Cara Paling Ampuh Menjinakkan Burung Kacer Bakalan yang Takut Orang

Diposting pada

cara menjinakkan kacer

Kacer adalah termasuk salah satu burung petarung (figter), dan saat ini banyak sekali para kicau mania yang merawat kacer sebagai burung kontes, bahkan ada yang memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan yaitu dengan cara di budidaya/ternak. Baca juga cara ternak kacer.

Alasan kenapa burung kacer banyak disukai para kicau mania adalah; karena mempunyai suara yang merdu serta gaya tarian yang khas saat berkicau.

Tapi biasanya kacer hanya mau berkicau dalam keadaan tenang dan sepi (malu-malu), kecuali apabila kacer sudah jinak yang biasanya mau berkicau dalam keadaan rame atau banyak orang.

Untuk para pemula tentu kebingungan untuk membuat kacer menjadi jinak (jinak-jinak lalat). Apalagi jika merawatnya dari bakalan atau tangkapan hutan.

Para penangkar juga membutuhkan kacer yang jinak untuk diternak agar lebih mudah untuk dijodohkan dan tidak mudah terganggu saat kacer sedang mengerami telurnya. anda juga bisa baca artikel sebelumnya tentang cara menjodohkan kacer.

Lalu bagaimana cara menjinakkan burung kacer yang giras?……

Berikut ini admin akan membagikan cara menjinakkan kacer yang mudah dan cepat bagi pemula, , tujuannya adalah agar kacer cepat jinak dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Cara menjinakkan kacer dada putih untuk pemula

Cara menjinakkan kacer sebenarnya bisa dilakukan secara alami, tapi cara tersebut akan membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan bisa sampai berbulan-bulan.

Jika anda ingin membuat burung kacer yang anda pelihara cepat jinak ikuti langkah berikut ini;

1. Mengenalkan lingkungan baru

Cara mengenalkan kacer dengan tempat tinggal yang baru adalah burung kacer yang baru dibeli digantung ditempat yang sepi dengan full kerodong selama satu hari agar kacer tidak stress dan tenang terlebih dahulu.

Kemudian keesokan harinya anda sudah bisa mulai melakukan terapi untuk menjinakkannya, dengan cara membuka kerodongnya perlahan agar pintu sangkar tidak terbuka dan burung tidak gelabakan/kabur.

Kemudian gantung kacer ditempat yang agak tinggi, agar burung terbiasa melihat orang lalu lalang dan mengenal tempat tinggalnya yang baru.

2. Terapi mandi

Setelah proses pengenalan, langkah selanjutnya adalah terapi mandi yaitu memandikan kacer dengan cara disemprot air sampai basah kuyup semua bulu-bulunya.

Kemudian burung kacer diangin-anginkan beberapa saat, sambil menunggu bulunya kering, dengan sangkar tetap diletakkan dibawah, dan jangan dikasih makan dan minum terlebih dahulu.

Jangan lupa kacer tetap diawasi, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya burung diserang hewan predator seperti kucing dan anjing, atau malah digondol maling.

Tujuan dari terapi mandi adalah apabila burung basah kuyup, maka burung tidak bisa terbang atau gelabakan saat ada orang disekitarnya.

3. Terapi jangkrik

cara menjinakkan kacer

Langkah selanjutnya anda juga bisa menggunakan metode terapi jangkrik, caranya adalah setelah burung habis dimandikan dan bulunya sudah kering, anda bisa memberikan jangkrik.

Tetapi cara memberikan jangkrik harus dilakukan dengan menggunakan tangan, agar burung kacer lebih terbiasa dekat dengan manusia.

Biasanya untuk pertama kalinya kacer tidak akan mau makan jangkrik yang diberikan menggunakan tangan, jadi anda harus mengakalinya, yaitu dengan menggunakan lidi.

Caranya jangkrik ditusuk dengan lidi yang agak panjang, kemudian diberikan pada kacer, tujuannya agar kacer tidak takut dan mau memakannya.

Proses ini membutuhkan kesabaran yang extra, karena anda harus menunggu lama sampai kacer mau menyambar jangkrik yang ada pada lidi.

Jika kacer sudah mau menyambar jangkriknya, maka anda bisa memberikan jangkrik lagi tetapi dengan cara lidinya dipotong sedikit, lakukan cara ini secara terus menerus dan memotong lidinya sedikit demi sedikit.

Tetapi apabila kacer belum mau memakan jangkrik pada lidi, anda boleh menaruh jangkrik pada tempat makan atau minumnya, baru besoknya diulangi lagi cara diatas sampai kacer mau makan jangkrik yang anda pegang dengan tangan.

Apabila kacer sudah mau makan jangkrik ditangan, berarti kacer sudah mulai menganggap anda sebagai teman bukan sebagai musuh.

Langkah selanjutnya adalah tinggal menggantung kacer ditempat yang banyak aktifitas seperti kios atau pasar, tapi jika kacer masih gelabakan sebaiknya sangkar dikerodong dengan menggunakan kain tipis supaya kacer tetap bisa melihat keluar dengan samar-samar.

Sedangkan untuk malam harinya anda juga bisa menggantungnya diruang keluarga dengan sangkar tidak usah dikerodong, agar kacer terbiasa melihat manusia yang lalu lalang.

Dengan cara-cara diatas, saya yakin burung kacer yang anda pelihara akan menjadi jinak-jinak lalat dalam waktu kurang lebih dua minggu.

Demikianlah cara yang paling ampuh untuk menjinakkan kacer yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Mari Belajar Beternak. TERIMA KASIH.

(Visited 33.850 times, 91 visits today)

4 thoughts on “Cara Paling Ampuh Menjinakkan Burung Kacer Bakalan yang Takut Orang

  1. Bg,mau tanya ni..
    Saya udh 4 bulan beli kacer ni,awal nya di kasih jangkrik pakek tgn bisa,tapi setelah 2 minggu gk di kasih jangkrik,kacernya jadi giras lagi gk bisa jinak lagi sampe sekarang,kalo bunyi pun waktu gk ada orng,kalo ada orng giras,jadi bg gimana ni cara ngatasi nya?

    1. Coba sering dimandikan kemudian taruh di bawah buat teman saat ngopi dan ajarin lagi makan jangkrik pakai tangan pelan-pelan yang sabar, mudah-mudahan bisa kembali jinak…

  2. Mau tanya ni gan, kacer saya baru 3bulan sama saya, lumayan jinak nya, di kasih jangkrik pake tangan langsung respon, di dekatin pun santai, masalah nya sblum mendekati nya, burung langsung giras dan salto2 apalagi kalo sangkar nya di angkat sambil berjalan.
    Gi mana aolusinya..?
    Mohon infonya gan
    Makasih sebelumnya gan

    1. Coba terapi mandi basah kuyup gan, kemudian gantung ditempat yang pendek atau diruang keluarga setiap hari biar gak takut orang..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *