Cara Paling Ampuh Mengembalikan Mental Kacer Agar Kembali Fighter

Diposting pada
cara mengembalikan mental kacer

Kacer memang termasuk salah satu burung yang memiliki karakter fighter (petarung), namun tingkatannya berbeda-beda yaitu ada yang fighter tinggi atau tingkat emosinya tinggi, figter sedang atau tingkat emosinya sedang, ada juga yang fighter rendah atau tipe karakter dingin.

Selain dari karakter bawaan tersebut, sebenarnya masih ada beberapa factor yang menyebabkan kacer kurang fighter atau lambat panas, dan pada umumnya disebabkan karena perawatan yang kurang tepat.

Maka dari itu untuk para kacer mania selalu dituntut untuk benar-benar memahami karakter kacer yang dipelihara, agar bisa melakukan perawatan dengan tepat.

Penyebab kacer tidak mau tarung

Perlu kita ketahui bahwa ada beberapa factor yang bisa menjadikan mental kacer menjadi loyo atau kurang fighter, sehingga tidak mau tarung yaitu seperti berikut:

1. Perawatan yang salah

Kesalahan yang sering dilakukan para pemula dalam memelihara kacer adalah perawatan yang asal-asalan, sehingga segarang apapun kacer yang anda pelihara, mentalnya akan turun (down) apabila hanya dirawat dengan ala kadarnya.

Misalnya: Kacer hanya diberi makan voer saja tanpa diberikan extra fooding (EF), atau contoh lainnya yaitu cara memandikan dan penjemuran yang tidak sesuai dengan karakternya, itu juga dapat membuat mentalnya menjadi turun.

2. Kacer kalah mental

Yang saya maksud kacer kalah mental disini adalah terkadang kita ngetest atau ngetrek kacer yang kita miliki dengan kacer yang lebih fighter atau yang lebih tua, sehingga membuat kacer tersebut mentalnya down atau biasanya Kacer mbagong dan tidak berani tarung.

3. Kacer mengalami stress

Banyak sekali penyebab kacer stress, salah satu contohnya adalah kacer baru didapat dari hutan atau kacer baru pindah majikan, sehingga kacer masih dalam tahap menyesuaikan dengan kondisi lingkungan barunya, itu juga bisa membuat mentalnya turun.

Itulah beberapa contoh yang bisa menyebabkan kacer tidak mau tarung, atau mentalnya turun!.
Lalu bagaimana cara untuk mengembalikan mental kacer agar kembali fighter?.

Berikut ini akan saya bagikan beberapa tips yang ampuh untuk menaikkan emosi kacer agar lebih fighter yang perlu anda coba.

Cara mengembalikan mental kacer

Mengembalikan atau menaikkan mental kacer tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan, yaitu butuh waktu dan kesabaran agar mendapat hasil yang maksimal.

1. Merawat sesuai karakternya

Makanan utama burung kacer yang sebenarnya adalah serangga, jadi untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya serta untuk menjaga staminanya, pemberian extra fooding (EF) yaitu seperti jangkrik, Ulat hongkong, atau Kroto itu wajib hukumnya dan harus benar-benar tercukupi.

Sedangkan untuk memandikan atau penjemuran juga perlu anda perhatikan, usahakan sesuai dengan karakternya, misalnya:

• Kacer tipe fighter tinggi

Untuk Kacer dengan karakter fighter tinggi atau emosi yang tinggi, harus lebih sering dimandikan, tujuannya untuk menurunkan suhu tubuhnya serta meredam emosinya.

Sedangkan untuk durasi penjemuran harus dikurangi, lebih sering dilepas dalam kandang umbaran, dan cukup dikerodong pada malam hari saja.

EF yang cocok untuk kacer tipe ini adalah yang sifatnya tidak terlalu panas seperti jangkrik, kroto, ulat bambu, dan ulah daun pisang.

• Kacer tipe dingin

Untuk merawat kacer dengan karakter fighter yang rendah atau lambat panas adalah dengan mengurangi mandinya, yaitu cukup 2-3 kali seminggu.

Sedangkan untuk durasi penjemuran harus maksimal sampai kacer terlihat mangap-mangap, atau bisa juga dengan cara terapi sauna.

Untuk kacer tipe ini sebaiknya dikerodong (full kerodong) setiap harinya agar mentalnya tetap terjaga, serta cukup dimasukkan dalam kandang umbaran seminggu sekali saja agar fisiknya tetap fit.

Ekstra fooding (EF) yang cocok untuk kacer tipe ingin adalah yang sifatnya panas, tujuannya untuk menaikkan suhu tubuhnya serta emosinya, yaitu seperti jangkrik dari alam, ulat hongkong (UH), ulat kandang (UK), larva tawon, dan kelabang.

2. Taruh ditempat yang sesuai

Maksudnya adalah mengondisikan tempatnya saat menggantung kacer dirumah, caranya yaitu dengan menggantung kacer ditempat yang membuatnya merasa bahwa dialah yang menjadi penguasa ditempat tersebut.

Jauhkan dari burung sejenis atau burung yang lebih fighter lainnya, atau dekatkan dengan burung-burung gacor tapi yang lebih kecil darinya, agar mental fighternya muncul dan menjadi garang lagi karena merasa paling unggul.

3. Berikan untulan

Bila diperlukan untuk mendongkrak mental tarungnya, anda bisa memberikan untulan atau memasukkan burung kecil kedalam sangkarnya agar dikejar-kejar dan dihajarnya.

Sebenarnya cara ini termasuk cara yang sangat ekstrim, jadi tidak direkomendasikan karena dapat menyiksa burung untulan tersebut.

Kesimpulan:

Pada intinya untuk menaikkan mental kacer adalah dengan menjaga staminanya, menaikkan birahinya, melatih fisiknya, serta meningkatkan emosinya.

Jadi semua itu diperlukan asupan nutrisi yang cukup, dan pakan berprotein tinggi yang bisa didapat dari extra fooding, sedangkan untuk melatih fisiknya bisa dilakukan penjemuran serta pengumbaran yang cukup.

Jangan terburu-buru ditest/ditrek dengan kacer yang mentalnya lebih fighter atau lebih tua darinya, agar mentalnya tidak down.

Demikianlah sedikit pengetahuan saya tentang cara mengembalikan mental kacer yang bisa saya sampaikan, jangan lupa like Fanspage FB Budidayaternak.id untuk mendapatkan informasi terupdate dari kami, semoga bermanfaat dan TERIMA KASIH.

(Visited 347 times, 6 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *