Terobosan Baru! Membuat Kandang Ayam Diatas Kolam Ikan

Diposting pada

Hallo sahabat setia budidayaternak, gimana kabarnya?.
Semoga tetap sehat dan sukses selalu!.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang hal-hal yang yang harus diperhatikan serta kelebihan dan kekurangan membuat kandang ayam diatas kolam ikan, yuk kita bahas bersama.!

Kandang Ayam Diatas Kolam Ikan

Di era yang semakin maju seperti saat ini, tentu semakin banyak orang-orang yang cerdas dan kreatif, yaitu membuat inovasi atau terobosan baru, seperti memanfaatkan lahan yang sempit untuk membudidayakan beberapa hewan ternak, salah satu contohnya adalah membuat kandang ayam diatas kolam ikan.

Beternak ayam sekaligus ikan, dengan tujuan menggunakan lahan seoptimal mungkin sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Memelihara ayam memang memerlukan ketelatenan dan juga kesabaran, seperti memberikan makan tepat waktu dan menjaga kandang agar tetap bersih sehingga tidak mudah terjangkit penyakit.

Memelihara ayam bersama dengan ikan sudah mulai banyak dilakukan oleh para peternak yang ada di Indonesia, akan tetapi tentunya ada keuntungan serta hambatan dalam menjalankan usaha tersebut.

Selain anda harus benar-benar memahami cara dalam menjalankan ternak ayam diatas kolam ikan, berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kelemahan memelihara ayam diatas kolam Ikan :

Kelebihan kandang ayam diatas kolam ikan

Memelihara ayam diatas kolam ikan lebih dikenal dengan istilah “mina ayam”, yang memiliki beberapa keuntungan diantaranya:

  • Keuntungan dari mina ayam adalah bisa menghemat lahan,
  • Menekan biaya pakan ikan dengan memanfaatkan kotoran ayam,
  • Mengurangi bau yang timbul dari Kotoran ayam.

Kelemahan kandang ayam diatas kolam ikan

Membuat kandang ayam diatas kolam ikan ternyata juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya :

  • Kemungkinan terjadinya dampak kurang baik bagi ayam ternak, sebab kandang yang ada diatas air mempunyai kelembaban yang tinggi yang dapat mempengaruhi kesehatan ayam,
  • Dapat mengganggu sistem pernafasan yang bisa membuat ayam sakit dan terganggu kesehatannya,
  • Selain itu juga banyaknya nyamuk yang dapat membahayakan ayam ternak.

Cara yang benar membuat kandang ayam diatas kolam

Setelah kita mengetahui keuntungan dan kelemahan ternak ayam diatas air, untuk selanjutnya adalah mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Buatlah kandang ayam diatas salah satu pematang dari kolam ikan atau diatas permukaan kolam, agar sisa makanan ataupun kotoran ayam jatuh ke kolam ikan.
  2. Buatlah kandang ayam menggunakan sistem Baterai yang dibuat memanjang diatas kolam.
  3. Pondasi dari kandang ayam harus kuat karena berada diatas permukaan air, bisa menggunakan semen cor atau tembok.
  4. Kandang ayam sebaiknya tidak menutupi seluruh permukaan kolam karena dapat menghalangi sinar matahari yang masuk ke kolam ikan, terhalangnya sinar matahari akan menghambat proses fotosintesis dan membuat suhu air menjadi rendah, apabila suhu air rendah maka dapat menimbulkan penyakit yang dapat membahayakan ikan-ikan itu sendiri.
  5. Perhatikan juga jarak antara permukaan air dengan kandang ayam, jarak minimal yang baik yaitu sekitar 80 cm, agar kelembaban kandang tetap terjaga.
  6. Jumlah populasi ikan dan ayam juga harus anda perhatikan atau harus seimbang, sebab apabila jumlah populasi ayam terlalu banyak, bisa menyebabkan kematian pada ikan dikarenakan sisa makanan dan kotoran ayam tidak habis dimakan ikan.

Itulah sedikit pembahasan tentang kandang ayam diatas kolam ikan yang mungkin bisa menambah wawasan, dan jika anda tertarik untuk mengaplikasikanya, ada baiknya jika anda menggali lagi informasi yang lebih banyak, untuk mengurangi resiko kegagalan.

Sekian dulu untuk pembahasan kali ini dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda agar bisa bermanfaat buat orang lain terima kasih.

(Visited 435 times, 26 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *