Kucing Makan Rumput!!!. Memang Aneh, Inilah Alasan dan Tujuannya

Diposting pada

kucing makan rumput

Dulu saya sendiri suka heran jika melihat kucing makan rumput dan saya merasa itu aneh, karena pada dasarnya kucing adalah termasuk hewan carnivora (pemakan daging), bukan seperti kelinci yang termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan).

Tapi setelah saya mengetahui alasan dan tujuan kucing makan rumput, saya menganggapnya itu adalah hal yang wajar dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, berikut ini adalah beberapa alasan kucing makan rumput dan tujuannya.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Tujuan kucing makan rumput

Beberapa alasan dan fakta yang menyebabkan kucing makan rumput adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengeluarkan bulu yang tertelan

Kucing merupakan hewan yang aktif, salah satu hal yang sering dilakukannya adalah membersihkan badannya yaitu dengan menjilati bulunya.

Hal tersebut tanpa disadari terkadang membuat bulunya tertelan, sedikit demi sedikit dan lama-kelamaan bulu yang tertelan menjadi banyak, sehingga dapat menganggu system pencernaannya, karena bulu merupakan benda yang tidak dapat dicerna oleh lambung.

Oleh sebab itu salah satu cara untuk mengeluarkan bulu yang tertelan adalah dengan cara memakan rumput kemudian memuntahkannya lagi bersama bulu yang tertelan.

  1. Untuk mengeluarkan makanan yang tidak dapat dicerna

Alasannya hampir sama dengan point ke satu yaitu untuk mengeluarkan makanan yang tidak dapat dicerna oleh lambung, karena tidak semua makanan dapat dicerna dengan baik.

Sehingga jika terjadi hal yang demikian, salah satu cara untuk mengeluarkan makanan yang tidak dapat dicerna adalah dengan memakan rumput, kemudian memuntahkannya lagi bersama makanan yang tidak dapat dicerna tersebut.

  1. Untuk mengeluarkan cacing yang ada dilambung

Ternyata tidak hanya manusia yang bisa terserang cacingan, kucing pun bisa terserang cacingan, bahkan cacing yang menyerang kucing lebih parasite dan ukurannya juga lebih besar dan panjang.

Cacing yang menyerang kucing biasanya memiliki ukuran panjangnya sekitar 8 cm, dengan diameter sekitar 1-1,5 mm, berbentuk silinder dengan kedua ujung lancip dan berwarna putih.

Salah satu cara untuk mengeluarkannya adalah dengan memakan rumput dan kemudian memuntahkannya bersama cacing tersebut, namun terkadang cacing juga dapat keluarkan bersama kotoran kucing (feses).

Kesimpulan “Berdasarkan uraian tersebut di atas sudah jelas dapat disimpulkan bahwa tujuan dan alasan kucing makan rumput adalah untuk mengeluarkan sesuatu yang terdapat dilambung atau yang tidak dapat dicerna oleh lambung, karena dapat mengganggu system pencernaannya.

Jadi bagi anda yang memelihara kucing dan apabila anda melihat kucing tersebut makan rumput, lebih baik biarkan saja, karena hal tersebut tidak berbahaya dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, sebab rumput yang dimakan akan dimuntahkan lagi bersama sesuatu yang dirasa mengganggunya dilambung.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang alasan mengapa kucing makan rumput yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan TERIMA KASIH.

(Visited 681 times, 3 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *