Cara Paling Mudah Merawat Anak Ayam Kampung Agar Cepat Besar dan Gemuk

Diposting pada

anak ayam kampung super


Sukses dan tidaknya seorang peternak ayam juga dapat dipengaruhi dari mulai perawatan anak ayam (DOC), karena masa tersebut adalah masa-masa pertumbuhan yang akan sangat menentukan hasil akhir nantinya.

Apalagi untuk jenis ayam kampung pedaging, ayam Bangkok ataupun ayam brolier yang tujuan utamanya adalah untuk dimanfaatkan dagingnya.

Yang akan saya bahas disini adalah cara merawat anak ayam kampung agar cepat besar, namun tetap menghasilkan daging yang memiliki citarasa yang khas seperti ayam kampung yang dipelihara secara tradisional.

Baca disini; Artikel atau pembahasan yang anda cari

Tips merawat anak ayam kampung agar cepat besar secara intesif

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan anak ayam kampung agar cepat besar yang mudah dan bisa langsung anda praktekkan.

1. Pemilihan bibit

Bibit yang saya maksudkan disini adalah bibit ayam kampung yang bisa cepat tumbuh besar, dan biasanya para peternak menggunakan bibit hasil persilangan atau yang sering disebut dengan bibit ayam kampung super, ada juga yang menyebutnya ayam jawa super (joper).

Tujuan memilih bibit ayam kampung super adalah sudah pasti agar pertumbuhannya lebih cepat, namun tetap memiliki tekstur daging khas ayam kampung lokal, dan berikut ini adalah cara untuk mendapatkan anakan ayam kampung super.

Cara mendapatkan bibit ayam kampung super

a.) Untuk mengurangi bajet anda bisa mengawinkan silang sendiri indukan ayam supaya mendapatkan anakan ayam kampung super.

Misalnya: anda bisa mengawinkan induk ayam betina lokal dengan pejantan Bangkok, atau bisa juga mengawinkan pejantan lokal dengan indukan betina ayam ras.

Dengan begitu anda akan mendapatkan anakan ayam kampung super, karena ayam Bangkok atau ayam ras dikenal memiliki postur tubuh yang besar serta pertumbuhan yang cepat, dan disilangkan dengan ayam lokal, tentu tujuannya agar tetap mendapatkan kualitas serta rasa khas ayam lokal.

b.) Cara yang kedua adalah cara yang lebih praktis atau buat anda yang memiliki modal lebih, yaitu bisa langsung membeli bibit ayam kampung super dari penyedia bibit, jadi tugas anda tinggal merawat dan membesarkannya.

2. Pemilihan kandang

Untuk merawat anak ayam sebaiknya menggunakan kandang model bok, yang bertujuan untuk memudahkan perawatan serta pengawasan, dan jangan lupa berikan lampu sebagai penghangat tambahan.

“Namun untuk memelihara ayam kampung dewasa tetap saya sarankan menggunakan kandang system umbaran dan lantainya tetap menggunakan tanah.

Sediakan juga tangkringan dari kayu atau bambu, sebagai tempat ayam nangkring dan melompat, tujuannya untuk melatih otot ayam agar mendapatkan struktur daging yang padat dan kenyal.

3. Pemberian pakan

Nah ini yang terpenting yaitu pemberian pakan agar anak ayam cepat besar dan gemuk, walaupun tadi anda sudah memilih atau menggunakan bibit ayam kampung super.

Akan tetapi untuk memacu pertumbuhannya agar lebih cepat anda bisa menggunakan pakan buatan pabrik yaitu BR 1, BR 1 harus anda berikan 100% pada anak ayam usia 0-25 hari.

Dan untuk selanjutnya bisa anda rekayasa atau anda kurangi penggunaanya, yaitu takaran campuran pakan/ransum untuk ayam usia 25 hari sampai 2 bulan, adalah BR 1=30%, jagung giling =30%, dan dedak padi =40%.

4. Pemberian vitamin

Pemberian vaksin serta vitamin pada saat ayam masih anakan juga sangat penting, selain bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan, juga berguna untuk meningkatkan system kekebalan tubuh agar ayam terhindar dari virus dan penyakit.

Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk membuat anak ayam kampung cepat besar dan gemuk.

Kesimpulan:

“Intinya untuk mendapatkan ayam yang gemuk dan sehat, yang harus anda perhatikan adalah perawatan yang tepat, yaitu dengan selalu menjaga kebersihan kandang, pemberian pakan yang teratur dan tercukupi, baik itu dari segi porsi ataupun nutrisi.

Sedangkan untuk menjaga kualitas daging, saya sarankan jangan memberikan makanan 100% buatan pabrik pada ayam remaja/dewasa, karena sudah pasti kualitas daging yang dihasilkan akan lembek seperti ayam ras.

Sebaiknya anda mencampurnya dengan pakan ayam organic berupa daun-daunan atau sayuran hijau, seperti daun papaya, daun singkong, kangkung, atau sejenisnya yang mempunyai tekstur agak lunak, serta usahakan kandang mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Demikian pembahasan tentang cara penggemukan anak ayam kali ini yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. TERIMA KASIH.

(Visited 12.250 times, 66 visits today)

2 thoughts on “Cara Paling Mudah Merawat Anak Ayam Kampung Agar Cepat Besar dan Gemuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *