Pemula Ayo Merapat, Inilah Trik Paling Mudah Ternak Lovebird dan Dijamin Berhasil

Diposting pada

cara ternak lovebird


Karena banyaknya kasus yang sering dikeluhkan para pemula pecinta lovebird yang gagal saat mencoba membudidayakannya, sehingga memaksa saya untuk membuat artikel ini.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Cara ternak lovebird yang mudah dan lengkap untuk pemula

Cara ini saya bagikan sesuai pengalaman pribadi saya yang selalu gagal saat mencoba keberuntungan beternak lovebird.

Kendala ternak lovebird yang sering saya alami

  • Sulitnya membedakan lovebird jantan dan betina

Kasus ini mungkin bukan saya saja yang mengalaminya yaitu sangat sulit membedakan antara lovebird jantan dan betina, ada yang bilang untuk membedakan loverbird jantan dan betina adalah seperti berikut:

Ciri-ciri lovebird jantan adalah sering gesek-gesek tangkringan, serta memiliki tulang sumpit yang rapat, dan untuk Ciri-ciri lovebird betina adalah sering membentangkan sayapnya seperti pesawat, serta tulang sumpitnya renggang.

Namun kenyataannya cara tersebut tidak akurat 100%, karena lovebird yang saya pelihara setiap hari gesek-gesek tangkringan dan tulang sumpitnya juga rapat,tetapi pas saya ternak ternyata lovebird tersebut bertelur, itulah yang pernah saya alami.

  • Sulitnya mencarikan jodoh buat lovebird kesayangan

Kasus ini juga pernah saya alami sendiri yaitu sulitnya mencarikan jodoh untuk lovebird kesayangan.

Boleh ya cerita sedikit!!!….

Saat itu saya punya burung lovebird prospek, yaitu ngekeknya panjang dan volumenya kencang, tapi sayang tidak bisa saya ikut sertakan lomba karena OB (birahinya tinggi), lalu saya ingin mencoba menjodohkannya.

Sebab ada yang bilang dengan menjodohkan LB yang birahi dan membiarkan sampai kawin lalu mencabutnya kembali, maka birahi LB akan turun, tapi ternyata sulit sekali mencarikan jodohnya.

Sampai pernah saya ganti pasangan sampai 5 kali, tapi tidak satupun yang mau berjodoh, yaitu kasusnya saat didekatkan bercumbu, tapi saat disatukan berantem, entah apa masalahnya.

Eh malah curhat hehehe,,,, sory ya, oke kita lanjut!.

Tips/cara ternak lovebird agar cepat bertelur

1. Siapkan kandang ternak lovebird

Kandang ternak adalah sarana utama yang harus anda persiapkan sebelum memulai beternak lovebird, dan untuk menghemat waktu anda bisa beli kandang yang banyak dijual dipetshop dengan ukuran 40x60x100 cm, dan jangan lupa beli juga kotak tempat sarang untuk bertelur dan mengerami nantinya.

2. Persiapkan indukan/bibit lovebird

Agar anda tidak dibuat pusing untuk memilih indukan yang jantan dan betina ataupun untuk menjodohkannya, saya sarankan beli saja burung lovebird yang memang sudah berjodoh, tidak mahal kok, bajet bisa disesuaikan tergantung jenis lovebird yang ingin anda ternak.

Apabila indukan lovebird yang sudah berjodoh sudah anda dapatkan, segera masukkan keduanya kedalam kandang ternak.

3. Menunggu lovebird kawin dan bertelur

Untuk usia lovebird yang siap produksi/kawin yaitu sekitar umur 8 bulan sampai 1 tahun, sedangkan tanda-tanda burung lovebird siap kawin yaitu saat didekatkan kedua lovebird saling bercumbu.

Perawatan lovebird agar cepat kawin dan bertelur adalah dengan memberikan pakan yang bisa menaikkan birahinya yaitu seperti jagung muda,dan kangkung, yang dipercaya bisa cepat menaikkan birahi burung lovebird.

Jangan lupa sediakan lampu penerangan saat malam hari, tujuannya agar lovebird juga bisa beraktifitas saat malam hari.

4. Saat lovebird bertelur

lovebird bertelur

Lovebird yang sudah berjodoh dan siap untuk bertelur biasanya keduanya akan mengangkuti sarang kedalam kotak yang sudah dipersiapkan, jadi anda juga harus menyediakan bahan untuk membuat sarang yaitu seperti rumput kering, sabut kelapa atau bahan-bahan lainnya.

Jika sarang sudah siap dan burung lovebird sudah terlihat melakukan perkawinan, tinggal menunggu 2-3 hari burung lovebird akan bertelur dan biasanya jumlah telur yang dihasilkan sekitar 3-5 butir, sedangkan untuk lamanya proses mengerami telur sampai menetas biasanya sekitar 21-25 hari.

5. Merawat anakan lovebird yang baru menetas

Apabila telur sudah menetas, ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk merawat anak lovebird.

a. Membiarkan indukan yang merawat anaknya

Caranya adalah biarkan anak loverbird tetap disarang dan biarkan induknya yang meloloh, tugas anda hanya memantau serta menyediakan pakan yang dibutuhkan oleh anakan lovebird yaitu jagung muda, sampai anakan bisa disapih.

b. Anda yang merawat/meloloh anak lovebird

Cara ini bisa anda lakukan jika anda mempunyai banyak waktu luang, yaitu meloloh anakan lovebird dengan bubur khusus untuk anak lovebird yang sudah banyak tersedia ditoko-toko burung dengan menggunakan suntikan.

Keuntungan merawat anakan lovebird sendiri

  • Karena biasanya ada indukan yang kanibal yang mau memakan anaknya sendiri, jadi kemungkinan tersebut dapat dihindari,
  • Untuk menghindari kemungkinan indukan yang over birahi (OB) sehingga anaknya terinjak-injak karena indukan lovebird akan bertelur lagi dan anaknya bisa mati.
  • Dengan merawat sendiri anak lovebird, juga lebih mudah membuatnya menjadi jinak, karena sudah terbiasa diloloh.
  • Indukan akan lebih cepat berproduksi lagi karena tidak meloloh anaknya, serta bisa mempercepat hasil yang anda dapatkan.

Itulah trik paling mudah beternak lovebird agar cepat berhasil dan ada satu cara lagi yang mungkin bisa anda praktekkan agar sukses jadi peternak LB, yaitu:

Cara ternak lovebird secara koloni

cara ternak love bird

Cara ini khusus buat anda yang memiliki bajet lebih dan ingin cepat berhasil.

1. Persiapkan kandang ternak koloni

Kandang ternak lovebird secara koloni harus anda buat yang lebih besar dari kandang ternak perpasang, ukurannya bisa dengan tinggi 90cm, lebar 80cm, dan panjang 200cm.

Gunakan bahan yang kuat yaitu rangka menggunakan besi, sedangkan untuk dindingnya bisa menggunakan kawat strimin, dan untuk menghemat waktu anda bisa pesan pada tukang teralis.

Jangan lupa siapkan juga tangkringan serta kotak tempat sarangnya, dan jumlahnya sesuaikan dengan jumlah lovebird yang ingin anda ternak.

2. Memilih bibit

Untuk bibit anda bisa membeli lovebird yang sudah dewasa sekitar 3-5 pasang, dan jika anda ingin mendapatkan hasil yang bagus/berkualitas, anda bisa memilih bibit yang berbeda-beda jenisnya, misalnya 1 ekor paskun, 1 ekor lutino, 1 ekor batman, dan seterusnya sesuai selera anda.

Jika bibit sudah anda dapatkan, masukkan semua bibit/indukan tersebut kedalam kandang ternak koloni yang sudah anda persiapkan.

Dengan demikian burung-burung lovebird tersebut akan mencari pasangannya sendiri-sendiri, jadi anda tidak perlu menjodohkan satu-persatu.

Jika masing-masing lovebird sudah mendapatkan pasangannya, maka lovebird akan segera bertelur dan anda tinggal merawatnya secara benar dan menunggu hasilnya.

Itulah cara paling mudah ternak lovebird agar cepat berhasil, dan semoga dapat membantu mengatasi masalah yang anda alami, jangan lupa like fanspage kami ya. TERIMA KASIH.

(Visited 1.130 times, 14 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *