Inilah 5 Cara Merawat Kelinci Fuzzy Lop Yang Baik dan Benar

Diposting pada

kelinci fuzzy lop

Kelinci fuzzy lop adalah termasuk jenis kelinci hias atau ada juga yang menyebutnya kelinci mini, Kelinci fuzzy lop bukanlan keturunan dari jenis lop yang asli, karena sudah merupakan hasil dari beberapa kali persilangan yang dilakukan oleh para peternak kelinci modern.

Untuk jenis lop yang sebenarnya adalah English lop, karena English lop diakui sebagai nenek moyang dari semua jenis lop yang ada, English lop sendiri adalah merupakan kelinci lokal dari daratan afrika, tepatnya adalah aljazair, nama English lop diberikan oleh inggris setelah dikembangbiakan dan diikut sertakan dalam kontes.

Adapun ciri-ciri Kelinci fuzzy lop adalah seperti berikut:

Ciri-ciri kelinci fuzzy lop

  • Ukuran tubuhnya kecil namun padat,
  • Memiliki telinga yang panjang dan menggantung kebawah,
  • Berat badan kelinci fuzzy lop dewasa maksimal 1,8 kg,
  • Bulu-bulunya panjang bisa mencapai sekitar 6-7 cm,
  • Warna bulunya lebih dominan putih dan abu-abu,

Sifat dan karakter Kelinci fuzzy lop

  • Kelinci fuzzy lop adalah termasuk hewan pengerat yang suka menggigit benda-benda yang ada disekitarnya,
  • Kelinci fuzzy lop cenderung lebih manja, atau ingin selalu dekat dan dibelai oleh pemiliknya,
  • Kelinci fuzzy lop juga lebih pendiam, atau tidak selincah seperti kelinci jenis lain,
  • Selain itu kelinci fuzzy lop juga sangat suka bermain-main dengan benda yang ada disekitarnya, seperti potongan kayu, boneka, ataupun bola plastik.

Cara merawat kelinci fuzzy lop

Yang perlu anda perhatikan dalam merawat atau memelihara kelinci fuzzy lop adalah:

1. Kelinci fuzzy lop mudah stress

Kelinci jenis ini mudah sekali stress, jadi saya sarankan untuk anda yang ingin membeli dan memelihara kelinci ini, usahakan membeli kelinci langsung dari peternaknya, agar mengetahui silsilah keturunannya serta agar kelinci tidak mudah stress.

Karena jika anda membeli kelinci fuzzy lop dari pengepul, pet shop atau pasar, ditakutkan kelinci stress karena disebabkan banyaknya aktifitas serta lalu lalang orang tidak dikenal, belum lagi suara-suara bising dari orang ataupun kendaraan ditempat tersebut.

2. Kelinci fuzzy lop lebih suka bersih

Syarat utama merawat kelinci fuzzy lop adalah selalu menjaga kebersihannya, baik itu tempat tinggalnya ataupun tubuhnya, yaitu sering memandikannya, memotong bulunya yang terlalu panjang, agar bulunya tidak mudah rontok.

3. Berikan makanan terbaik buat kelinci fuzzy lop

Untuk makanan kelinci jenis ini jangan sekali-kali memberikan makanan yang sembarangan, sebaiknya anda berikan makanan yang memiliki kualitas terbaik yaitu pellet khusus kelinci, agar kelinci tetap sehat terawat.

4. Sediakan potongan kayu

Kelinci fuzzy lop adalah hewan pengerat yang mempunyai kebiasaan menggigit-gigit benda yang ada di sekitarnya, sebenarnya tujuan kelinci mengigit-gigit benda tersebut adalah untuk menghambat pertumbuhan giginya.

Karena apabila giginya terlalu panjang, maka kelinci tersebut akan kesulitan untuk makan, jadi alangkah baiknya jika anda menyediakan potongan kayu untuk gigit-gigitan, serta jauhkan dari benda-benda yang berbahaya seperti kabel listrik, carger HP/laptop serta alat elektronik lainnya.

5. Buatkan kandang yang nyaman

Agar kelinci tidak mudah sakit dan stress, sebaiknya taruhlah kelinci ditempat/kandang yang nyaman, yaitu sediakan alas yang lembut, serta tidak banyak lalu lalang orang tak dikenal.

TIPS: “Untuk pertama kali kelinci anda bawa kerumah, usahakan kelinci anda taruh dikandang didalam rumah terlebih dahulu untuk beberapa hari, supaya kelinci mengenal suasana lingkungan baru serta suara-suara yang ada dirumah anda agar kelinci tidak stress.

Demikianlah 5 cara merawat kelinci fuzzy lop yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat, dan jangan lupa like & share artikel ini agar bermanfaat juga buat orang lain. TERIMA KASIH.

(Visited 157 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *