Cara Mengobati Kucing Kembung, Serta Penyebab dan Ciri-cirinya

Diposting pada

mengobati kucing kembung

Perut kembung ternyata tidak hanya terjadi atau dialami oleh manusia saja, tapi kucing juga bisa mengalaminya.

Pasti para catlovers akan dibuat panik atau kebingungan saat melihat kucing kesayangan masuk angin yaitu perutnya buncit dan keras, adapun penyebab perut kembung itu sendiri adalah:

Cari disini: Artikel atau pembahasan yang anda butuhkan

Penyebab perut kucing buncit

Perut kucing yang buncit atau yang sering disebut masuk angin/kembung biasanya disebabkan karena suhu udara yang terlalu dingin atau kelamaan tidur dilantai keramik tanpa menggunakan alas, dan bisa juga karena kucing kedinginan saat selesai dimandikan.

Sedangkan untuk tanda-tanda kucing kembung/masuk angin adalah seperti berikut:

” Baca juga:
Cara ternak kucing anggora
Cara ternak kucing Persia
Perbedaan kucing anggora dan kucing Persia.

Ciri-ciri kucing masuk angin

  • Perut kucing terlihat besar/buncit
  • Saat perutnya dipegang terasa keras
  • Nafsu makannya berkurang
  • Kucing malas bergerak atau beraktifitas
  • Bahkan terkadang kucing muntah-muntah
  • Atau yang lebih parahnya lagi yaitu kucing mencret/fasesnya encer.

Apabila terlihat tanda-tanda yang demikian anda harus segera lakukan penanganan agar tidak terjadi sakit yang lebih serius.

Masuk angin atau perut kembung pada kucing sebenarnya jarang sekali terjadi, tetapi jika ini terjadi pada kucing kesayangan para catlovers, anda tidak perlu khawatir karena disini admin akan membagikan tips cara mengatasi perut kembung pada kucing sebagai berikut:

Cara mengobati kucing kembung

1. Berikan minyak telon/minyak kayu putih

Olesi minyak kayu putih atau minyak telon pada bagian perut kucing, dada, dan telinga secukupnya, cara ini dipercaya ampuh untuk mengatasi kucing masuk angin, karena minyak telon/minyak kayu putih tidak memiliki efek samping, tapi jangan pernah coba-coba untuk meminumkannya, “bahaya!!!…

2. Sediakan alas untuk tempat tidurnya

Selalu sediakan alas dari kain pada tempat tidurnya, untuk menghangatkan tubuh kucing, atau untuk mencegah masuk angin.

3. Hindari ruangan ber AC

Hindarkan kucing dari suhu yang dingin seperti ruangan ber AC atau kipas angin, dan tempatkan kucing diruangan yang hangat serta nyalakan lampu penerangan agar kucing cepat merasa hangat.

4. Jangan beri makanan dry food

Pada saat kucing kembung/masuk angin sebaiknya beri makanan yang lunak serta minuman yang hangat seperti jahe hangat, sampai kucing benar-benar sembuh, jangan berikan dry food terlebih dahulu, karena dry food akan mengembang di dalam perut dan bisa membuat kucing semakin tidak nyaman.

5. Kompres perut kucing

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengobati perut kembung pada kucing yaitu kompres dengan menggunakan kain hangat, usahakan dengan kain yang kering tapi hangat, yaitu caranya taruh kain pada panci kemudian hangatkan sebentar diatas kompor, barulah gunakan untuk mengompres perut kucing.

” Apabila semua cara diatas sudah anda lakukan dan kucing belum juga membaik, sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan terdekat, karena ditakutkan kucing terserang virus atau penyakit lain.

Itulah beberapa tips untuk mengobati kucing kembung yang bisa saya sampaikan semoga bisa membantu anda para catlovers yang kebingungan saat kucing anda mengalaminya.

Mari Belajar Beternak, TERIMA KASIH.

(Visited 13.506 times, 111 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *