Kelinci Anggora: Cara Merawat Agar Bulunya Lebat dan Tidak Cepat Mati

Diposting pada

merawat kelinci anggora


Kelinci anggora adalah merupakan jenis kelinci hias yang berasal dari Ankara, Turki, kelinci anggora sangat mudah kita kenali karena memiliki bulu yang panjang dan tebal.

Untuk saat ini ada beberapa jenis kelinci anggora yang populer di Indonesia yaitu seperti kelinci anggora inggris, kelinci anggora perancis, kelinci anggora giant, dan kelinci anggora satin.

Banyak sekali orang yang berminat untuk merawat atau memelihara kelinci anggora karena bulunya yang lucu dan menggemaskan, akan tetapi kelinci anggora terkenal ringkih, sehingga butuh perawatan yang benar agar tidak gampang sakit atau cepat mati.

Perawatan yang salah pada kelinci anggora bisa mengakibatkan kelinci mudah terserang penyakit dan cepat mati, namun anda tidak perlu kawatir, karena disini saya akan membagikan beberapa tips merawat kelinci anggora yang baik dan benar.

Cara merawat kelinci anggora agar tidak cepat mati

Baca juga:

Walaupun cara merawat kelinci anggora terbilang mudah, namun tetap harus memperhatikan standar perawatan yang baik dan benar seperti berikut:

1. Kondisi kandang

Kandang adalah merupakan salah satu sarana yang harus diperhatikan, karena kandang adalah tempat tinggal dan tempat istirahat kelinci setiap harinya, untuk membuat kandang yang baik baca artikel tentang Cara membuat kandang kelinci.

“Apabila anda memelihara kelinci anggora diluar ruangan, yang harus diperhatikan adalah kondisi kandang, kondisi kandang untuk kelinci anggora yang baik yaitu tidak lembab atau selalu kering, terhindar dari hujan, panas matahari, dan hembusan angin secara langsung.

Usahakan selalu menjaga kondisi kandang tetap bersih, caranya dengan menyediakan penampungan kotoran dibawah kandang, agar semua kotoran dan sejenisnya jatuh pada penampungan tersebut.

Kandang untuk kelinci anggora tidak boleh terlalu sempit, anda harus memberikan ruang gerak yang cukup, karena kelinci anggora termasuk kelinci yang aktif dan lincah, sehingga kelinci tidak mudah stress dan cepat mati.

2. Makanan kelinci anggora

Perawatan kelinci anggora yang penting lainnya adalah tentang pola makan, makanan harus diberikan setiap pagi dan sore hari.

Makanan yang baik untuk kelinci anggora dewasa adalah berupa pellet khusus kelinci, karena pellet khusus kelinci dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang tepat dan lengkap untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

“Selain pellet, anda juga bisa memberikan pakan tambahan, berupa rumput, sayuran hijau ataupun buah-buahan.

Tetapi untuk memberikan sayuran hijau pada kelinci sebaiknya anda pastikan bahwa sayuran tersebut dalam keadaan layu, tujuannya adalah untuk mengurangi kadar air serta menetralkan racun yang mungkin terdapat pada sayuran tersebut.

Kelinci hanya membutuhkan sedikit air, jadi jangan terlalu sering memberikan air minum, cukup dua kali sehari saja dengan porsi yang sedikit.

Karena jika kebanyakan mengkonsumsi air, kelinci akan mudah mencret, dan untuk mengatasi kelinci mencret silahkan baca artikel tentang Cara mengobati kelinci mencret.

3. Memberikan waktu bermain

Kelinci juga butuh waktu untuk bergerak bebas dan bermain, jadi sesekali anda harus membiarkan kelinci keluar di halaman dan bermain-main, agar kelinci tidak gampang stress dan cepat mati.

Selain membiarkan kelinci bermain diluar, anda juga bisa memberikan mainan untuk kelinci didalam kandang, misalnya seperti kardus atau kayu, kardus biasanya digunakan sebagai tempat bersembunyi sedangkan kayu digunakan sebagai bahan untuk digigit.

Karena kelinci termasuk hewan peliharaan yang suka menggigit, tujuannya adalah untuk mengasah gigi serta agar gigi tidak tumbuh terlalu panjang.

4. Memandikan kelinci

Seperti yang sudah kita bahas diatas, kelinci anggora memiliki bulu yang panjang dan lebat, untuk itu anda harus memandikannya setiap seminggu sekali, tujuannya untuk menjaga agar terhindar dari kutu, dan Bulu kelinci tidak mudah rontok.

Selain itu bulu kelinci anggora juga harus rutin disisir supaya bulunya tetap bersih, terlihat rapi, mengkilap, dan terawat.

5. Menjaga kesehatan kelinci

Apabila anda memelihara kelinci anggora didalam rumah, sebaiknya setiap sudut ruangan anda sediakan litter boks atau tempat kotoran, karena biasanya kelinci lebih suka pup atau kencing di sudut ruangan.

Sedangkan untuk menjaga kesehatannya adalah dengan selalu memperhatikan tingkah lakunya, apabila kelinci anda sehat, maka dia akan aktif bergerak dan lincah.

Namun jika kelinci anggora terlihat lesu dan cenderung pendiam, ada kemungkinan kelinci sedang sakit atau kekurangan gizi, jadi sebaiknya segera lakukan penanganan atau periksakan kedokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Itulah beberapa tips dari saya untuk merawat kelinci anggora agar tetap sehat dan tidak cepat mati, jika anda ingin selalu mendapatkan informasi atau artikel terupdate dari saya, silahkan like Fanspage FB BudidayaTernak.Id, semoga bermanfaat TERIMA KASIH.

(Visited 112 times, 4 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *