3 Cara Yang Mudah Menjodohkan Kenari Untuk Pemula Agar Berhasil

Diposting pada

cara menjodohkan kenari


Kenari adalah termasuk salah satu jenis burung peliharaan yang populer di Indonesia, jadi tidak heran jika banyak masyarakat yang merawat atau memeliharannya, apalagi cara untuk merawat burung kenari juga terbilang cukup mudah.

Bahkan ada sebagian orang yang memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang bisnis yaitu dengan cara memebudidayakannya dan kemudian menjualnya.

Namun ada sedikit masalah atau kendala yang biasanya dialami oleh para pemula, yaitu cara menjodohkan kenari, atau mereka belum tahu bagaimana membuat kenari agar berjodoh.

Sebab jika kita membeli kenari yang sudah berjodoh, pasti harganya mahal, sehingga untuk mensiasatinya adalah kita harus menjodohkanya sendiri.

Cara paling mudah menjodohkan kenari

Baca juga artikel terkait:

1. Memilih indukan

Langkah pertama sebelum melakukan perjodohan kenari adalah anda harus menyiapkan indukan kenari jantan dan kenari betina.

Jika ingin mendapatkan keturunan yang berkualitas, tentu anda harus menyiapkan indukan yang berkualitas juga, baik itu dari segi suaranya ataupun warnanya.

Selain itu anda juga harus memilih indukan kenari yang sudah mapan atau siap untuk dikawinkan, agar dalam proses perjodohan lebih mudah dan cepat kawin.

Pada umumnya kenari yang siap dikawinkan yaitu untuk kenari jantan umurnya sudah sekitar 1-1,5 tahun, sedangkan untuk kenari betina umurnya sekitar 8-12 bulan, atau kenari sudah terlihat birahi, adapun untuk mengetahui ciri-ciri kenari birahi adalah seperti berikut:

Ciri-ciri kenari jantan siap kawin/birahi

  • Kenari pejantan sering mengeluarkan suara yang dibarengi dengan gaya seperti menari-nari, atau berpindah kekanan dan kekiri, serta menurunkan sayapnya setengah badan.
  • Kenari jantan lebih aktif bergerak dan terlihat sering menabrak-nabrak sangkar, atau seperti mencari celah untuk keluar.
  • Kenari jantan lebih sering mengeluarkan suara yang nyaring atau lebih keras dari biasanya.

Ciri-ciri kenari betina siap kawin/birahi

  • Sedangkan untuk kenari betina biasanya kelaminnya terlihat sedikit membengkak dan berwarna kemerahan.
  • Kenari betina juga sering terlihat membentangkan sayapnya seperti pesawat, serta mengeluarkan suara cit-cit-cit.
  • Selain itu kenari betina juga sering terlihat mengangkut kertas atau benda-benda yang lembut lainnya yang ada di dalam sangkar.

2. Melakukan pengenalan/perjodohan

Setelah anda mendapatkan calon induk yang sesuai dengan kriteria, langkah selanjutnya adalah melakukan pengenalan, walaupun menjodohkan kenari terbilang mudah, tetapi tentu harus melewati tahap demi tahap.

Untuk tahap pengenalan yaitu dengan cara menggantung kedua sangkar kenari jantan dan kenari betina secara berdekatan, atau bisa juga dijemur secara berdekatan.

Pada tahap ini biasanya kenari jantan akan merayu kenari betina dengan suaranya yang merdu, kemudian kenari betina akan mendekati penjantan, dan apabila kenari terlihat saling meloloh berarti sudah mulai berjodoh.

3. Mengawinkan kenari

Jika kenari sudah terlihat mulai berjodoh, anda bisa langsung menyatukan kenari dalam satu kandang, yaitu dengan memasukkan kenari jantan ke kandang kenari betina atau sebaliknya.

Namun anda harus tetap memantaunya karena ditakutkan kenari akan bertengkar atau saling melukai.

Biasanya apabila kedua kenari dalam kondisi birahi yang tinggi, mereka akan langsung melakukan perkawinan.

Akan tetapi jika kenari belum mau kawin, anda bisa mengakalinya dengan cara mengambil kenari jantan lainnya yang gacor kemudian mendekatkannya.

Dengan cara ini biasanya kenari jantan akan merasa tersaingi, sehingga langsung mau untuk mengawini betinanya.

Apabila kenari sudah terlihat melakukan perkawinan maka anda sudah bisa dibilang sukses dalam melakukan perjodohan dan tinggal menunggu hasilnya.

Catatan: Setelah kenari terlihat melakukan perkawinan dan bertelur, ada sebagian peternak yang langsung memisahkan pejantannya dengan alasan agar tidak mengganggu betina saat mengerami telurnya.

Namun ada juga yang tetap menyatukan atau membiarkannya sampai telur menetas dan meloloh anaknya bersama.

Semua itu bisa dilakukan tergantung karakter dari kenari pejantan, jika pejantan terlalu agresif memang lebih baik dipisah, akan tetapi jika tidak maka dibiarkan bersama juga tidak masalah.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara menjodohkan kenari yang mudah bagi pemula, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat, TERIMA KASIH.

(Visited 114 times, 8 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *