Panduan Cara Membuat Kandang Kelinci Lengkap Dengan Gambar

Diposting pada

kandang kelinci


Kelinci termasuk hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara beranak “vivipar”, kelinci sudah banyak dikenal oleh masyarakat sebagai hewan peliharaan.

Kelinci banyak dibudidaya untuk dimanfaatkan daging serta bulunya, namun ada juga yang memeliharanya sebagai hewan hias.

Apapun tujuan untuk memelihara kelinci yang pasti memerlukan kandang sebagai tempat tinggal kelinci, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat kandang kelinci, salah satunya adalah model/desain kandang yang nyaman untuk kelinci.

Baca disini; Artikel atau pembahasan yang anda cari

Cara membuat kandang kelinci sederhana

Kandang kelinci yang sederhana pada umumnya dibuat menjadi dua bagian yaitu;

a. Kandang untuk tempat istirahat

kandang kelinci

Kandang sebagai tempat istirahat bisa anda buat kotak menyerupai kubus dengan satu pintu, untuk ukurannya anda bisa gunakan ukuran seperti berikut yaitu: panjang 50 cm, lebar 60 cm, tinggi 40 cm, atau disesuaikan dengan tubuh kelinci yang anda pelihara.

Bahan untuk membuat kandang tempat istirahat bisa menggunakan kayu, bambu, kardus, atau bahan lain sesuai selera, yang terpenting nyaman buat si kelinci.

b. Kandang umbaran (tempat bermain)

kandang kelinci

Pada umumnya kandang sebagai tempat istiraharat diletakkan didalam kandang besar atau umbaran, kandang umbaran fungsinya adalah sebagai tempat bermain, makan dan minum kelinci.

Ukuran kandang umbaran yaitu panjang 150 cm, lebar 60 cm, tinggi 70 cm, bisa juga disesuaikan dengan lokasi atau selera anda.
Sedangkan untuk bahannya anda bisa menggunakan kayu reng, bambu, besi, kawat, kawat galvanis, atau kawat strimin, tergantung selera.

Selain desain kandang yang sederhana, anda bisa juga membuat model kandang yang lainnya atau model kandang yang modern yaitu seperti berikut:

1. Model Kandang kelinci bertingkat sederhana/modern

kandang kelinci

Kandang kelinci bisa anda buat secara berjajar dan bertingkat yang tujuannya adalah untuk menghemat lokasi atau tempat serta memudahkan dalam pengawasan jika anda memelihara kelinci dalam jumlah banyak.

Untuk kandang model bertingkat yang perlu anda perhatikan adalah sekatan bagian atas dengan bagian bawah harus dibuat miring menggunakan bahan seng, supaya kotorannya tidak jatuh kekandang yang dibawahnya atau bisa juga anda buatkan tempat penampungan kotoran.

2. Model kandang luar ruangan (outdoor)

kandang kelinci

Jika anda ingin membuat kandang diluar ruangan yang perlu anda perhatikan adalah atapnya, untuk atapnya anda bisa menggunakan bahan yang menyerap panas, serta taruh kandang ditempat yang teduh, agar kelinci tidak kepanasan saat matahari terik.

 

3. Model kandang dalam ruangan (indoor)

Untuk membuat kandang didalam ruangan justru sangat simple karena anda cukup membuat kandang untuk tempat istirahat kelinci saja, sedangkan sebagai tempat bermain kelinci tentu sudah ada tembok sebagai pembatasnya.

“Apabila anda kreatif, anda bisa menambahkan berbagai variasi pada tempat umbaran sebagai sarana bermain kelinci dan jangan lupa selalu perhatikan sirkulasi udara agar tetap terjaga dengan baik.

Berikut ini adalah gambar desain kandang kelinci modern dan unik untuk luar ruangan (outdoor) sebagai referensi yang bisa anda tiru.

Gambar/desain kandang kelinci modern

kandang kelinci modern

kandang kelinci modern

 

 

 

 

 

kandang kelinci modern

kandang kelinci

 

 

 

 

 

 

 

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara membuat kandang kelinci yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa like & share. TERIMA KASIH.

(Visited 3.170 times, 42 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *