk mendapatkan kelinci agar tetap sehat, anda juga harus memperhatikan makanannya, dan berikut ini adalah makanan yang cocok untuk kelinci peliharaan.

1. Hay atau rumput kering

Sebenarnya makanan utama atau makanan yang paling baik untuk kelinci adalah Hay, Hay adalah rumput yang diawetkan atau dikeringkan secara bertahap agar mendapatkan serat kasar, serta tetap menjaga kandungan gizinya agar tidak rusak.

Manfaat memberikan Hay pada kelinci

  • Rumput kering sangat baik jika diberikan pada kelinci yang tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan serat, sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada saluran pencernaan kelinci itu sendiri.
  • Rumput kering juga sangat bagus untuk kesehatan gigi kelinci karena gigi kelinci yang tumbuh terus-menerus, sehingga dengan mengunyah rumput kering maka pertumbuhan gigi tidak terlalu cepat dan tidak tajam.
  • Selain itu rumput kering juga dipercaya mampu membuat bulu-bulu kelinci menjadi halus dan tidak mudah rontok, atau Baca juga: Cara mengatasi bulu kelinci rontok parah.

2. Pellet

Selain pakan alami, pakan buatan pabrik atau pellet juga bagus untuk kelinci, karena biasanya pellet terbuat dari berbagai bahan yang memiliki kandungan nutrisi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan kelinci.

Namun sebaiknya jangan jadikan pellet sebagai pakan utama untuk kelinci kesayangan, karena selain harganya yang mahal tentu kelinci juga akan mudah bosan.

3. Sayur-sayuran

Sayuran segar merupakan salah satu makanan favorit kelinci, yaitu seperti: bayam, kangkung, wortel, daun singkong dan lainnya.

Namun tahukah anda bahwa sayuran hijau memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga apabila anda berikan secara terus-menerus, maka bisa menyebabkan kotoran kelinci menjadi encer atau mencret, baca disini: Cara mengatasi kelinci mencret.

Jadi sebelum anda memberikan sayuran hijau pada kelinci, sebaiknya sayuran dijemur terlebih dahulu agar kadar airnya berkurang dan menghilangkan kemungkinan adanya racun pada sayuran tersebut.

4. Buah-buahan

Selain sayuran hijau, kelinci juga bisa anda berikan buah-buahan, namun sebenarnya buah-buahan tidak wajib diberikan pada kelinci, karena buah-buahan sifatnya hanya sebagai cemilan saja.

Kesimpulan: “Itulah beberapa makanan favorit atau makanan yang baik untuk kelinci kesayangan, dengan catatan: berikanlah makanan tersebut diatas secara bergantian, agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dan kelinci tidak bosan, sehingga kelinci tetap sehat.

Jangan lupa sediakan juga air minumnya, walaupun makanan yang anda berikan sudah memiliki kandungan air yang cukup tinggi, dan kelinci termasuk hewan yang sedikit membutuhkan air, namun kelinci tetap memerlukan air minum.

Itulah sedikit pengetahuan tentang makanan favorit untuk kelinci yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa like Fanspage FB Budidayaternak.id, untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami, TERIMA KASIH.

(Visited 4.404 times, 29 visits today)

One thought on “Makanan Yang Baik dan Favorit Untuk Kelinci Kesayangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *