TAHU GAK SIH,, Fakta Tentang Perilaku Aneh yang Unik dan Menarik pada Kucing?

Diposting pada

fakta unik tentang kucing


Sahabat catlovers tentu sering melihat perilaku aneh yang dilakukan kucing, baik itu kucing kampung/kucing liar dan kucing rumahan/kucing peliharaan yang kadang membuat kita tertawa serta penasaran kenapa kucing melakukannya.

Banyak sekali para peneliti dari dalam ataupun luar negeri yang melakukan penelitian untuk mengetahui fakta tentang misteri atau kebiasaan-kebiasaan unik yang dilakukan kucing.

Disini saya mencoba mengumpulkan beberapa informasi tentang keunikan-keunikan yang ada pada kucing.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

DAFTAR ISI

  • Fakta unik dan menarik tentang memelihara kucing

  1. Kucing sering kaget atau berlari-lari sendiri
  2. Kucing sering menjatuhkan barang dari meja
  3. Kucing tiba-tiba menggigit atau mencakar orang yang membelainya
  4. Kucing berlari setelah buang air besar
  5. Kucing suka menggigit kabel atau plastik
  6. Mata kucing menyala pada kegelapan
  7. Kucing merupakan hewan yang sensitif
  8. Kucing suka menggosokkan badannya pada kaki
  9. Kucing memiliki tubuh yang lentur
  10. Kucing memakan rumput
  • Pesan

Fakta unik dan menarik tentang kucing

1. Kucing sering kaget atau berlari-lari sendiri

Terkadang para catlovers sering iseng yaitu dengan membuat kucing kaget, dan biasanya kucing langsung berlari, sehingga membuat anda tertawa dan menjadi hiburan tersendiri karena terlihat lucu, hal itu sebenarnya adalah salah satu cara sikucing untuk menghindar dari binatang predator.

Dan yang lebih unik lagi adalah saat kita melihat kucing berlari-lari sendiri tak jelas dan seakan-akan ketakutan, itu biasanya dikarenakan kucing tidak ada aktifitas dan merasa jenuh, sehingga kucing melampiaskan kekesalannya dengan berlari-lari sendiri, namun sebenarnya kucing tidak benar-benar ketakutan.

2. Kucing sering menjatuhkan barang dari meja

Kucing memang termasuk binatang yang ceroboh, namun terkadang dia menjatuhkan barang-barang dari meja, tujuannya adalah untuk mencari perhatian si pemilik, atau bahkan menganggap barang-barang tersebut adalah mainan.

3. Kucing tiba-tiba menggigit atau mencakar orang yang membelainya

fakta unik tentang kucing

Baca juga:

Menurut pakar kucing Arden moore, mengapa kucing tiba-tiba menggigit atau mencakar orang yang membelainya?…

Itu adalah sebagai tanda bahwa sikucing tidak mau dibelai lagi, tapi sebelum menggigit atau mencakar, biasanya kucing memberi tanda dengan mengibaskan ekornya, menaikkan telinga, serta mengencangkan ototnya.

Kebanyakan kucing menggigit karena tidak suka dibelai daerah perut dan bagian dekat ekor, tetapi kucing lebih suka dibelai pada bagian kepalanya.

4. Kucing berlari setelah buang air besar

Apa yang kamu rasakan setelah buang air besar?…

Pada buku “What’s Your Poo Telling You”, yang ditulis oleh Dr. anish sheth, disimpulkan bahwa perilaku unik ini adalah sebagai ekspresi kelegaan atau kegembiraan setelah buang air besar seperti yang terjadi pada manusia.

Ada juga yang menyimpulkan bahwa kucing berlari setelah buang air besar, karena ingin cepat-cepat meninggalkan kotorannya sebelum tercium binatang predator lain.

5. Kucing suka menggigit kabel atau plastik

Perilaku aneh lainnya yang sering kita temui adalah kucing suka menggigit kabel atau plastik, perilaku ini diperkiran kucing mempunyai kelainan pica, dan sebaiknya dicegah agar tidak menjadi kebiasaan.

Cara mencegahnya adalah dengan mengolesi sedikit minyak pada kabel atau plastik yang sering digigit, karena kucing tidak suka sesuatu yang berminyak, tapi jika kucing masih tetap terus menggigitinya sebaiknya segera bawa kedokter untuk mengatasinya.

6. Mata kucing menyala pada kegelapan

Mata kucing yang menyala pada kegelapan dikarenakan mata kucing memiliki lapisan pemantul cahaya yang dinamakan “Tapetum Lucidum”, lapisan ini dapat menyerap cahaya 6 kali lipat lebih kuat daripada mata manusia, sehingga kucing tetap dapat melihat jelas walaupun hanya ada sedikit cahaya.

Tapi kucing tetap tidak bisa melihat pada kegelapan yang tidak ada cahaya sama sekali, karena tidak ada cahaya yang dapat dia serap oleh matanya.

7. Kucing merupakan hewan yang sensitif

Kucing memiliki indera penciuman yang sensitif yaitu 20-80 juta sel ocfactory, jika dibanding manusia yang hanya memiliki indera penciuman sekitar 5-20 juta olfactory saja.

Itu yang menjadi alasan mengapa kucing tidak mau membuang kotoran di tempat kotak yang kotor, dan kucing juga akan selalu mengubur kotorannya agar baunya tidak tercium.

Selain itu menurut penelitian kucing juga mampu membaca ekspresi wajah pemiliknya, sehingga kucing dapat mengetahui jika pemiliknya sedang marah atau tidak.

8. Kucing suka menggosokkan badannya pada kaki

Perilaku unik ini biasanya adalah sebagai cara kucing untuk menandai bahwa anda adalah majikannya dengan bau badan kucing itu sendiri.

9. Kucing memiliki tubuh yang lentur

Fakta unik lainnya adalah kucing mempunyai tubuh yang lentur yaitu mampu memutar kakinya kesegala arah, bahkan tubuhnya juga bisa bergerak berlawanan arah.

10. Kucing memakan rumput

Apakah para catlovers pernah melihat kucing makan rumput?….

Jika iya, hal tersebut adalah bertujuan untuk memperbaiki system pencernaannya serta membantu mengeluarkan rambut yang menumpuk pada lambung yang biasanya tertelan saat membersihkan badannya.

Penting: Banyak kabar yang beredar dimasyarakat bahwa kucing dapat menularkan penyakit tokso, asma, alergi, atau radang kulit, bahkan ada yang menganggap bahwa kucing dapat menyebabkan kemandulan, keguguran, dan cacat bayi saat lahir. Maka dari itu sebaiknya rawatlah kucing dengan sebaik mungkin agar kemungkinan-kemungkinan tersebut dapat kita hindari.

Itulah beberapa fakta unik dibalik kucing yang bisa saya sampaikan, semoga dapat menambah pengetahuan tentang kucing dan membuat anda makin sayang pada kucing yang ada disekitar anda.

Jika informasi ini bermanfaat, tolong bantu share agar bermanfaat juga buat yang lain. TERIMA KASIH.

(Visited 900 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *