Mengenal Penyebab Penyakit Ayam Ngorok, Serta Cara Mengobatinya

Diposting pada

cara mengobati ayam ngorok


Setiap orang yang menekuni sebuah usaha pasti pernah mengalami yang namanya gangguan atau hambatan, salah satu gangguan yang sering dialami oleh peternak adalah gangguan dari penyakit, contohnya seperti yang terjadi pada ternak ayam, yaitu penyakit ayam ngorok.

Penyakit ayam ngorok bisa dikategorikan penyakit yang berbahaya, karena penyakit ini bisa menular pada ayam lain secara cepat, maka dari itu ayam yang ngorok harus segera ditangani secara cepat, dan tepat.

Penyakit ngorok pada ayam sebenarnya bukan merupakan masalah yang serius, apabila kita mengetahui cara mengatasinya, sedangkan untuk mengenali ayam ngorok adalah seperti berikut:

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Ciri-ciri ayam terserang penyakit ngorok

  • Terdengar suara aneh (ngorok) pada saluran pernafasan,
  • Kondisi ayam terlihat pucat dan lesu,
  • Staminanya menurun,
  • Ayam susah bernafas (pilek),
  • Sering menggeleng-gelengkan kepalanya,
  • Terkadang mengeluarkan lendir dari hidung atau mata,
  • Ayam sering tersedak atau batuk.

Itulah tanda-tanda penyakit ayam ngorok yang perlu anda ketahui, dan selain tanda-tanda tersebut juga ada beberapa factor yang menyebabkan ayam ngorok.

Penyebab ayam ngorok

1. Kadar amoniak terlalu tinggi

Kadar amoniak yang tinggi pada umumnya berawal dari kotoran ayam yang encer dan tidak segera dibersihkan, serta kandang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga terjadi fermentasi yang menyebabkan gas berkonsentrasi tinggi.

Hal ini sering terjadi pada ternak ayam potong, dan apabila gas tersebut terhirup oleh ayam, akan dapat mengganggu saluran pernapasan dan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit salah satunya adalah penyakit ngorok pada ayam.

2. Suhu udara yang tidak stabil

Penyebab ayam ngorok yang lainnya adalah kondisi suhu udara yang tidak stabil atau berubah-ubah.

Suhu udara yang tidak stabil dapat mengganggu stamina ayam dan bisa menyebabkan saluran pernafasan serta sinus menjadi kering, sehingga berpotensi masuknya bibit penyakit yang akan mengganggu pernafasan dan terdengar suara ngorok.

3. Ayam terinfeksi bakteri dan virus

Ada beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus serta dapat menyebabkan ayam ngorok yaitu sebagai berikut:

a. Penyakit CRD ( Chronic Respiratory Disease)

Penyakit CRD atau lebih banyak dikenal dengan penyakit ngorok, penyakit ini banyak dijumpai menyerang unggas termasuk pada ternak ayam kampung, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycoplasma gallisepticum dan Mycoplasma synoviae.

Dampak dari penyakit CRD adalah ayam mengalami batuk, bersin, susah napas, dan keluar suara saat bernapas, jika disertai dengan infeksi Mycoplasma synoviae juga bisa menyebabkan ayam pincang, bengkak sendi, hingga ayam mengalami kelumpuhan.

b. Penyakit Snot atau Coeryza

Penyakit snot atau coeryza disebabkan oleh bakteri Haemophillus gallinarum, snot dapat menyerang ayam disemua umur, tetapi lebih mudah menyerang anak ayam, penyakit snot biasanya muncul pada saat perubahan musim.

Penyakit snot biasanya ditandai dengan ayam ngorok dan sulit bernapas, ayam mengeluarkan cairan dari mata, lendir dari hidung yang kental berwarna kekuningan, dan terdapat kerak pada hidung.

c. Penyakit Infectious Laryngotracheitis (ILT)

Penyakit Infectious Laryngotracheitis (ILT) adalah penyakit yang disebabkan oleh Herpes virus, dan merupakan penyakit yang mengganggu saluran pernafasan yang ditandai dengan ayam kesulitan bernafas, ayam sering menjulurkan leher dengan mulut terbuka karena kesulitan bernafas, sehingga terdengar suara ngorok.

d. Penyakit Newcastle Disease (ND)

Penyebab penyakit ND adalah virus yang tergolong Paramyxovirus, penyakit ND merupakan penyakit menular yang biasa menyerang ayam dan jenis unggas lainnya, yang dapat mengganggu pernafasan (ngorok), pencernaan dan syaraf disertai mortalitas yang sangat tinggi.

Itulah beberapa factor penyebab ayam ngorok dan apabila ayam ngorok parah dan tak kunjung sembuh, akan mengakibatkan kerugian seperti rendahnya laju pertumbuhan, tingginya angka kematian, tingginya konversi pakan (ransum), kualitas karkas menurun dan lainnya.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena disini admin akan membagikan cara yang ampuh untuk mengobati ayam ngorok secara alami.

Cara mengobati ayam ngorok

Untuk mengobati ayam ngorok yang tak kunjung sembuh, anda bisa menggunakan obat alami yang mudah ditemukan dan dikenal memiliki khasiat yang luar biasa yaitu seperti:

1. Bawang putih atau bawang merah

Beberapa zat yang terkandung dalam bawang putih atau bawang merah dipercaya sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab ngorok pada ayam, atau baca selengkapnya disini: Manfaat bawang putih dan bawang merah untuk ayam.

Cara memberikannya yaitu dengan mencincang bawang putih atau bawang merah kecil-kecil, kemudian langsung lolohkan pada ayam, dan berikan secara rutin setiap hari pada ayam yang ngorok, selama 3-7 hari, atau sampai ayam benar-benar sembuh.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga diyakini mengandung zat anti bakteri yang dapat mengatasi penyakit ayam ngorok, cara memberikannya adalah dengan mengambil air jeruk tersebut kemudian dicampur dengan kecap manis.

Untuk perbandingannya adalah (2:1), yaitu: 2 untuk air jeruk nipis dan 1 untuk kecap manisnya, kemudian langsung minumkan pada ayam yang ngorok setiap hari sampai ayam sembuh total.

3. Buah mengkudu

Buah mengkudu adalah buah yang mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi, sehingga sangat cocok diberikan pada ayam ngorok, selain itu buah mengkudu juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang di sebabkan oleh bakteri atau virus.

Cara memberikannya yaitu ambil buah mengkudu, kemudian potong kecil-kecil, dan langsung lolohkan pada ayam yang ngorok.

Itulah beberapa cara mengobati ayam ngorok yang disertai pilek, serta untuk menghilangkan lendir ditenggorokan, dengan menggunakan obat alami.

Selain cara-cara tersebut diatas, sebenarnya ada hal penting yang harus anda perhatikan dalam usaha peternakan, yaitu tindakan pencegahan.

Cara mencegah penyakit ayam ngorok

Tindakan pencegahan ini dimaksudkan untuk meminimalisir berbagai penyakit agar tidak menyerang ayam, termasuk salah satunya penyakit ngorok, dan caranya adalah:

  • Memberikan vaksin pada ayam

Pemberian vaksin pada ayam bertujuan untuk meningkatkan system kekebalan tubuh ayam agar tidak mudah terserang penyakit.

  • Sanitasi kandang yang baik

Selalu menjaga kebersihan kandang juga merupakan tindakan pencegahan, yang tujuannya agar bakteri dan virus tidak dapat berkembang biak dan menyerang ayam.

  • Manajemen pemeliharaan yang tepat

Manajemen pemeliharaan ayam disini meliputi pemberian pakan, minum, vitamin dan obat-obatan, yang juga memiliki peranan penting agar ayam tetap sehat, kualitas karkas bagus, pertumbuhan cepat dan terhindar dari penyakit.

  • Konstruksi kandang ayam yang baik

Menentukan lokasi kandang serta membuat kontruksinya dengan baik, yaitu seperti kandang harus kokoh, sirkulasi udara lancar, sinar matahari bisa masuk kekandang, serta memperhatikan jumlah ayam dalam satu kandang, agar memudahkan untuk perawatan serta penanganan.

Untuk sementara sampai disini dulu pembahasan tentang penyebab ayam ngorok dan cara mengobatinya yang bisa saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat bagi para peternak dan TERIMA KASIH.

(Visited 769 times, 13 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *