Kenari Kalitan: Mengenali Asal-usul dan Ciri-cirinya

Diposting pada

ciri kenari kalitan

Saat ini kepopuleran burung kenari mulai meredup, entah apa penyebabnya, sehingga membuat harga burung kenari dipasaran terus merosot, apalagi untuk kenari jenis kecil/lokal, padahal untuk kualitas suara kicauannya tidak kalah dengan kenari yang bongsor/jenis lainnya.

Akhirnya berbagai cara dilakukan oleh para kenarimania atau para breeder untuk mendongkrak popularitas ataupun harga jual burung kenari kecil, Alhasil sekarang ini muncul nama yang lagi trend dikalangan kenari mania yaitu kenari kalitan.

Bahkan baru-baru ini sudah ada kelasnya tersendiri untuk jenis kenari kecil atau kenari kalitan di ajang latber/latpres, dengan mengacu pada kualitas suara yang dihasilkan.

Kelebihan dari kenari kalitan yaitu walaupun memiliki postur tubuh yang kecil, akan tetapi lebih gacor jika dibandingkan dengan kenari yang berpostur besar, seperti pada ketahanan melantunkan lagu lebih panjang serta suara yang lebih nyaring dibandingkan dengan kenari bongsor.

Asal-usul nama kenari kalitan muncul yaitu karena posturnya yang kecil atau dalam bahasa jawa “alit”, sehingga menjadi inspirasi untuk memberikan nama tersendiri dalam gelaran lomba untuk kenari jenis ini.

Nama kenari kalitan dibuat untuk membedakan dengan gelaran lomba kenari pada umumnya, yaitu dimaksudkan agar lomba dikhususkan untuk kenari jenis kecil saja, dan haram hukumnya untuk kenari berpostur besar diikutkan dalam lomba tersebut.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Ciri-ciri kenari kalitan dari segi fisik

Burung kenari kalitan adalah burung kenari kecil, sedangkan untuk cara merawat serta Cara membudidayakannya tidak ada perbedaan jika dibandingkan dengan kenari lokal atau kenari jenis lainnya.

Hanya saja kenari kalitan biasanya dihasilkan dari trah/indukan yang mempunyai kualitas suara serta durasi ngerol yang panjang atau untuk lebih jelasnya seperti berikut:

  • Postur tubuh kenari kalitan cenderung kecil
  • Memiliki ekor yang cenderung lebih panjang
  • Sedangkan untuk sayapnya lebih pendek
  • Saat berdiri atau berkicau tubuhnya lebih tegap
  • Durasi serta Suara kicauannya lebih nyaring dan panjang

Saran “Bagi anda yang masih pemula, jika ingin merawat kenari tidak ada salahnya jika anda membeli langsung dari breeder/peternaknya, agar mengetahui silsilah keturunan dari trah atau indukannya.

Satu lagi yang harus anda perhatikan jika ingin mendapat hasil yang maksimal usahakan lakukan perawatan yang baik serta memberikan pakan yang berkualitas.

Itulah ciri-ciri kenari kalitan jika dilihat dari segi fisiknya, dan semoga dapat dijadikan acuan untuk membedakan kenari kalitan dengan kenari lokal, TERIMA KASIH.

(Visited 2.935 times, 66 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *