Inilah Jawabannya!!! – Apakah Kucing Boleh Dikasih Makan Nasi?

Diposting pada

kucing makan nasi


Karena banyaknya pertanyaan yang sering muncul dibeberapa forum, bahkan terkadang menjadikan perdebatan, sehingga menginspirasi saya untuk membuat artikel ini.

Pertanyaan yang biasa muncul adalah seperti ini:
Bolehkah kucing makan nasi?… atau
Apakah boleh kucing dikasih makan nasi?…

Kemudian ada yang menjawab “Boleh” dan ada yang menjawab “Tidak Boleh”, lalu mana jawaban yang benar?.

Kalau menurut saya semua jawaban tersebut BENAR!,

Lho kok bisa,,, kenapa?…

Ini alasannya:

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

1. Kenapa kucing boleh makan nasi

a.) Kucing sudah terbiasa makan nasi

Kucing boleh dikasih makan nasi apabila kucing sudah terbiasa makan nasi.

Tapi…!! Ada yang bilang kalau kucing makan nasi nanti bisa mengalami gangguan pencernaan!!!.

Oke saya jelaskan,

Saya ambil contoh pada seseorang yang sudah terbiasa makan makanan pedas, apakah dia sakit perut, pasti jawaban tidak, sama halnya dengan kucing.

Apabila kucing sudah biasa dikasih makan nasi tentu tidak menjadi masalah, karena system pencernaannya sudah terbiasa mencerna makanan tersebut.

Malahan biasanya kucing akan terus meong-meong jika belum dikasih makan nasi, Karena masih terasa lapar.

b.) Karena factor ekonomi

Pecinta kucing di Negara kita tercinta ini tidak hanya dari kalangan menengah keatas, tapi banyak juga dari kalangan menengah kebawah, itulah alasan yang membolehkan kucing diberi makan nasi.

Karena menurut pengalaman pribadi yang pernah saya alami, yaitu waktu itu saya masih dikampung dan memelihara kucing.

Dan kucing hanya saya kasih makan seadanya, yaitu nasi saya campur dengan sedikit lauk seperti ikan/ayam, itupun kalau ada, tapi kucing saya tetap sehat, gemuk, dan lincah, meskipun hanya kucing kampung sih.

Baca juga:

2. Kenapa kucing tidak boleh dikasih makan nasi

a.) Kucing termasuk hewan karnivora (pemakan daging)

Karena kucing termasuk hewan karnivora dan makanan utamanya adalah daging, selain itu sebenarnya kucing memiliki organ pencernaan yang berbeda dengan manusia.

Yaitu organ pencernaannya didesain khusus untuk mencerna bahan-bahan seperti ayam, ikan dan daging, yang banyak mengandung protein dan asam amino untuk diolah sebagai sumber energy.

b.) Nasi memiliki kandungan glukosa dan karbohidrat yang tinggi

Alasan kenapa kucing tidak boleh dikasih makan nasi yang lain adalah, nasi mengandung glukosa dan karbohidrat yang tinggi dan bisa menyebabkan kucing mengalami obesitas/kegemukan.

c.) Kelebihan konsumsi nasi bisa menyebabkan ganguan pencernaan

Apabila kucing kebanyakan mengkonsumsi nasi, kucing bisa mengalami ganguan pencernaan seperti mencret/diare, karena nasi mengandung karbohidrat yang tinggi yang tidak bisa dicerna secara keseluruhan oleh bakteri pada lambung.

Sehingga saluran cerna terganggu dan menyebabkan mencret/diare, bahkan bisa menimbulkan bau tak sedap pada fasesnya yang disebabkan kelebihan zat asam.

Kelebihan karbohidrat juga bisa miningkatkan fermentasi bakteri yang dapat menimbulkan gas dan menyebabkan kucing kembung.

KESIMPULAN: “Boleh saja kucing dikasih makan nasi, tetapi jangan kebanyakan dan berikanlah secara bergantian agar lebih bervariasi dan kucing tidak bosan.

Tetapi apabila selama diberi makan nasi terjadi perubahan seperti kegemukan atau fasesnya tidak normal, sebaiknya segera hentikan pemberian nasi karena ditakutkan kucing mengalami gangguan pencernaan.

Bonus:

Cara membiasakan kucing makan nasi

Cara ini bisa di aplikasikan untuk semua jenis kucing yakni kucing kampung, kucing anggora, kucing Persia, ataupun kucing jenis lainnya.

Jika kucing anda tidak terbiasa makan nasi dan ingin mengajarkan agar kucing mau makan nasi, supaya lebih bervariasi dan kucing tidak bosan dengan makanan yang ada.

Caranya adalah suwir-suwir ikan, ayam, atau daging, lalu campur dengan sedikit nasi secara merata, kemudian berikan pada kucing kesayangan anda, secara otomatis kucing akan melahap makanan tersebut.

Itulah beberapa alasan kenapa kucing boleh makan nasi atau tidak boleh makan nasi yang bisa sampaikan, semoga bermanfaat. TERIMA KASIH.

(Visited 6.307 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *