Rahasia Sukses Ternak Burung Puyuh Pedaging bagi Pemula

Diposting pada

ternak puyuh pedaging


Puyuh adalah termasuk golongan dari keluarga burung, Tapi bedanya burung puyuh tidak bisa terbang layaknya burung jenis lainnya, Biasanya masyarakat memanfaatkan telur dan dagingnya untuk dikonsumsi.

Untuk telur puyuh tentu kita semua sudah familiar, Karena banyak di jual di pasaran, Tapi untuk dagingnya mungkin anda belum pernah mengkonsumsinya.

Perlu anda ketahui bahwa daging puyuh mempunyai tekstur serta rasa yang lezat dan manis, Kandungan lemak dan kolestrol yang terdapat pada daging puyuh juga sangat rendah bila dibanding dengan kandungan pada daging ayam, bebek atau yang lainnya.

Selain itu daging puyuh juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, Jadi tak salah jika anda ingin membuka usaha ternak puyuh pedaging.

Manajemen ternak burung puyuh pedaging tidak jauh beda dengan manajemen ternak burung puyuh petelur, dimana budidaya puyuh pedaging lebih difokuskan pada pemberian pakan yang tepat, dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan serta penggemukan daging puyuh.

Baca disini; Artikel atau pembahasan yang anda cari

Rahasia sukses ternak puyuh pedaging

1. Pemasaran

Usaha budidaya puyuh pedaging masih terkendala pada pasar, karena di Indonesia masih jarang yang memanfaatkan daging puyuh, hanya terlihat dibeberapa kota yang menjual daging puyuh, itupun hanya bisa ditemukan disupermarket saja.

Untuk itu jika anda ingin memulai usaha ternak puyuh pedaging, hal yang pertama harus dilakukan adalah mencari pasar atau penampung terlebih dahulu, supaya tidak kebingungan untuk menjual hasil panen nantinya.

Jadi ternak puyuh pedaging mempunyai tantangan tersendiri yaitu harus membuka/mencari pasar, namun jika berhasil membuka pasar sendiri tentu akan sukses besar karena usaha ini masih minim persaingannya.

2. Bibit puyuh pedaging

Untuk bibit puyuh pedaging bisa membeli dari anakan DOQ (day ol quail), atau bisa juga membeli puyuh petelur yang telah afkir dari para peternak puyuh petelur.

Jika ingin membeli bibit dari DOQ usahakan pilih bibit yang jantan, tapi bila anda ingin membeli bibit yang afkiran, maka anda tinggal konsentrasi pada penggemukannya saja.

3. Pakan puyuh pedaging

Untuk pakan puyuh pedaging kita bisa memberikan pakan anak ayam pedaging, pakan ayam pedaging mempunyai kandungan nutrisi yang sangat bagus, sehingga sangat cocok untuk pertumbuhan puyuh pedaging.

Atau jika ingin membuat racikan pakan sendiri, harus diperhatikan nutrisi yang dibutuhkan puyuh pedaging terutama kebutuhan protein, lemak dan karbohidratnya, untuk jumlah pemberianya bisa disesuaikan dengan kebutuhan makan puyuh perharinya.

4. Kandang puyuh pedaging

kandang puyuh model liter

Untuk kandang puyuh pedaging sebaiknya menggunakan kandang model litter, tujuanya untuk lebih menghemat biaya pembuatan kandang.

Untuk kandang model liter alasnya bisa mengunakan sekam padi atau serbuk gergaji, Untuk lapisan dasar alas yaitu kapur setebal 3 – 5 cm, yang bertujuan untuk mencegah berkembangnya bakteri/virus, barulah diatasnya dilapisi sekam padi atau serbuk gergaji.

Lapisan alasnya harus diganti setiap 2 bulan sekali, untuk menghindari tingkat amoniak yang tinggi, yang bisa menyebabkan timbulnya gangguan pernapasan pada puyuh,serta sirkulasi udara pada kandang juga harus tetap terjaga dengan baik.

Kandang puyuh pedaging dibuat sekat-sekat, idealnya yaitu 60 x 90 x 100 cm (p x l x t), yang dapat menampung sekitar 30 – 40 burung puyuh.

Model kandang dengan sekat kecil-kecil bertujuan untuk mengurangi pergerakan puyuh, karena karakter puyuh yang agresif, serta untuk memudahkan saat penangkapan jika diperlukan pengobatan atau pemanenan.

Puyuh bisa segera dipanen dan dijual apabila sudah terlihat badannya besar dan gemuk, jadi tidak harus berpatokan pada umur.

Itulah Rahasia sukses budidaya puyuh pedaging untuk pemula, semoga dapat membantu anda yang ingin memulai usaha ini.

Mari Belajar Beternak, TERIMA KASIH.

(Visited 3.304 times, 32 visits today)

2 thoughts on “Rahasia Sukses Ternak Burung Puyuh Pedaging bagi Pemula

    1. Untuk masa panen puyuh pedaging tidak ada patokan gan, yang penting badannya gemuk sudah bisa dipanen atau sesuai permintaan pasar..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *