Catlovers Wajib Tahu Penyebab dan Bahayanya Kucing Makan Tikus

Diposting pada

kucing makan tikus


Mungkin para catlovers sering melihat kucing yang lucu sedang mengejar tikus atau bahkan memakannya, tahukah anda, apa akibatnya jika itu sampai terjadi pada kucing kesayangan anda?. Bahaya looh…!

Sebelum anda memelihara kucing perlu anda ketahui terlebih dahulu, makanan yang terbaik dan yang tidak boleh diberikan untuk kucing kesayangan, pada artikel saya sebelumnya.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Bahaya apabila kucing makan tikus

a.) Tikus mati karena racun

Banyak cara yang dilakukan masyarakat atau orang sekitar tempat tinggal kita untuk membasmi tikus, salah satunya adalah dengan menggunakan racun tikus.

Jika tikus yang mati karena racun dan dimakan oleh kucing kesayangan, maka bisa saja kucing anda juga mati karena racun tersebut.

b.) Kucing Tertular Bakteri atau Virus

Apabila kucing anda suka makan tikus, bahaya yang bisa terjadi adalah kemungkinan tikus terserang bakteri atau virus, salah satunya adalah virus toksoplasma yang bisa menular pada kucing kesayangan anda.

Dan virus toksoplasma sendiri juga sangat bahaya bagi manusia apalagi wanita, yaitu bisa menyebabkan kemandulan, ganguan pada janin, cacat pada bayi saat lahir dan masih banyak lagi.

“Jadi sebaiknya jangan biarkan kucing yang anda pelihara bermain-main sama tikus, apalagi memakannya, agar kemungkinan-kemungkinan diatas tidak terjadi pada kucing anda.

Penyebab kenapa kucing suka makan tikus

Setelah anda mengetahui bahayanya kucing makan tikus, lalu apa yang menyebabkan kucing makan tikus adalah sebagai berikut:

1. Kucing lapar

Kucing yang kelaparan akan memakan apa saja yang ada disekitarnya seperti; tikus, anak ayam, burung, cicak, dan yang lainnya.

Jadi jangan biarkan kucing anda sampai kelaparan agar tidak makan yang sembarangan dan kucing tetap sehat.

2. Karakter si kucing (Kebiasaan dari kecil)

Penyebab lain kucing suka makan tikus adalah karena sudah karakter kucing sebagai hewan karnivora obligat, yaitu sejak kucing baru berumur 6 minggu sudah diajarkan oleh induknya cara berburu.

Maka dari itu kucing akan memakan daging tikus tersebut, untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya seperti taurine, cara untuk mengatasi agar kucing tidak makan tikus adalah dengan memberikan makanan kucing yang banyak mengandung taurine agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

3. Kurangnya perhatian

Banyak para catlovers musiman yang hanya menyukai kucing sesaat, setelah bosan kucing dibiarkan dan tidak diperhatikan atau tidak dirawat lagi, sehingga kucing berkeliaran dan makan sembarangan.

Bahkan ada yang suka membuangnya didekat pembuangan sampah ataupun dipasar, saran saya sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu sebelum memelihara kucing, atau jika sudah bosan ada baiknya jika suruh mengadopsi orang lain yang lebih menyayanginya.

Itulah bahaya kucing makan tikus dan penyebabnya, serta cara mengatasi agar kucing tidak makan tikus yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Kesimpulan: Rawatlah si mpus dengan baik dan benar serta sayangilah mereka agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, buat diri sendiri dan orang disekitar anda. TERIMA KASIH.

(Visited 982 times, 6 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *