Jenis Makanan Yang Terbaik dan Yang Harus Dihindari Untuk Kucing

Diposting pada

makanan kucing murah

Salah satu hal terpenting dalam memelihara kucing adalah selalu memperhatikan makanannya, agar kucing tetap sehat dan terhindar dari ganguan penyakit.

Hanya makanan yang berkualitaslah yang dapat membuat kucing selalu sehat.

Lalu makanan apa saja yang bisa diberikan dan yang seharusnya dihindari untuk kucing kesayangan?…

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Makanan yang dapat diberikan untuk kucing

Ada dua macam makanan yang bisa diberikan untuk kucing, yaitu makanan buatan pabrik/komersial dan makanan buatan sendiri.

Mari kita bahas satu persatu:

1. Makanan kering (Dry food)

Makanan kering adalah makanan buatan pabrik, yang dibuat dengan cara mencampurkan beberapa bahan makanan, dan kemudian di oven dengan suhu tinggi.

Kelebihan makanan kering adalah harganya jauh lebih murah dibanding dengan makanan jenis lain, makanan kering juga bagus untuk kesehatan gigi, makanan kering tidak mudah rusak dan dapat bertahan untuk beberapa hari, walaupun dibiarkan berada dalam mangkok tempat makan.

Makanan kering juga bisa ditambahkan bahan lain seperti lemak makanan dengan cara disemprotkan, namun makanan kering yang disemprot lemak, dapat menyebabkan makanan menjadi tengik.

2.  Makanan basah (Wet food)

Makanan basah adalah makanan yang terbuat dari daging giling kemudian disterelisasi, dan dikemas dalam kaleng, namun ada juga yang dikemas dalam bentuk saset.

Makanan basah mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kucing, namun kurang bagus untuk kesehatan gigi, makanan basah juga tidak bisa bertahan lama karena mudah membusuk.

3. Makanan vegetarian (Vegetarian food)

Makanan vegetarian disediakan khusus untuk kucing vegetarian yang tidak mengkonsumsi makanan dari makhluk hidup, makanan vegetarian juga dilengkapi dengan berbagai nutrisi yang dibutuhkan kucing.

4. Makanan buatan sendiri (Home made food)

Selain makanan buatan pabrik atau makanan komersial, para catlovers juga banyak yang memberikan makanan buatan sendiri yaitu seperti: daging, ikan, ayam, tulang, nasi, tempe, sayuran ataupun yang lainnya.

Keunggulan makanan buatan sendiri adalah terbuat dari bahan yang masih segar (fresh), tetapi juga memiliki kelemahan yaitu kandungan nutrisinya tidak dapat terkontol.

Makanan yang sebaiknya jangan diberikan pada kucing kesayangan

“Meskipun kucing merupakan hewan karnivora, tetapi saya sarankan sebaiknya hindari pemberian makanan mentah atau makanan yang disajikan tanpa dimasak yaitu seperti daging, ikan, ayam, tikus dan yang lainnya.

Karena makanan yang tidak dimasak dapat menyebabkan resiko terkontaminasi bakteri parasit seperti “Toxoplasma” dan “cacing Taenia”.

Selain itu, makanan yang masih mentah juga mengajarkan insting pada kucing untuk menggigit, mencakar dan mengoyak, layaknya kucing kampung yang liar.

Maka dari itu, sebelum makanan diberikan pada kucing, sebaiknya makanan tersebut dimasak terlebih dahulu, agar kemungkinan bakteri/virus yang ada pada makanan tersebut mati.

Demikianlah pembahasan tentang makanan terbaik untuk kucing peliharaan yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat, dan jangan lupa like and share artikel ini agar bermanfaat juga buat orang lain. TERIMA KASIH.

(Visited 479 times, 4 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *