Langkah-Langkah Tepat Cara Ternak Kucing Anggora Bagi Pemula

Diposting pada

ternak kucing anggora


Kucing yang paling populer di Indonesia untuk saat ini adalah kucing anggora dan kucing pesia, untuk membedakannya baca disini; perbedaan kucing anggora dengan kucing persia atau cara budidaya kucing persia.

Kucing anggora bentuk wajahnya hampir mirip dengan kucing lokal, cara merawat kucing anggora juga hampir sama dengan merawat kucing jenis lainnya.

Selain untuk menyalurkan hobi, memelihara kucing ternyata juga bisa dijadikan sumber penghasilan, yaitu dengan cara dibudidaya atau diternak.

Karena terus meningkatnya permintaan pasar akan kucing jenis anggora, tidak ada salahnya jika anda mencoba membudidayakannya untuk menambah pemasukan.

Budidaya kucing anggora sangatlah mudah, asalkan kita tahu langkah-langkah serta caranya yang tepat.

Bagi anda pemula yang berminat budidaya kucing anggora silahkan ikuti panduan berikut ini;

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Cara ternak kucing anggora untuk pemula

1. Memilih bibit/indukan

Pilihlah bibit kucing jantan dan kucing betina yang berkualitas, agar mendapatkan keturunan yang berkualitas juga.

Cara membedakan kucing anggora jantan dan betina

  • Kucing anggora jantan

Untuk mengetahui kucing anggora jantan bisa anda lihat dibawah ekornya, biasanya terdapat benjolan kecil dibawah anus yang jaraknya agak jauh, dan lubangnya berbentuk bulat, Itu adalah alat kelamin kucing jantan.

  • Kucing anggora betina

Sedangkan untuk mengetahui kucing anggora betina adalah, memiliki bentuk lubang dibawah anus memanjang dan jaraknya berdekatan, itu adalah alat kelamin kucing betina.

Adapun indukan kucing anggora yang bagus yaitu; Indukan harus sehat dan lincah, tidak cacat fisik, mata cerah serta mempunyai sorot yang tajam.

Bagi anda pemula yang ingin beternak kucing anggora saya sarankan tidak membeli bibit yang kualitas kontes, tujuannya untuk mengurangi biaya pembelian bibit, karena yang pasti bibit kualitas kontes harganya sangat mahal.

Anda cukup membeli indukan yang kualitas rumahan saja, supaya harganya lebih terjangkau, masalah kualitas kontes bisa kita latih sendiri nanti.

2. Menyiapkan kandang

Untuk kandang beternak kucing sebenarnya tidak perlu tempat khusus, karena anda bisa memanfaatkan ruangan kosong yang ada dirumah.

Yang terpenting adalah ruangan yang akan digunakan cukup untuk menampung kucing yang akan diternak, dan jangan lupa sediakan kotak-kotak serta kain perca untuk tempat tidur kucing.

Kucing anggora adalah termasuk jenis kucing yang agresif dan lincah, maka anda harus menyediakan media untuk bermain dalam ruangan tersebut, agar kucing berolahraga supaya badanya tetap sehat dan terbentuk otot yang kuat.

3. Merawat kucing anggora

ternak kucing anggora

Untuk merawat kucing anggora sedikit berbeda dengan cara merawat kucing persia yaitu;

  • Memberi makan

Merawat kucing anggora yang harus diperhatikan adalah masalah makanan, makanan yang diberikan haruslah memiliki kandungan nutrisi yang cukup dan seimbang.

Sedangkan makanan untuk kucing banyak sekali macamnya, diantaranya ada makanan kering, makanan setengah kering, dan ada juga makanan basah atau makanan kaleng.

Agar kucing tidak mudah bosan, anda bisa memberikan makanan secara bergantian, yang terpenting adalah takaran harus tepat atau sesuai aturan pemberian yang tertera pada kemasan, supaya kucing tidak kegemukan atau malah sebaliknya.

  • Menjaga kebersihan

Selain makanan, hal lain yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang dan kebersihan kucing itu sendiri.

Ruangan atau kandang kucing harus dibersihkan setiap hari, bila perlu disemprot dengan desinfektan atau obat suci hama, agar kucing terhindar dari penyakit atau virus.

Dan usahakan kandang atau ruangan mempunyai sirkulasi udara yang baik.

  • Menjaga Kesehatan

Untuk menjaga kesehatan kucing bisa dengan cara memandikannya setiap seminggu sekali dengan menggunakan sampo khusus kucing, agar terhindar dari jamur dan kutu.

Bulu-bulu kucing harus sering di sisir agar tidak kusut, telinganya harus dibersihkan dengan baby oil menggunakan cotton bud, serta kukunya juga harus sering dipotong.

Selain perawatan diatas, vaksin juga harus selalu diberikan sesuai dengan umur, kebutuhan, serta dosisnya, untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan supaya tidak mudah terserang penyakit.

4. Mengawinkan kucing

ternak kucing anggora

Jika kucing jantan dan kucing betina menginjak masa dewasa, kucing harus segera dikawinkan.

Masa produktif untuk kucing jantan yaitu sekitar umur 1,5 tahun, sedangkan untuk kucing betina yaitu sekitar umur 1 tahun.

Sebelum kucing dikawinkan, kucing harus dalam keadaan sehat, bila perlu kucing dibawa ke dokter hewan terlebih dahulu untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Cara untuk mengetahui kucing yang sedang birahi yaitu, kucing sering mengeluarkan suara-suara yang keras dan bising secara terus menerus, atau sering guling-guling dilantai.

Apabila terlihat tanda-tanda seperti diatas segera satukan kucing jantan dan kucing betina dalam satu kandang, namun biasanya untuk pertama kali disatukan, kucing betina akan menolak.

Biarkan kucing saling mengenal dalam kandang tersebut sampai terjadi proses perkawinan, dan apabila proses perkawinan selesai, kucing betina akan hamil.

Ciri-ciri kucing anggora betina sedang hamil

Untuk mengetahui bahwa kucing betina sudah positif hamil yaitu;

– Kucing betina akan menjauhi lawan jenisnya,
– Putting susunya mulai membesar dan berwarna merah muda,
– Bulu-bulu disekitar putting susu mulai rontok,
– Perutnya mulai tampak besar,
– Berat badan terus bertambah sesuai usia kehamilan,
– Nafsu makan semakin kuat.

Untuk memberi makan kucing yang sedang hamil, usahakan porsinya ditambah, agar asupan makanan untuk anak yang dikandungnya dapat terpenuhi atau bila perlu berikan makanan khusus untuk kucing hamil.

Masa kehamilan kucing biasanya sekitar 60-65 hari dari perkawinan terakhir.

5. Merawat anak kucing

Kucing yang baru lahir butuh perawatan yang ekstra, karena anak kucing yang baru lahir matanya masih terpejam, jadi untuk asupan makanan utamanya adalah air susu dari induknya.

Anak kucing akan membuka matanya sekitar umur satu minggu, dan pada umur 3-5 minggu, kucing sudah mulai bisa makan sendiri, kucing juga sudah bisa dimandikan supaya bulu bersih dan bebas dari kutu.

Setelah menginjak umur 8 minggu anak kucing sudah bisa disapih, sedangkan untuk induknya sudah bisa dikawinkan lagi.

Anak kucing harus segera diberikan vaksin setelah umur 13 minggu, untuk menjaga kesehatan serta kebebalan tubuhnya.

Berikan makanan yang tepat serta vitamin agar pertumbuhannya cepat, dan sekitar umur 2 bulan kucing sudah bisa dijual atau mau dirawat sendiri.

Demikianlah cara ternak kucing anggora, semoga dapat membantu anda pemula yang berminat membudidayakannya.

Mari Belajar Beternak, TERIMA KASIH.

(Visited 2.066 times, 26 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *