Cara Menyimpan Atau Memelihara Kelabang Dirumah Agar Tetap Hidup

Diposting pada

memelihara kelabang dirumah


Kelabang atau yang biasa disebut lipan memang termasuk salah satu hewan yang menakutkan bagi sebagian orang, namun tidak bagi para kicaumania atau pecinta ikan hias, khususnya pecinta ikan arwana.

Karena oleh para penggemar ikan dan burung kicau, kelabang dipercaya memiliki kandungan protein tinggi yang bermanfaat untuk hewan peliharaan tersebut, yaitu biasanya dijadikan sebagai pakan ataupun eksta fooding (EF).

Dan pada umumnya saat membeli kelabang tentu tidak untuk sekali makan atau habis dalam sehari, jadi sisanya yang harus disimpan untuk stok dan diberikan pada hari berikutnya.

Tetapi yang menjadi masalah adalah bagaimana cara menyimpan atau memelihara kelabang tersebut agar tetap hidup.

Berikut ini saya akan membagikan beberapa tips khusus buat teman-teman yang ingin menyetok atau memelihara kelabang di rumah agar kelabang tetap sehat dan tahan lama.

Cara menyimpan atau memelihara kelabang dirumah

Baca juga: Cara ternak kelabang dan Cara membedakan kelabang jantan dan betina.

Cara dibawah ini juga dapat diaplikasikan oleh para pecinta lipan yang hobi mengoleksi serangga yang terbilang ekstreem.

1. Sediakan wadah

Wadah atau tempat bisa menggunakan container plastik atau aquarium yang minimal tingginya 30cm, yang tujuannya agar tidak bisa dipanjat oleh kelabang.

2. Siapkan media

Media disini cukup menggunakan daun-daun kering yaitu sebagai tempat bersembunyi kelabang, dan sediakan juga kain basah yang sudah di rendam air lalu di peras (lembab), tujuannya agar wadah tetap lembab layaknya mirip dihabitat aslinya yang menjadi tempat favorit kelabang.

3. Sediakan pakan

Karena kelabang juga butuh makan, jadi anda harus menyediakan makanannya yaitu berupa jangkrik atau bisa juga pisang kepok yang biasa diberikan pada burung, jangan lupa sediakan air minum di gelas kecil atau botol bekas aqua yang dipotong.

4. Simpan ditempat teduh

Jika semua tahapan diatas sudah siap, jangan lupa simpan wadah atau kelabang pada tempat yang teduh dan jauh dari jangkauan anak-anak, serta terhindar dari hewan predator lainnya yaitu seperti: semut, cicak, tikus, burung dan yang lainnya.

Itulah sedikit tips dari saya tentang cara menyimpan atau memelihara kelabang dirumah agar tetap segar dan tahan lama, semoga bermanfaat, jangan lupa like Fanspage FB Budidayaternak.id untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami, TERIMA KASIH.

(Visited 752 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *