Ukuran Ideal Kandang Ayam Petelur Modern dan Cara Membuatnya

Diposting pada

kandang model baterai


Salah satu factor pendukung suksesnya ternak ayam petelur adalah persiapan kandang.

Seiring berjalanya waktu para peternak sudah banyak yang berinofasi, yaitu bagaimana memanfaatkan lokasi yang sempit, serta biaya yang terbatas agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Masyarakat jaman dulu beternak ayam petelur masih menggunakan kandang model liter, dan ternyata kandang model liter memiliki banyak kekurangan yaitu produksi telur kurang maksimal. Disebabkan ayam bebas bergerak sehingga banyak energy yang terbuang sia-sia, serta membutuhkan lahan yang luas.

Namun saat ini para peternak sudah menemukan cara yang tepat untuk beternak ayam petelur dilahan yang sempit agar mendapatkan hasil produksi yang maksimal, yaitu dengan menggunakan kandang model baterai. baca disini kelebihan dan kekurangan kandang baterai.

Bagi pemula yang mempunyai modal cukup, tentu mereka akan membeli kandang yang sudah jadi, tapi bagi yang modalnya tipis tentu harus memutar otak, yaitu dengan cara membuat kandang sendiri.

Lalu bagaimana cara membuat kandang yang murah tapi tidak murahan, dan terkesan modern.

Baca disini: Artikel atau pembahasan yang anda cari

Cara membuat kandang ayam petelur

  • Bahan membuat kandang

Untuk bahan-bahanya bisa menggunakan bilahan bambu, kayu reng, atau kawat.

  • ukuran kandang

Maraknya peternak ayam petelur, juga membuka peluang usaha pembuatan kandang ayam petelur, berikut ini adalah ukuran kandang ayam yang dapat dijadikan acuan bagi anda yang ingin membuat kandang ayam petelur.

ukuran-ukuran kandang ini adalah biasa digunakan oleh para peternak yang sudah lama menggeluti usaha ternak ayam petelur, Bahkan sebagian dari mereka membuatnya untuk dijual guna menambah penghasilan.

Pilih salah satu ukuran yang cocok menurut anda, dan jangan lupa jarak antara bilahan bambu atau kayu dibuat sekitar 5-7 cm, agar kepala ayam bisa masuk dan sirkulasi udara lancar.

Ukuran standar kandang baterai

1. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 42 cm x tinggi belakang 37 cm, ukuran tersebut bisa disekat menjadi 4 pintu, dengan masing-masing sekat diisi 2 ekor ayam, jadi kandang ini dapat menampung 8 ekor ayam dengan posisi kepala berada didalam.

2. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 35 cm x tinggi belakang 28 cm, ukuaran tersebut modelnya sama dengan nomer (1), dapat menampung 8 ekor ayam tapi dengan posisi kepala berada diluar.

3. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 42 cm x tinggi belakang 37 cm, ukuran ini sama dengan ukuran nomer (1) hanya saja model ini disekat menjadi 6 pintu dan setiap satu pintu diisi satu ekor ayam, sehingga hanya bisa menampung 6 ekor ayam.

4. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 35 cm x tinggi belakang 28 cm, ukuran ini modelnya sama dengan nomer (3) tapi versi minimalis, dan dapat menampung 6 ekor ayam.

” Kelebihan model nomer (3 dan 4) adalah anda bisa mengetahui produktifitas serta kualitas telur yang dihasilkan dari masing-masing ayam.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar sketsanya dibawah ini;

sketsa kandang baterai

  • Tempat makan dan minum

Tempelkan tempat makan dan minumnya dibagian depan kandang, dan untuk tempat makannya taruh dibawah tempat minum, karena apabila tempat makanya yang diatas, sisa-sisa makanan yang jatuh akan mengotori air minumnya.

Untuk bahan tempat makan dan minumnya bisa menggunakan pipa paralon atau kayu yang dibuat panjang sesuai ukuran kandang.

  • Lokasi penempatan kandang

Lokasi penempatan kandang juga perlu diperhatikan, yaitu lokasi harus jauh dari pemukiman, lokasi harus selalu kering, lantai biarkan dari tanah agar kandungan air dari kotoran bisa meresap.

Buatlah kandang tanpa dinding agar bau serta zat-zat amoniak dari kotoran ayam dapat tertiup angin.

Untuk kandang model baterai dapat dibuat bersusun atau bertingkat maksimal 3-4 tingkat, namun susunanya jangan dibuat vertikal, tapi kandang yang atasnya disusun lebih kebelakang agar kotorannya tidak jatuh kekandang yang dibawahnya.

Itulah cara membuat kandang beserta ukuran standar yang sering digunakan para peternak ayam petelur, semoga bisa dimengerti dan dapat dipraktekkan.

Mari Belajar Beternak, TERIMA KASIH.

(Visited 39.199 times, 14 visits today)

4 thoughts on “Ukuran Ideal Kandang Ayam Petelur Modern dan Cara Membuatnya

      1. Trimsih ilmunya, tinggi bgian belakang LBH rendah ya bukannya LBH tinggi juragan ?
        Knra biar telor menggelinding k dpan.

        1. Sama-sama gan, benar gan yang depan harus lebih rendah biar telurnya menggelinding kedepan, seperti gambar dan ukuran tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *