Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Beternak Ayam Kampung

Diposting pada

Bagi anda yang hendak memulai usaha beternak ayam khususnya ayam kampung, didalam artikel ini anda akan mendapatkan informasi penting tentang apa saja kelebihan dan kekurangan menjalankan budidaya ternak ayam kampung.

Beternak ayam kampung merupakan salahsatu unit usaha yang masih menyimpan potensi yang besar, hal itu disebabkan oleh tingginya permintaan pasar dan kecenderungan masyarakat Indonesia yang memang gemar makan daging ayam.

Tak jarang juga kisah sukses yang sering kita dengar dari peternak yang berhasil membudidayakan ayam kampung baik yang bersekala besar maupun yang masih bersekala kecil atau usaha rumahan.

Salahsatu alasan mengapa memilih ayam kampung untuk di jadikan unit usaha tambahan adalah modal usaha yang relatif kecil dan pemeliharaannya juga lebih mudah dibandingkan dengan ayam broiler.

Selain itu biasanya lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit yang menyerang ayam kampung dan jika terkena penyakit lebih mudah penanganannya.

Sebelum mulai budidaya ayam kampung, ada baiknya anda mengetahui kelebihan dan kekurangan beternak ayam kampung sebagai referensi dan juga motivasi.

Ayam kampung

Kelebihan ayam kampung

Peluang usaha beternak ayam kampung cukup prospektif dibanding beternak jenis unggas lainnya. Ternak ayam kampung memiliki kelebihan antara lain

  • Daging ayam lebih enak dan gurih

Daging ayam kampung memiliki citarasa yang lebih enak dan gurih dibanding daging ayam broiler. Tak heran jika penggemar ayam kampung lebih banyak dari hari ke hari.

  • Lebih tahan penyakit

Ayam kampung relative lebih tahan dari serangan penyakit sehingga peluang kematiannya sedikit. Sehingga peternak ayam kampung bisa memanen ayamnya dengan jumlah yang lebih besar.

  • Harga jual tinggi

Harga jual ayam kampung relatif lebih tinggi dibanding ayam broiler. Hal ini disebabkan karena masa panen ayam kampung lebih lama dan juga citarasa dagingnya lebih enak dan gurih.

  • Kesehatan lebih baik

Tingkat kesehatan ayam kampung lebih baik dibanding ayam broiler. Tak heran jika penggemar daging ayam kampung terus naik. Daging ayam kampung juga memiliki kandungan gizi yang baik dan lemak yang lebih rendah sehingga aman dikonsumsi

  • Pakan ayam lebih mudah

Pakan ayam, kampung terbilang murah karena selain bisa mencari makan sendiri, ayam ini memakan semua jenis panganan mulai dari dedaunan, nasi sisa, bekatul, dan sebagainya.

  • Tidak membutuhkan lahan yang luas

Lahan yang tidak begitu luas tidak masalah untuk beternak ayam kampung. Yang perlu diperhatikan adalah kandang harus selalu bersih karena jika kandang bersih, ayam juga akan sehat. Usahakan bersihkan kandang minimal seminggu sekali mulai dari tempat makan dan minum, tempat tidur, dan lainnya.

  • Telur banyak khasiat

Banyak peternak ayam kampung yang tidak manfaatkan dagingnya tetapi telurnya. Karena telur ayam kampung dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Telur ayam kampung berhasiat

Kekurangan beternak ayam kampung

setiap menjalankan usaha ternak unggas khususnya ayam, pastinya ada sisi ke kelemahan dan kekurangannya, diantara kekurangan beternak ayam kampung adalah sebagai berikut:

  • Bau kotoran

Semua binatang ternak pasti menimbulkan bau kotoran. Itu memang resiko ternak. Bahkan bukan hanya ternak unggas saja tetapi ternak lainnya pasti akan bau kotoranya, jadi sering-seringlah membersihkan kotoran untuk mengurangi bau yang tidak sedap. Jika tidak ingin kotoran menimbulkan bau begitu menyengat sebaiknya hadapkan kandang ternak ke timur agar terkena sinar matahari yang akan mengeringkan tanah dan mengurangi bau kotoran ayam.

  • Berisik

Ayam kampung merupakan unggas yang berisik terutama saat mereka bertelur. Mereka akan terus berkokok sampai menemuka posisi aman. Ayam kampung betina juga sering berkelahi dengan betina lainnya saat bertelur.

  • Gesit dan liar

Ayam kampung memiliki karakter liar dan gesit, berbeda dengan ayam Bangkok yang pendiam. Ayam kampung lebih agresif sehingga saat keluar kandang susah dicari atau di pegang . jika ingin menjualnya sebaiknya ayam ditangkap saat malam atau pagi sebelum subuh.

  • Waktu pemeliharaan

Ayam kampung membutuhkan waktu pemeliharaan yang lama dibanding ayam Bangkok. Hal ini berkaitan dengan pakannya. Jika pakan ayam bagus seperti voer, pemeliharaan ayam lebih cepat dibanding menggunakan pakan biasa.

Bagaimana? Tertarik memelihara ayam kampung? Semoga artikel mengenai kelebihan dan kekurangan ternak ayam kampung bisa menjadi referensi Anda saat berencana beternak ayam kampung..

(Visited 5 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *