Kelinci Flemist Giant – Ciri-ciri dan Tips Rahasia Merawat Kelinci Flemist Giant

Diposting pada

ciri-ciri kelinci flemist giant


Kelinci flemist giant adalah jenis kelinci yang berasal dari flanders yang masih merupakan salah satu wilayah di Negara belgia, pertama kali kelinci flemist giant dibudidaya untuk dimanfaatkan daging dan bulunya, karena memang memiliki ukuran tubuh yang besar.

Sampai saat ini jenis kelinci flemist giant masih populer bahkan sampai di Indonesia, dan paling banyak digemari oleh para peternak kelinci pedaging karena memiliki kualitas daging dan bulu yang melimpah.

Selain diternak untuk dimanfaatkan daging dan bulunya, ternyata kelinci flemist giant juga banyak dijadikan sebagai kelinci hias karena memiliki karakter yang jinak serta banyak disukai anak-anak.

Bagi anda yang ingin memelihara atau membudidaya kelinci jenis ini, namun tidak tahu cara untuk membedakan dengan kelinci jenis lainnya, dapat melihat ciri-cirinya sebagai berikut:

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Ciri-ciri kelinci Flemist Giant

Sebenarnya kelinci flemist giant yang kebanyakan kita temui saat ini adalah jenis ras hasil persilangan, dan ukurannya sudah tidak sebesar dari ras aslinya, karena sekarang ini cukup sulit untuk menemukan ras flemist giant yang asli.

  • Kelinci flemist giant yang sudah dewasa mempunyai ukuran tubuh yang panjang yaitu sekitar 50 cm.
  • Kelinci flemist giant juga memilki bentuk kepala yang agak lebar, dengan telinga yang panjang dan tebal berdiri keatas, serta kakinya terlihat kokoh dan besar.
  • Sedangkan untuk warna bulu kelinci flemist giant cukup bervariasi yaitu hitam, putih, abu-abu terang, abu-abu gelap, serta kuning kecoklatan, dan hanya memilki satu warna saja, atau tidak ada kombinasi warna lain.
  • Untuk kelinci flemist giant dewasa rata-rata mempunyai berat badan sekitar 6,5-15 kg, bahkan terkadang ada yang bisa mencapai bobot 20 kg.
  • Kelinci jenis ini sudah bisa dikatakan dewasa atau memasuki usia produksi yaitu saat sudah mencapai umur 10-12 bulan.

Penting untuk diketahui: Banyak kasus yang sering ditemui oleh para pecinta kelinci flemist giant, yaitu cedera pada pergelangan kakinya karena tidak mampu menompang berat tubuhnya yang besar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memelihara atau merawat kelinci flemist giant yaitu:

Tips pemeliharaan dan perawatan kesehatan kelinci flemist giant

  1. Selalu perhatikan kebersihan kandang serta kondisi lingkungan yang nyaman dan tenang agar kelinci tidak stress,
  2. Pemberian pakan harus tepat waktu, yaitu pagi, siang, dan malam, selain memberi pakan utamanya “rumput dan sayuran”, anda juga harus memberikan pakan tambahan berupa pellet khusus kelinci, untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.
  3. Berikan air minum secukupnya atau jangan berlebihan, karena jika kebanyakan air dapat menggangu kesehatannya, seperti mencret, atau bulu rontok.

Dibeberapa daerah kelinci jenis flemist giant mempunyai harga jual yang cukup mahal yaitu:

  • Harga kelinci flemist giant dewasa/produktif bisa mencapai 1,5 juta sampai 2,5 juta per ekor.
  • Sedangkan untuk harga kelinci flemist giant super bisa mencapai 10 jutaan per ekor.

Sungguh harga yang fantastis untuk seekor kelinci, dan harga tersebut juga tergantung daerah serta kualitas kelinci itu sendiri.

Itulah pembahasan tentang kelinci flemist giant yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda tentang kelinci, jangan lupa like dan share agar bermanfaat juga buat orang lain, TERIMA KASIH.

(Visited 677 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *