Cara Menjinakkan Kolibri Ninja Super Cepat dan Mudah

cara menjinakkan kolibri

Memiliki burung peliharaan yang gacor adalah dambaan semua kicau mania, namun untuk memcetak burung gacor tentunya harus melewati beberapa tahapan salah satunya adalah harus membuat burung menjadi jinak.

Karena burung yang rajin berkicau adalah burung yang tidak takut dengan orang disekitarnya, begitupun untuk jenis burung kolibri ninja (konin).

Menurut saya untuk menjinakkan kolibri ninja jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan Menjinakkan burung kacer atau menjinakkan burung kicau lainnya.

Tetapi kenyataannya masih banyak para pemula yang belum paham bagaimana cara menjinakkan burung kolibri ninja, dan  mengeluhkan tentang kolibri yang telah lama ia pelihara tapi masih tetap giras.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips yang mudah untuk menjinakkan kolibri tangkapan liar.

Cara menjinakkan kolibri ninja bakalan

Baca juga:

Burung kolibri yang jinak adalah burung kolibri yang tidak gelabakan ketika kandangnya dipegang, serta tetap berkicau walaupun ada orang lewat disekitarnya, dan berikut ini adalah cara untuk menjinakkan kolibri yang paling mudah, dan bisa langsung anda praktekkan.

1. Pengenalan lingkungan

Cara yang pertama untuk menjinakkan burung kolibri ninja bakalan hutan adalah dengan mengenalkan lingkungan barunya.

Yaitu dengan menggantung burung kolibri ditempat yang ramai seperti dipinggir jalan yang banyak dilalui orang, tujuannya agar kolibri lama kelamaan menjadi terbiasa melihat aktifitas manusia dan tidak takut lagi.

Bisa juga dengan cara pendekatan, misalnya adalah disaat anda lagi ngopi, atau lagi nonton tv, kolibri bisa anda taruh didekat anda duduk dan sambil digodain seperti disiul-siul, atau digoda dengan tangan, agar kolibri merasa diperhatikan, dan terbiasa dengan aktifitas anda.

Akan tetapi kalau menurut saya cara ini biasanya butuh waktu yang agak lama untuk membuat kolibri benar-benar jinak, jika diaplikasikan pada kolibri tangkapan hutan.

2. Terapi mandi

Cara menjinakkan kolibri yang kedua adalah dengan cara terapi mandi basah kuyup, yaitu dengan menyemprot kolibri sampai basah kuyup dan tidak bisa terbang, kemudian kolibri dikeluarkan dari kandang dan berikan belaian atau sentuhan secara lembut.

Apabila bulunya sudah mulai mengering, masukan kembali kolibri kedalam kandang, kemudian lanjutkan dengan membelainya sampai bulunya benar-benar kering, lakukan cara ini secara rutin setiap hari sampai kolibri benar-benar jinak.

“Sebenarnya terapi mandi basah kuyup untuk kolibri kurang direkomendasikan, karena kolibri adalah burung yang memiliki ukuran tubuh yang kecil dan yang pasti daya tahan tubuhnya kurang kuat.

Sehingga kita takutkan apabila dilakukan terapi mandi pada malam hari, kolibri akan kedinginan dan menjadi sakit atau bahkan mengalami kematian.

3. Terapi lapar

Cara menjinakkan kolibri yang ketiga adalah dengan metode terapi lapar, karena saya juga pecinta kolibri, jadi kalau menurut saya pribadi, metode terapi lapar ini adalah yang paling recommended, dan cara ini adalah yang paling mudah, cepat, dan efektif.

Untuk terapi lapar ini caranya bisa dimulai sejak sore hari yaitu ketika kolibri akan dimasukkan kedalam rumah, sebelum kolibri dikerodong anda harus mencabut semua tempat makan dan minumnya, yang tujuannya agar kolibri tidak makan saat malam hari.

Kemudian pada pagi harinya kolibri diembunkan dengan tanpa diberi makan sampai burung mandi dan berjemur, Jika penjemurannya dirasa cukup, langkah selanjutnya yaitu anda bisa coba memberi makan berupa susu atau air gula dengan cara memegang wadah pakan lalu sodorkan.

“Metode terapi lapar ini memang harus dilakukan dengan telaten dan sabar, sampai burung mau makan dari wadah yang anda sodorkan dengan tangan tersebut, karena biasanya kolibri yang sudah kelaparan mau makan dari tangan anda walaupun masih agak takut-takut.

Dengan ketiga metode terapi diatas, jika digabungkan dan dilakukan secara rutin, saya yakin hanya butuh waktu sekitar satu minggu untuk membuat kolibri menjadi benar-benar jinak dan tidak takut orang lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa saya sampaikan untuk menjinakkan kolibri ninja bakalan yang paling mudah, semoga bermanfaat dan TERIMA KASIH.

(Visited 84 times, 3 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *