Cara Membuat Wetfood Untuk Kucing Yang Mudah, Murah, dan Sehat

Diposting pada

cara membuat wetfood


Wetfood adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang segar, atau kalau di Indonesia biasa disebut dengan makanan basah, makanan basah ini biasanya diberikan pada hewan peliharaan yaitu seperti kucing.

Selain wetfood buatan pabrik ternyata kita juga bisa membuat wetfood sendiri dirumah, yang tentunya dengan menggunakan bahan yang murah, mudah didapat, tapi tetap sehat kok.

Namun perlu anda ketahui bahwa memberikan wetfood pada kucing ternyata juga memiliki beberapa keuntungan dan kelemahan yang diantaranya adalah seperti berikut:

Keuntungan memberikan wedfood pada kucing

Dengan memberikan wetfood pada kucing, anda juga akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti dibawah ini:

1. Menambah nafsu makan

Wetfood ternyata mampu meningkatkan nafsu makan pada kucing karena aroma amisnya yang menyengat yang merupakan aroma favorit kucing, jadi apabila kucing kesayangan anda sedang malas makan, bisa anda coba berikan wetfood, saya yakin kucing akan menjadi lahap lagi makannya.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Karena tekstur dari wetfood yang lembut dan mudah dicerna oleh lambung, sehingga sangat bagus apabila diberikan pada kucing yang sedang mengalami gangguan pencernaan seperti kembung dan mencret, agar pencernaanya segera pulih.

3. Membantu mengurangi dehidrasi

Keuntungan lain memberikan wetfood adalah dapat membantu mengurangi dehidrasi pada kucing, karena air yang terkandung pada wetfood yaitu sekitar 80%, sehingga mampu menyuplai kebutuhan air tanpa harus minum air yang banyak, dan sangat cocok apabila diberikan pada saat cuaca panas.

4. Wetfood rumahan lebih terjamin

Makanan basah buatan sendiri saya rasa lebih terjamin kualitas serta keamanannya jika dibandingkan dengan buatan pabrik, karena terbuat dari bahan-bahan alami dan tanpa campuran zat kimia atau bahan pengawet, sehingga aman buat kucing.

Kelemahan pemberian wetfood pada kucing

Selain mempunyai sederet keuntungan dalam memberikan makanan basah pada kucing, ternyata juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya:

1. Bisa menimbulkan karang gigi

Makanan basah apabila diberikan secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama, ternyata bisa menyebabkan plak atau karang pada gigi dan gusi, karena teksturnya yang lembut dan basah sehingga mudah menempel pada gigi serta gusi.

2. Tidak tahan lama

Wetfood buatan sendiri juga tidak bisa bertahan lama karena kondisinya yang basah serta dibuat tanpa bahan pengawet, apalagi jika terlalu lama dalam keadaan terbuka atau tidak langsung dimakan sama sikucing, maka akan membuat baunya tidak menarik lagi.

3. Menyebabkan obesitas

Pemberian wetfood juga dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan pada kucing, apabila diberikan terus menerus, karena wetfood mempunyai kandungan protein yang tinggi serta kandungan air yang banyak sehingga dapat merangsang pertumbuhannya lebih cepat.

Kesimpulan
“Dari beberapa kelemahan dan keuntungan tersebut diatas, dapat kita simpulkan bahwa pemberian makanan basah pada kucing seharusnya tidak diberikan secara terus menerus atau sebaiknya hanya diberikan sebagai selingan dan secara bergantian agar kucing tidak bosan.

Bisa juga anda berikan pada saat-saat tertentu, seperti pada saat cuaca panas, saat kucing mengalami dehidrasi, saat kucing mengalami ganguan pencernaan, saat nafsu makan kucing menurun, dan lainnya.

Bahan untuk membuat wetfood

Setelah kita mebahas semua keuntungan dan kelemahan wetfood, sekarang saatnya membuat wetfood dengan bahan-bahan yang mudah didapat seperti berikut:

  • Tempe
  • Daging ayam/Ikan segar.

Saya rasa dua bahan tersebut sudah cukup untuk membuat wetfood, karena tempe dan daging ayam/ ikan memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik jika diberikan pada kucing.

Kenapa harus tempe dan ikan

Kenapa harus menggunakan tempe, karena tempe mengandung protein nabati serta rendah lemak dan karbohidrat sehingga aman buat kucing, berbeda dengan nasi yang kandungan karbohidratnya lebih tinggi.

Sedangkan daging ayam/ikan adalah makanan favorit kucing yang memiliki kandungan protein hewani serta memiliki aroma amis yang menyengat sehingga sangat bagus untuk merangsang nafsu makan kucing.

Cara membuat wetfood yang mudah

  • Langkah pertama

Setelah semua bahan tersedia kemudian direbus atau dikukus dalam satu wadah, tujuannya adalah untuk menghilangkan kandungan ragi serta agar bahan menjadi lembut, untuk takarannya bisa menggunakan 1:1 atau lebih banyak daging/ikannya malah lebih baik.

  • Langkah kedua

Apabila bahan sudah matang/lembut, selanjutnya diangkat dan tiriskan, tunggu sampai dingin kemudian bahan diblender atau digiling hingga tercampur rata.

Cara memberikan wetfood pada kucing

Jika semua bahan sudah tercampur rata, itu artinya makanan basah sudah jadi, agar tahan lama wetfood sebaiknya disimpan dalam kulkas.

Cara memberikannya wetfood pada kucing, yaitu ambil wetfood sekucupnya dan bisa langsung diberikan pada kucing atau bisa juga dicampur dengan sedikit nasi kemudian diberikan, saya yakin kucing akan langsung melahapnya.

Demikianlah pembahasan tentang cara membuat wetfood yang mudah, murah dan sehat, semoga artikel ini bermanfaat, TERIMA KASIH.

(Visited 120 times, 8 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *