Syarat Wajib Membuat Kandang Ternak Burung Puyuh yang Baik

Diposting pada

kandang ternak puyuh
Dalam usaha budidaya ternak burung puyuh, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, salah satunya adalah kandang yang baik dan nyaman, guna untuk mempermudah perawatan serta menghasilkan produksi yang maksimal.

Adapun syarat yang wajib anda ikuti dalam membuat kandang ternak burung puyuh adalah seperti berikut:

Syarat membuat kandang puyuh sederhana

1. Pemilihan lokasi kandang

Jika anda ingin sukses dalam usaha ternak burung puyuh sebaiknya anda membuatkan kandang yang lokasinya jauh dari pemukiman penduduk serta keramaian.

Karena selain bisa menggangu kenyamanan warga yang disebabkan  bau kotoran puyuh, lokasi yang ramai aktifitas dan bising juga bisa membuat burung puyuh mudah stress, sehingga dapat mengakibatkan lambatnya pertumbuhan serta hasil produksi menurun.

2. Sirkulasi udara lancar

Kandang harus didesain dengan baik agar sirkulasi udara lancar, dan sinar matahari bisa masuk kekandang, tujuannya untuk mengurangi bau yang dihasilkan dari kotoran burung, serta untuk mencegah pertumbuhan bakteri atau bibit penyakit.

3. Aman dari gangguan binatang predator

Lokasi kandang harus aman dari binatang predator, baik itu kucing, Tikus, Ular, semut dan yang lainnya.

4. Lokasi mudah dijangkau

Lokasi kandang harus memiliki jalan keluar masuk alat transportasi, agar memudahkan pengiriman bahan makanan serta penjualan hasil produksi nantinya.

5. Dekat dengan sumber air

Pilihlah lokasi kandang yang dekat dengan sumber air bersih, karena air bersih juga sangat dibutuhkan dalam usaha ternak puyuh, selain untuk air minum, bisa juga untuk membersihkan kandang dan peralatannya.

6. Lampu penerangan

Yang tidak kalah pentingnya adalah kandang harus diberi lampu penerangan,  agar aktifitas burung puyuh tidak terganggu, karena biasanya puyuh juga beraktifitas saat malam hari seperti makan dan bertelur.

Setelah mengetahui beberapa syarat membuat kandang puyuh yang baik, selanjutnya kita akan membahas cara membuat kandangnya.

Cara membuat kandang puyuh model baterai

Kandang model baterai dapat dibuat bertingkat-tingkat, yaitu 2- 4 tingkat, atau sesuai selera yang penting mudah dalam proses pembersihan kotoran.

Jika anda ingin menghemat bajet, anda bisa membuat kandang sendiri yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang murah atau yang ada disekitar anda, seperti kayu,bambu, besi, kawat, papan bekas, genteng bekas, dan yang lainnya, dengan cara seperti berikut:

1. Membuat rangka kandang

Untuk membuat rangka sebaiknya menggunakan bahan yang kuat yaitu seperti bambu atau kayu reng, sedangkan untuk model dan ukurannya anda bisa mengikuti sketsa gambar kandang puyuh dibawah ini.

gambar kandang puyuh

2. Membuat lantai kandang

Untuk alas kandang, anda bisa membuatnya dengan menggunakan bambu, atau kayu yang disusun berjejer dengan jarak kira-kira 1-2 cm, kalau mau yang lebih simple anda bisa menggunakan kawat kasa atau kawat strimin ukuran 1 cm.

Dan pada bagian bawahnya sebaiknya anda pasang penampung kotoran yang bisa ditarik keluar untuk memudahkan proses pembersihan.

3. Membuat dinding kandang

Dinding kandang bagian depan sebaiknya dibuat mengunakan kawat kasa atau bambu, supaya memudahkan anda untuk memantau keadaan puyuh didalam kandang, sedangkan dinding samping bisa menggunakan papan, tripleks, kawat kasa, atau sesuai selera anda.

4. Membuat pintu kandang

Sedangkan untuk membuat pintu kandang sebaiknya bingkainya anda buat dengan bahan yang kuat, dan pintu harus mudah untuk dibuka tutup, agar lebih mudah saat pemberian makan minum dan penangkapan puyuh bila diperlukan.

“Jika anda ingin membuat kandang ternak puyuh yang modern, anda bisa mengganti semua bahan tersebut diatas dengan menggunakan besi atau kawat galvanis dengan cara di las, tetapi tentu membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Cara membuat kandang puyuh model litter

Selanjutnya adalah membuat kandang puyuh model litter, kandang model litter ini biasanya digunakan untuk merawat DOQ atau bibit puyuh saat pembesaran, atau bisa juga untuk kandang ternak puyuh pedaging.

Untuk lantai kandang bisa anda buat dari papan, dan dindingnya bisa menggunakan bambu, kayu atau kawat strimin.

Namun untuk dinding yang menghadap keluar usahakan anda pasang karung plastik, yang tujuannya adalah untuk menahan air hujan ataupun angin kencang, sedangkan untuk atapnya bisa menggunakan genteng, seng, atau papan yang berlapis plastik.

Selain syarat utama membuat kandang puyuh sederhana dan modern seperti yang sudah kita bahas diatas, ada juga beberapa hal yang tidak kalah pentingnya dalam beternak burung puyuh baik itu untuk ternak puyuh petelur ataupun ternak puyuh pedaging yaitu:

Ukuran ideal kandang puyuh dan kepadatannya

  • Untuk puyuh Umur 1-7 hari bisa diisi dengan 100 ekor/m2,
  • Untuk puyuh Umur 8-14 hari bisa diisi dengan 75 ekor/m2,
  • Untuk puyuh Umur 15-21 hari bisa diisi dengan 60 ekor/m2,
  • Untuk puyuh Umur 22-29 hari bisa diisi dengan 50 ekor/m2,
  • Terakhir untuk puyuh Umur 30 hari dan seterusnya bisa diisi 35 ekor/m2.

Kebanyakan para peternak puyuh pemula belum memahami betul bagaimana cara menekan angka kematian saat masa pembesaraan.

Saat masa pembesaran, angka kematian bibit puyuh terbesar dipengaruhi oleh kepadatan serta kondisi suhu yang tidak stabil, adapun ukuran suhu yang ideal adalah sebagai berikut:

Ukuran ideal suhu kandang ternak puyuh

  • Untuk bibit puyuh umur 1-7 hari adalah masa paling kritis, ukuran suhu yang ideal yaitu sekitar 36-38°C
  • Untuk bibit puyuh umur 8-14 hari, suhu yang ideal yaitu sekitar 32-35°C
  • Untuk bibit puyuh umur 15-21 hari, suhu yang ideal adalah sekitar 28-30°C
  • Sedangkan untuk puyuh umur 30 hari dan seterusnya, suhu yang ideal yaitu sekitar 22-25°C dengan kelembaban rata-rata 60-70%.

Untuk mengetahui suhu agar stabil dan terkontrol anda bisa menggunakan pengukur suhu, dan tambahkan lampu jika suhu udara kurang hangat, suhu dan kelembapan udara biasanya selalu berubah-ubah yang disebabkan oleh kondisi cuaca.

Demikianlah beberapa factor yang harus anda perhatikan dalam membuat kandang ternak puyuh.

KESIMPULAN:

Dengan mengikuti standar ukuran ideal kandang tersebut, burung-burung puyuh yang sudah dewasa tidak akan terlalu berdesak-desakan.

Selain itu, jika dalam satu kandang terlalu banyak isinya, maka suasana kandang akan lebih gaduh dan burung puyuh akan lebih sering berkelahi, Jika hal tersebut terjadi, maka burung-burung puyuh akan mengalami stress.

Perlu anda ingat, kandang yang baik secara tidak langsung akan mempengaruhi produktivitas burung puyuh yang anda Pelihara.

Dengan begitu, Anda dituntut membuat kandang yang baik dan nyaman agar mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha ternak burung puyuh tersebut.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa like fans page kami untuk mendapat informasi-informasi terbaru, TERIMA KASIH.

(Visited 243 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *