Inilah Penyebab dan Cara Cepat Menumbuhkan Bulu Kelinci yang Rontok Parah

Diposting pada

bulu kelinci rontok


Bagi anda yang suka merawat kelinci hias tentu pernah melihat kelinci mengalami rontok pada bulunya, baik itu hanya rontok sebagian (bulu kelinci botak) ataupun rontok yang parah.

Hampir semua jenis kelinci bisa mengalami yang namanya bulu rontok, baik itu yang memiliki bulu yang panjang ataupun bulu pendek seperti kelinci anggora, kelinci fuzzy lop, kelinci lion head, atau kelinci netherland drawf.

Biasanya kelinci yang mengalami kerontokan pada bulunya, cenderung lebih suka menyendiri, atau berada disudut/pojok, dan saat kita pegang/elus akan banyak bulu yang menempel pada telapak tangan kita.

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa factor yang dapat menyebabkan kerontokan pada bulu kelinci diantaranya seperti berikut:

Baca disini; Artikel atau pembahasan yang anda cari

Penyebab bulu kelinci rontok

1. Kelinci molting

Molting adalah sebuah proses pergantian bulu yang biasa terjadi pada hewan peliharaan, salah satunya sering dialami oleh kelinci.

Proses molting atau perontokan bulu sebenarnya bukan masalah yang serius, namun yang harus anda perhatikan adalah perawatan yang benar saat kelinci mengalaminya, agar prosesnya lebih cepat.

Cara merawat kelinci molting yang benar

  • Anda harus rajin menyisirnya agar bulu-bulu yang mati, rontok dan berganti bulu yang baru.
  • Apabila bulu kelinci menggumpal, anda harus mengguntingnya, agar cepat tumbuh bulu yang baru.
  • Memberikan makanan serta multivitamin yang bisa membuat bulu kelinci cepat rontok dan tumbuh kembali.

Tujuan merawat kelinci molting dengan benar adalah supaya proses molting serta pertumbuhan bulunya lebih cepat.

2. Kelinci stress

Kelinci merupakan salah satu hewan yang rentan mengalami stress, kelinci yang mengalami stress juga sering merontokkan bulunya, akan tetapi kerontokannya tidak terjadi secara normal.

Ada beberapa factor yang bisa menyebabkan kelinci stress diantaranya seperti perubahan cuaca yang ekstrim, kondisi lingkungan atau kandang kelinci yang tidak nyaman, dan beberapa factor lainnya.

Untuk mencegah terjadinya kerontokan bulu kelinci yang disebabkan karena stress adalah anda dituntut untuk membuat kelinci nyaman agar kelinci tidak mudah stress.

3. Kelinci sedang beradaptasi

Kelinci yang sedang beradaptasi dengan lingkungan barunya, juga dapat menyebabkan bulunya menjadi rontok, karena ada beberapa jenis-jenis kelinci yang biasa hidup atau berasal dari daerah dengan kondisi cuaca yang dingin.

Dan saat dibawa kedaerah yang beriklim tropis seperti di indonesia, yakni salah satu cara untuk menyesuaikan kondisi cuaca yaitu dengan merontokkan bulunya agar tidak kepanasan.

4. Kelinci kekurangan protein

Protein juga mempunyai fungsi untuk menjaga kekuatan bulu kelinci, jadi jika kelinci kekurangan protein dapat menyebabkan bulunya rapuh dan mudah rontok.

Ini biasanya terjadi karena pemberian pakan yang kandungan nutrisinya tidak lengkap atau tidak dapat memenuhi asupan yang dibutuhkan kelinci.

Dan cara untuk mengatasinya yang sebenarnya adalah memberikan pakan pellet impor khusus kelinci yang memiliki kandungan nutrisi lengkap, akan tetapi harganya cukup mahal.

5. Kelinci terserang penyakit

Penyakit yang biasa menyerang kelinci dan dapat menyebabkan kerontokan adalah fur mites atau infeksi tungau, infeksi tungau akan membuat sebagian bulu kelinci rontok/pitak, yang disertai dengan serbuk-serbuk putih seperti ketombe.

Dan penyakit ini harus segera diobati agar tidak terjadi kerontokan yang lebih parah, atau bisa juga anda konsultasikan langsung dengan dokter hewan.

Tips tambahan

Selain menyisir serta menggunting bulu kelinci yang mengalami kerontokan, ada cara lain yang diyakini dapat mengatasi/mengobati kelinci rontok, atau agar cepat menumbuhkan serta melebatkan bulu kelinci yang rontok parah.

Yaitu anda bisa coba untuk memberikan biji kuaci yang dikupas kulitnya, serta berikan hay (rumput kering), makanan tersebut dipercaya dapat mempercepat serta menumbuhkan bulu yang rontok kembali menjadi halus dan lebat.

Demikianlah penyebab bulu kelinci rontok dan cara mengatasinya, yang bisa saya sampaikan dan silahkan anda praktekkan dan semoga berhasil, jangan lupa like&share artikel ini jika bermanfaat. TERIMA KASIH.

(Visited 1.940 times, 5 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *