Nah Ini Dia: Makanan Yang Baik Untuk Diberikan Pada Burung Merpati

Diposting pada
makanan burung merpati


Burung merpati sering digunakan sebagai lambang kasih sayang, karena walaupun ia terbang jauh tinggi pasti ia akan kembali lagi atau ingat jalan pulang.

Burung merpati juga sering dimanfaatkan sebagai burung merpati balap, burung merpati kolong, burung merpati hias, dan burung merpati potong, Baca disini: Cara ternak merpati potong.

Lalu apa saja makanan yang baik untuk merpati, mari kita simak!.

Makanan burung merpati

Baca juga: Cara membuat kandang ternak merpati

Bagi para pecinta merpati, inilah beberapa makanan yang bisa anda berikan pada burung merpati peliharaan yaitu:

1. Jagung

Makanan yang umum diberikan pada burung merpati adalah jagung, alasanya karena jagung sangat mudah kita dapatkan dipasaran dan harganya juga terjangkau.

Cara memberikan jagung pada burung merpati tidak perlu digiling, cukup berikan secara utuh begitu saja, dan pemberiannya cukup 2 kali sehari.

2. Gabah atau padi

Gabah atau padi juga menjadi makanan yang paling disukai burung merpati, buktinya adalah jika kita lihat di pedesaan, banyak sekali burung merpati disawah memakan sisa-sisa padi yang jatuh ditanah.

Namun jika anda tinggal diperkotaan tentu akan sulit untuk mendapatkannya, kalaupun ada tentu harganya lumayan mahal, jadi lebih baik pilih alternative lain.

3. Kacang-kacangan

Selain jagung dan padi, ternyata merpati juga suka makan kacang-kacangan yaitu seperti: kacang hijau, kacang tanah dan lainnya.

Namun kacang-kacangan sebenarnya bukan merupakan makanan utama untuk merpati, atau hanya sebagai makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan protein dan nutrisi lainnya, jadi sifatnya tidak wajib, tetapi jika anda ingin memberikannya cukup 3-4 butir saja perhari.

4. Batu kerikil atau pasir

Hah!… masa burung merpati dikasih makan batu kerikil?..
Ya memang benar, karena burung merpati sangat membutuhkan batu kerikil atau pasir tersebut yang gunanya adalah untuk membantu pencernaannya, sebab merpati tidak punya gigi dan makanan yang dimakannya cukup keras.

Jadi biasanya batu kerikil akan disimpan pada temboloknya kemudian digunakan untuk membantu menghancurkan makanan-makanan tersebut.

Tambahan

Makanan tersebut diatas bisa anda berikan pada merpati yang masih anakan sampai merpati yang sudah dewasa, jadi tidak ada perbedaan.

“Sebagai tambahan yaitu apabila merpati sudah mulai produksi atau bertelur, anda juga bisa memberikan makanan tambahan yang mengandung kalsium yaitu seperti: cangkang telur atau tulang sotong.

Karena dengan asupan kalsium yang cukup dapat membantu terbentuknya cangkang telur yang kuat (tidak rapuh, lembek atau tipis), selain itu asupan kalsium juga diperlukan untuk proses pembentukan tulang merpati pada masa pertumbuhan guna terciptanya tulang yg kokoh dan kuat.

Itulah sedikit pengalaman saya tentang makanan yang baik untuk merpati yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa like Fanspage FB BudidayaTernak.Id untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami TERIMA KASIH.

(Visited 1.342 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *